Perdana Keberangkatan Awal KA Kaligung dari Stasiun Cirebon Prujakan Relasi Semarang Poncol

Cirebon,- Bersamaan dengan diberlakukannya Grafik Perjalanan KA (Gapeka) 2019, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasional (Daop) 3 Cirebon untuk pertama kalinya di Stasiun Cirebon Prujakan melayani keberangkatan awal KA.

KA yang diberangkatan dari Stasiun Cirebon Prujakan untuk pertama kalinya melayani pemberangkatan awal yakni KA Kaligung tujuan akhir Stasiun Semarang Poncol.

Sejak Stasiun Cirebon Prujakan beroperasi pada tahun 1897, belum pernah melayani Kereta Api dengan keberangkatan awal. Ini merupakan pemberangkatan perdana KA Kaligung dari Stasiun Prujakan.

Pelepasan KA Kaligung dilakukan langsung oleh Deputy Vice President PT KAI Daop 3 Cirebon, Raden Agus Dwinanto Budiadji pada Minggu (1/12/2019) pagi.

Menurut Agus, dalam Gapeka 2019, KA Kaligung merupakan salah satu KA yang diperpanjang relasinya. Dimana, pada gapeka sebelumnya KA Kaligung melayani penumpang dengan relasi Semarang Poncol – Brebes PP.

BACA YUK:  Jadwal Pemadaman Listrik di Kota Cirebon, 23 Mei 2022

“Terhitung mulai Minggu (1/12), KA Kaligung diperpanjang relasinya menjadi Semarang Poncol – Cirebon Prujakan PP,” ujar Agus kepada awak media.

Lanjut Agus, perpanjangan relasi ini sudah direncanakan sekitar enam bulan lalu, karena memang permintaan penumpang khususnya untuk relasi antara Cirebon – Tegal sampai Semarang cukup banyak peminatnya.

“Banyaknya permintaan ini, harapan kami dengan adanya relasi sampai dengan Cirebon Prujakan memudahkan masyarakat, khususnya yang berpergian ke arah Tegal sampai dengan Semarang,” terangnya.

Untuk tarif yang diberlakukan untuk KA Kaligung dari Cirebon – Tegal hanya Rp. 40 ribu dan Cirebon Prujakan sampai dengan Semarang Poncol hanya Rp. 70 ribu.

“Tarif hanya Rp. 70 ribu sampai dengan Semarang dan Rp. 40 ribu sampai dengan Tegal. Namun kami juga menyiapkan adanya tarif khusus dua jam sebelum keberangkatan hanya Rp. 20 ribu untuk Cirebon – Tegal,” bebernya.

BACA YUK:  Geeta School Cirebon Gelar Pameran Tugas Siswa, Terbuka untuk Umum

Rangkaian KA Kaligung, tambah Agus, menggunakan kereta dengan kelas ‘Ekonomi New Image’. Penumpang KA yang menggunakan kelas “Ekonomi New Image” akan merasakan kenyamanan yang nyaris sama dengan penumpang kereta api kelas eksekutif.

“Setiap rangkaian kereta juga dilengkapi fasilitas televisi sebanyak 2 buah TV LED yang terletak di bagian tengah kereta, serta tempat duduk yang di desain dengan konfigurasi 2-2 dan dilengkapi fasilitas colokan listrik untuk aktivitas elektronik.

“Bentuk kursi pada kelas ekonomi new image terbuat dari bahan sofa dengan sandaran tidak 90 derajat. Jumlah kursi pada setiap keretanya berkapasitas 80 penumpang, sehingga penumpang akan merasa lebih nyaman dengan menggunakan kereta Kaligung ini,” jelas Agus.

BACA YUK:  Inspirasi dari Majalengka : Bisa Produksi Penny Farthing Era 1880-an

Rangkaian KA Kaligung terdiri dari 9 kereta kelas ekonomi new image, dengan kapasitas total mencapai 720 tempat duduk. Dalam perjalanan, KA Kaligung akan berhenti di Stasiun Babakan, Stasiun Losari, Stasiun Tanjung, Stasiun Brebes, Stasiun Tegal, Stasiun Pemalang, Stasiun Pekalongan, Stasiun Weleri dan terakhir Stasiun Semarang Poncol.

Untuk Jadwal keberangkatan dan kedatangan KA Kaligung dengan relasi Semarang Poncol – Cirebon Prujakan pp, untuk keberangkatan dari Stasiun Semarang Poncol pukul 05.00 WIB dan tiba di Stasiun Cirebon Prujakan 08.35 WIB.

Sedangkan, untuk keberangkatan dari Stasiun Cirebon Prujakan pada pukul 09.10 WIB dan tiba di Stasiun Semarang Poncol pada pukul 12.36 WIB. (AC212)

(Dilihat: 40 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.