Pererat Silaturahmi, Pertamina Gelar Media Pantura Gathering di Yogyakarta
Yogyakarta,- Pertamina Marketing Operation Region (MOR) III menggelar Media Pantura Gathering yang berlangsung di Yogyakarta dari tanggal 19 sampai 21 Juli 2019.
Kegiatan Media Pantura Gathering diikuti oleh wartawan media cetak dan elektronik dari beberapa wilayah seperti Cirebon, Indramayu, Majalengka, Bandung, Subang, Karawang, hingga Bekasi.
1. Saling Pererat Silaturahmi
Selama tiga hari, sejumlah wartawan dari berbagai daerah ini mengikuti kegiatan dan menjajal objek wisata Gua Pindul dan juga wisata lava tour Merapi.
Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR III, Dewi Sri Utami mengatakan kegiatan ini adalah yang pertama kalinya pertemuan antara unit dari Pertagas, EP dan MOR III dengan teman-teman media mengikuti kegiatan yang sama.
Lanjut Dewi, acara ini, pihaknya hanya ingin bersilaturahmi sekaligus menginformasikan perkembangan tentang bisnis Pertamina serta info-info terkini.
“Tetapi yang jelas kegiatan Media Pantura Gathering ini untuk saling memperat antara Pertamina Group dengan rekan-rekan media,” ujarnya, Minggu (21/7/2019).
2. Apresiasi Pertamina
Disamping itu, pada pertemuan Media Pantura Gathering yang disampaikan oleh External Communication Manager PT Pertamina (Persero) Arya Dwi Paramita, menginfokan terkait pelaksanaan Anugrah Jurnalistik Pertamina (AJP) tahun 2019.
Menurut Arya, pelaksanaan AJP tahun 2019 kali mengusung tema yang lebih menantang yakni “Move On” dalam konteks energi untuk Indonesia yang Lebih Baik.
“Dalam ajang bergengsi ini, Pertamina menyediakan hadiah utama berupa kursus singkat jurnalistik di luar negeri,” ujar Arya saat kegiatan di Hotel Horison Ultima Riss, Yogyakarta.
Lanjut Arya, gelaran AJP 2019 merupakan apresiasi Pertamina terhadap insan pers baik cetak maupun elektronik, media nasional maupun lokal, yang selama ini telah berkontribusi memberikan informasi dan edukasi kepada publik terkait peran Pertamina dalam membangun kemandirian dan ketahanan energi nasional.
“Tema ini, sejalan dengan langkah besar Pertamina yang dilakukan di 2019, menuju pengelolaan energi yang memenuhi ketersediaan (availability), keterjangkauan (accessibility), daya beli (affordibility), ramah lingkungan (acceptability), dan keberlanjutan (sustainability),” bebernya.
3. Kategori AJP 2019
Menurut Arya, karya AJP 2019 terbagi menjadi 10 kategori yakni Hardnews Media Cetak, Features Media Cetak, Features Media Online/Siber, Features Radio, Features Televisi, Foto Essay, Foto Pilihan Juri, Publikasi Olahraga, Publikasi CSR dan Best of The Best.
“Setiap insan pers diperbolehkan mengirimkan karya sebanyaknya-banyaknya sesuai tema, dengan syarat sudah dipublikasikan di media pada periode 1 November 2018 hingga 15 Oktober 2019,” ungkapnya.
Karya AJP 2019, kata Arya, boleh berbahasa Indonesia maupun bahasa Inggris sepanjang karya tersebut orisinal, bukan terjemahan dan saduran.
“Seluruh karya AJP akan dinilai oleh dewan juri yang independen dan profesional dari berbagai disiplin ilmu. Silakan kepada seluruh insan pers, kami menunggu karya terbaiknya,” tutup Arya. (AC212)