Perbasi Kota Cirebon Gelar Penataran Pelatih Bola Basket Lisensi C

Cirebon-, Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Kota Cirebon bekerja sama dengan Pengurus Provinsi Perbasi Jawa Barat mengadakan penataran bagi pelatih Bola Basket Tingkat Muda Lisensi C.

Penataran ini dibagi menjadi dua sesi, pertama dilaksanakan pada tanggal 26 Januari 2024 di Jalan Wahidin dan tanggal 27-28 Januari 2024 diadakan di GMC Basketball Arena Jalan Melati No. 57 Kesambi Kota Cirebon.

Penataran tersebut masing-masing diikuti oleh sebanyak 35 orang pelatih dari seluruh daerah di Jawa Barat seperti Cirebon, Indramayu, Bandung, Garut, Cianjur, dan lainnya.

Sekretaris Umum Perbasi Kota Cirebon Bayu Kusumanudin mengatakan, penataran pelatih usia muda ini diadakan agar para pelatih memiliki kemampuan mumpuni dalam menelurkan bibit-bibit atlet bola basket di tanah air.

BACA YUK:  Pemda Provinsi Jabar Pastikan Jabar Siap Lancarkan Arus Mudik Lebaran 2024

“Penataran ini diadakan untuk memberikan bekal atau materi juga pembinaan kepada pelatih, agar mereka memiliki kemampuan dalam melatih sehingga dapat menelurkan bibit atlet yang dapat mengahrumkan nama daerah dan nasional,” katanya, Minggu (28/1/2024).

Ia melanjutkan, dengan penataran ini para pelatih akan mendapatkan Lisensi C, artinya para pelatih basket telah diakui oleh Perbasi dalam memberikan pelatihan kepada anak suai muda di rentang usia sampai 14 tahun.

“Yang mengikuti penataran ini minimal pelatih sudah magang melatih di sekolah, klub, dan akademi selama satu tahun. Setelah penataran ini para pelatih akan dikembalikan ke wilayahnya masing-masing, untuk Kota Cirebon ada 15 orang pelatih yang akan menjadi anggota Perbasi Kota Cirebon,” ujarnya.

BACA YUK:  Khusus 3 TPS di Benda Kerep, KPU Kota Cirebon Sediakan Kunyit dan Tinta

Ia menjelaskan, para pelatih akan terjun memberikan materi baik di sekolah, klub, maupun di akademi sesuai usia anak didik, pasanya tiap jenjang usia memiliki materi pelatihan berbeda. Dan Lisensi C merupakan syarat mutlak bagi pelatih untuk memberikan materi kepada anak didik tersebut.

“Penataran ini syarat mutlak bagi pelatih untuk terjun ke lapangan memberikan materi atau kurikulum Bola Basket sesuai rentang usianya. Karena anak kelompok usia dibawah 8 tahun, kelompok usia dibawah 10 tahun, usia dibawah 12 tahun atau kelompok usia dibawah 18 tahun kurikulumnya berbeda,” terangnya.

BACA YUK:  Pererat Silaturahmi dengan Warga, Pemda Kota Cirebon Gelar Tarhim Selama Ramadan

Setelah penataran, pihaknya akan melakukan pengawasan atau monitoring terhadap pelatih tersebut. Bahkan dalam satu tahun pelatih ini harus melakukan registrasi.

“Semua pelatih yang sudah memiliki Lisensi C dari Perbasi selalu dimonitoring oleh Pengcab. Karena mereka setiap satu tahun sekali melakukan registrasi, tidak kami lepas begitu saja tetap kami pantau apakah benar melatihnya sesuai dengan prosedur atau tidak. Karena pelatih merupakan aset Perbasi untuk memajukan atlet-atlet di Kota Cirebon,” pungkasnya. (rls)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *