Perekonomian di Wilayah Ciayumajakuning Menunjukkan Tren Peningkatan

Cirebon – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Cirebon menggelar Seminar Ekonomi Ciayumajakuning, yang berlangsung di Ruang Serbaguna KPw BI Cirebon Jalan Yos Sudarso, Kota Cirebon, Selasa (16/1/2018).

Seminar Ekonomi kali ini, KPw BI Cirebon mengambil tema “Prospek dan Tantangan Ekonomi Tahun 2018 : Menjaga Momentum Perbaikan Ekonomi”.

Kepala Bank Indonesia Cirebon, Abdul Majid Ikram mengatakan, prospek pertumbuhan ekonomi global tahun 2018 membaik dan merata, ditopang pertumbuhan ekonomi dari emerging markets yang menyebabkan volume perdagangan dunia dan harga komoditas meningkat.

BACA YUK:  Praktisi Sebut Laju Pertumbuhan Media Sosial Lebihi Tingkat Populasi Penduduk Indonesia, Manfaatkan!

“Pertumbuhan ekonomi membaik karena didorong oleh peningkatan ekspor komoditas dan akselerasi investasi,” ujarnya.

Kata dia, pertumbuhan ekonomi terus meningkat dan inflasi terus terkendali. Perekonomian di Ciayumajakuning dalam rentang waktu terakhir cukup dinamis dan cenderung membaik di seluruh wilayah Ciayumajakuning pada tahun 2017.

“Menurut hasil SKDU, perkembangan kegiatan usaha di Ciayumajakuning menunjukkan tren peningkatan pada akhir Triwulan IV-2017. Hal ini didorong oleh perbaikan dari sektor pertanian dan industri,” bebernya.

Sedangkan, untuk sektor perdagangan sedikit melambat namun secara rata-rata tahun 2017 masih lebih tinggi dari tahun-tahun sebelumnya. Dinamika pertumbuhan ekonomi karena ditopang oleh sektor-sektor utama di masing-masing wilayah.

BACA YUK:  Tomat Tour Tawarkan Paket Wisata Liburan Seru ke Bali Hanya 2 Juta Selama 3 Hari

Secara umum, perekonomian di wilayah Ciayumajakuning pada akhir tahun 2017 menunjukkan tren peningkatan. Konsumsi Rumah Tangga (RT) masih cukup kuat didukung oleh peningkatan indeks ekspektasi serta indeks ketersediaan lapangan kerja, baik saat ini maupun ekspektasi kedepan.

“Hasil SPE pada Triwulan IV-2017 menunjukkan tren peningkatan dibandingkan triwulan sebelumnya, terutama untuk kelompok kendaraan dan perlengkapan rumah tangga,” jelasnya. (AC212)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *