Senin, 27 Januari 2020

Perdana Keberangkatan Awal KA Kaligung dari Stasiun Cirebon Prujakan Relasi Semarang Poncol

Populer

NU-JEK Resmi Hadir di Kota Cirebon

Cirebon,- Kini warga Cirebon mempunyai pilihan lagi saat hendak menggunakan transportasi online. Pasalnya, di Kota Cirebon kini telah hadir...

Dua Kendaraan Terlibat Kecelakaan di Jalan Raya Pantura Gebang

Cirebon,- Kecelakaan Lalulintas terjadi di Jalan Raya Pantura Gebang Kulon, tepatnya di depan SPBU Gebang Kulon, Desa Gebang Kulon,...

Geger Penemuan Mayat Wanita Tanpa Busana di Jalan Wiratama Cirebon

Cirebon,- Mayat wanita tanpa busana ditemukan warga di Jalan Wiratama, Kecematana Kedawung, Kabupaten Cirebon, Minggu (19/1/2020) siang. Warga yang pertama...

Gandeng Pihak Ketiga, Bus Rapid Transit Siap Beroperasi di Kota Cirebon

Cirebon,- Pemerintah Daerah Kota Cirebon sudah menemukan format untuk pengoperasian Bus Rapid Transit (BRT) di Kota Cirebon.Wali Kota Cirebon,...

Asyiknya Berwisata di Grand Maerakaca Semarang

Semarang,- Waktu tempuh dari Cirebon ke Semarang semakin cepat, baik menggunakan kereta api maupun menggunakan kendaraan mobil yang memakan...

Cirebon,- Bersamaan dengan diberlakukannya Grafik Perjalanan KA (Gapeka) 2019, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasional (Daop) 3 Cirebon untuk pertama kalinya di Stasiun Cirebon Prujakan melayani keberangkatan awal KA.

KA yang diberangkatan dari Stasiun Cirebon Prujakan untuk pertama kalinya melayani pemberangkatan awal yakni KA Kaligung tujuan akhir Stasiun Semarang Poncol.

Sejak Stasiun Cirebon Prujakan beroperasi pada tahun 1897, belum pernah melayani Kereta Api dengan keberangkatan awal. Ini merupakan pemberangkatan perdana KA Kaligung dari Stasiun Prujakan.

Pelepasan KA Kaligung dilakukan langsung oleh Deputy Vice President PT KAI Daop 3 Cirebon, Raden Agus Dwinanto Budiadji pada Minggu (1/12/2019) pagi.

Loading...

Menurut Agus, dalam Gapeka 2019, KA Kaligung merupakan salah satu KA yang diperpanjang relasinya. Dimana, pada gapeka sebelumnya KA Kaligung melayani penumpang dengan relasi Semarang Poncol – Brebes PP.

“Terhitung mulai Minggu (1/12), KA Kaligung diperpanjang relasinya menjadi Semarang Poncol – Cirebon Prujakan PP,” ujar Agus kepada awak media.

Lanjut Agus, perpanjangan relasi ini sudah direncanakan sekitar enam bulan lalu, karena memang permintaan penumpang khususnya untuk relasi antara Cirebon – Tegal sampai Semarang cukup banyak peminatnya.

“Banyaknya permintaan ini, harapan kami dengan adanya relasi sampai dengan Cirebon Prujakan memudahkan masyarakat, khususnya yang berpergian ke arah Tegal sampai dengan Semarang,” terangnya.

Untuk tarif yang diberlakukan untuk KA Kaligung dari Cirebon – Tegal hanya Rp. 40 ribu dan Cirebon Prujakan sampai dengan Semarang Poncol hanya Rp. 70 ribu.

“Tarif hanya Rp. 70 ribu sampai dengan Semarang dan Rp. 40 ribu sampai dengan Tegal. Namun kami juga menyiapkan adanya tarif khusus dua jam sebelum keberangkatan hanya Rp. 20 ribu untuk Cirebon – Tegal,” bebernya.

Rangkaian KA Kaligung, tambah Agus, menggunakan kereta dengan kelas ‘Ekonomi New Image’. Penumpang KA yang menggunakan kelas “Ekonomi New Image” akan merasakan kenyamanan yang nyaris sama dengan penumpang kereta api kelas eksekutif.

“Setiap rangkaian kereta juga dilengkapi fasilitas televisi sebanyak 2 buah TV LED yang terletak di bagian tengah kereta, serta tempat duduk yang di desain dengan konfigurasi 2-2 dan dilengkapi fasilitas colokan listrik untuk aktivitas elektronik.

“Bentuk kursi pada kelas ekonomi new image terbuat dari bahan sofa dengan sandaran tidak 90 derajat. Jumlah kursi pada setiap keretanya berkapasitas 80 penumpang, sehingga penumpang akan merasa lebih nyaman dengan menggunakan kereta Kaligung ini,” jelas Agus.

Rangkaian KA Kaligung terdiri dari 9 kereta kelas ekonomi new image, dengan kapasitas total mencapai 720 tempat duduk. Dalam perjalanan, KA Kaligung akan berhenti di Stasiun Babakan, Stasiun Losari, Stasiun Tanjung, Stasiun Brebes, Stasiun Tegal, Stasiun Pemalang, Stasiun Pekalongan, Stasiun Weleri dan terakhir Stasiun Semarang Poncol.

Untuk Jadwal keberangkatan dan kedatangan KA Kaligung dengan relasi Semarang Poncol – Cirebon Prujakan pp, untuk keberangkatan dari Stasiun Semarang Poncol pukul 05.00 WIB dan tiba di Stasiun Cirebon Prujakan 08.35 WIB.

Sedangkan, untuk keberangkatan dari Stasiun Cirebon Prujakan pada pukul 09.10 WIB dan tiba di Stasiun Semarang Poncol pada pukul 12.36 WIB. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Tinjau Rumah Ambruk di Cirebon, Anggota Komisi VIII DPR RI Evaluasi Perumahan Bersubsidi

Cirebon,- Anggota Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Selly Andriani Gantina mengunjungi rumah ambruk di Desa Kejuden, Kecamatan...

50 Pemuda Peace Train Indonesia Belajar Keberagaman dari Cirebon

Cirebon,- Indonesia Conference Religion and Peace (ICRP) berkolaborasi bersama Pelita (Pemuda Lintas Agama), dan Inspiration House menggelar kegiatan Peace Train dan panggung kebudayaan yang...

Ulang Tahun ke-25, ACE Hadirkan Program 25 Years Anniversary di Seluruh Indonesia

Jakarta,- ACE, pusat kebutuhan rumah tangga dan gaya hidup terlengkap di Indonesia menyelenggarakan program 25 Years Anniversary yang berlangsung di toko ACE seluruh Indonesia...

NU-JEK Resmi Hadir di Kota Cirebon

Cirebon,- Kini warga Cirebon mempunyai pilihan lagi saat hendak menggunakan transportasi online. Pasalnya, di Kota Cirebon kini telah hadir platform aplikasi terbaru yakni NU-JEK...

Vinotel Cirebon Optimis, Kunjungan Wisatawan di Tahun 2020 Meningkat

Cirebon,- Pelaku industri pariwisata di Kota Cirebon melihat prospek Cirebon kedepan masih cukup bagus. Apalagi ditunjang dengan akses jalan yang semakin mudah untuk ke...

More Articles Like This