Selasa, 29 September 2020

Perdana Keberangkatan Awal KA Kaligung dari Stasiun Cirebon Prujakan Relasi Semarang Poncol

Populer

46 Santri Pondok Pesantren di Kuningan Terpapar Covid-19

Kuningan,- Sebanyak 46 santri di Pondok Pesantren Husnul Khotimah di Kuningan Jawa Barat terkonfirmasi positif Covid-19.Aktivitas di pondok pesantren...

Tilik Kana Cirebon Hadir untuk Angkat Potensi UKM Khusus Kuliner

Cirebon,- Untuk menjadikan UKM (Usaha Kecil Menengah) naik kelas, Food Court Tilik Kana yang berlokasi di Jalan Pancuran Barat...

Wali Kota Cirebon: Mulai 1 Oktober 2020 yang Tidak Patuh Protokol Kesehatan akan Ditindak Tegas

Cirebon,- Untuk menekan penyebaran Covid-19 di Kota Cirebon, Walikota Cirebon Drs. Nashrudin Azis tak henti-hentinya melakukan edukasi dan sosialisasi...

Pemerintah dan Keraton Kasepuhan Cirebon Sepakat Meniadakan Pasar Muludan

Cirebon,- Pemerintah Daerah Kota Cirebon bersama dengan Keraton Kasepuhan bersepakat meniadakan pasar malam atau Muludan di area Keraton Kasepuhan...

Wakil Wali Kota Cirebon Kunjungi Warga Terkonfirmasi Positif Covid-19

Cirebon,- Wakil Wali Kota Cirebon, Dra Hj Eti Herawati kembali mengunjungi warga terkonfirmasi positif Covid-19 yang isolasi mandiri, Jumat...

Cirebon,- Bersamaan dengan diberlakukannya Grafik Perjalanan KA (Gapeka) 2019, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasional (Daop) 3 Cirebon untuk pertama kalinya di Stasiun Cirebon Prujakan melayani keberangkatan awal KA.

KA yang diberangkatan dari Stasiun Cirebon Prujakan untuk pertama kalinya melayani pemberangkatan awal yakni KA Kaligung tujuan akhir Stasiun Semarang Poncol.

Sejak Stasiun Cirebon Prujakan beroperasi pada tahun 1897, belum pernah melayani Kereta Api dengan keberangkatan awal. Ini merupakan pemberangkatan perdana KA Kaligung dari Stasiun Prujakan.

Loading...

Pelepasan KA Kaligung dilakukan langsung oleh Deputy Vice President PT KAI Daop 3 Cirebon, Raden Agus Dwinanto Budiadji pada Minggu (1/12/2019) pagi.

Menurut Agus, dalam Gapeka 2019, KA Kaligung merupakan salah satu KA yang diperpanjang relasinya. Dimana, pada gapeka sebelumnya KA Kaligung melayani penumpang dengan relasi Semarang Poncol – Brebes PP.

BACA YUK:  Razia Masker, Petugas Gabungan di Kabupaten Cirebon Dapatkan Banyak Pelanggar

“Terhitung mulai Minggu (1/12), KA Kaligung diperpanjang relasinya menjadi Semarang Poncol – Cirebon Prujakan PP,” ujar Agus kepada awak media.

Lanjut Agus, perpanjangan relasi ini sudah direncanakan sekitar enam bulan lalu, karena memang permintaan penumpang khususnya untuk relasi antara Cirebon – Tegal sampai Semarang cukup banyak peminatnya.

“Banyaknya permintaan ini, harapan kami dengan adanya relasi sampai dengan Cirebon Prujakan memudahkan masyarakat, khususnya yang berpergian ke arah Tegal sampai dengan Semarang,” terangnya.

Untuk tarif yang diberlakukan untuk KA Kaligung dari Cirebon – Tegal hanya Rp. 40 ribu dan Cirebon Prujakan sampai dengan Semarang Poncol hanya Rp. 70 ribu.

“Tarif hanya Rp. 70 ribu sampai dengan Semarang dan Rp. 40 ribu sampai dengan Tegal. Namun kami juga menyiapkan adanya tarif khusus dua jam sebelum keberangkatan hanya Rp. 20 ribu untuk Cirebon – Tegal,” bebernya.

BACA YUK:  Walikota, DPRD dan SKPD Kota Cirebon Edukasi Warga untuk Taati Protokol Kesehatan

Rangkaian KA Kaligung, tambah Agus, menggunakan kereta dengan kelas ‘Ekonomi New Image’. Penumpang KA yang menggunakan kelas “Ekonomi New Image” akan merasakan kenyamanan yang nyaris sama dengan penumpang kereta api kelas eksekutif.

“Setiap rangkaian kereta juga dilengkapi fasilitas televisi sebanyak 2 buah TV LED yang terletak di bagian tengah kereta, serta tempat duduk yang di desain dengan konfigurasi 2-2 dan dilengkapi fasilitas colokan listrik untuk aktivitas elektronik.

“Bentuk kursi pada kelas ekonomi new image terbuat dari bahan sofa dengan sandaran tidak 90 derajat. Jumlah kursi pada setiap keretanya berkapasitas 80 penumpang, sehingga penumpang akan merasa lebih nyaman dengan menggunakan kereta Kaligung ini,” jelas Agus.

Rangkaian KA Kaligung terdiri dari 9 kereta kelas ekonomi new image, dengan kapasitas total mencapai 720 tempat duduk. Dalam perjalanan, KA Kaligung akan berhenti di Stasiun Babakan, Stasiun Losari, Stasiun Tanjung, Stasiun Brebes, Stasiun Tegal, Stasiun Pemalang, Stasiun Pekalongan, Stasiun Weleri dan terakhir Stasiun Semarang Poncol.

Untuk Jadwal keberangkatan dan kedatangan KA Kaligung dengan relasi Semarang Poncol – Cirebon Prujakan pp, untuk keberangkatan dari Stasiun Semarang Poncol pukul 05.00 WIB dan tiba di Stasiun Cirebon Prujakan 08.35 WIB.

BACA YUK:  Bank Indonesia Cirebon Serahkan Bantuan Sembako dan Masker Untuk Pemkab Cirebon

Sedangkan, untuk keberangkatan dari Stasiun Cirebon Prujakan pada pukul 09.10 WIB dan tiba di Stasiun Semarang Poncol pada pukul 12.36 WIB. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

RM Abah Wardja Wedangan 90an Hadir dengan Konsep Djadul

Cirebon,- Dengan konsep kayu dan interior lawas, rumah makan dengan menu tradisional hadir untuk para pecinta kuliner Cirebon.Bertempat di...

Peringati HUT KAI ke-75, Daop 3 Cirebon Berikan Bantuan Mobil untuk Penyandang Disabilitas

Cirebon,- Dalam rangka memperingati HUT Kereta Api Indonesia (KAI) ke-75 yang jatuh pada Senin 28 September, melalui program CSR, KAI Daerah Operasional (Daop) 3...

Tambah Bangunan Pendopo, Warung Kopi Manis Kini Hadir Lebih Luas

Cirebon,- Warung Kopi Manis (WKM) yang berlokasi di Jalan Ir. Soekarno, Desa Kecomberan, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon hadir dengan tempat yang lebih luas.Saat ini,...

Pelanggar Operasi Yustisi Protokol Kesehatan Didominasi Tidak Memakai Masker

Cirebon,- Selama dua pekan sejak tanggal 14 sampai 27 September 2020, sebanyak 21 ribuan pelanggar terjaring operasi yustisi protokol kesehatan di Kabupaten Cirebon.Kegiatan yang...

More Articles Like This