Kamis, 28 Oktober 2021

Perayaan Hari Jadi Cirebon ke-651 Digelar Sederhana, Ini Agendanya

Populer

Nasabah BRI Cirebon Kartini Dapat Hadiah Mobil dari Panen Hadiah Simpedes

Cirebon,- Kantor Cabang Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cirebon Kartini menggelar undian Panen Hadiah Simpedea (PHS) periode pertama tahun 2021....

Satreskrim Polresta Cirebon Amankan Delapan Pelaku Penganiayaan

Cirebon,- Jajaran Satreskrim Polresta Cirebon mengamankan delapan pelaku penganiayaan. Peristiwa tersebut mengakibatkan seorang korban meninggal dunia dan dua korban...

Kecintaan Hariyani Prasetyaningtyas terhadap Dunia Perpustakaan Membuahkan Banyak Prestasi

Cirebon,- Kecintaan di bidang perpustakaan, dirasakan oleh Hariyani Prasetyaningtyas. Seorang librarian yang bekerja di BPK Penabur Cirebon sejak tahun...

BI Fast Payment Siap Diluncurkan, Biaya Transfer Antarbank Hanya Rp 2.500

Jakarta,- Pakai BI Fast Payment, transaksi antarbank untuk Rp 250 juta hanya dengan biaya Rp 2.500 per transaksi. Implementasi...

Inilah Tradisi Muludan Tiap Tahun Masyarakat Argasunya Kota Cirebon

Cirebon, — Ribuan santri dan warga ikut memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW di Pondok Pesantren Piderma, Sumur Loa, Kelurahan...

Cirebon,- Di tengah Pandemi Covid-19, Pemerintah Daerah Kota Cirebon tetap menggelar perayaan Hari Jadi Cirebon ke-651, namun dengan sederhana dan memanfaatkan teknologi informasi serta komunikasi.

Perayaan Hari Jadi Cirebon yang jatuh setiap tanggal 1 Muharam akan mengusung tema “Semangat Membangun Bersama” dengan tagline Memayu Charuban Jati yang berarti mempercantik dan memperindah.

Ketua Panitia Hari Jadi Cirebon 651, yang juga Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon, Ma’ruf Nuryasa menjelaskan bahwa Hari Jadi Cirebon ke-651 mengambil tema Semangat Membangun Bersama. Tema tersebut tercermin dari logo Hari Jadi Cirebon ke-651 yang dipilih tahun ini.

Loading...

Menurut Maruf, logo Hari Jadi Cirebon tahun ini memperlihatkan api yang berkobar namun dengan angka 651. Angka 6 berwarna biru, sekaligus merefleksikan gambar udang.

BACA YUK:  Sekda Kota Cirebon Pimpin Upacara Peringatan Hari Santri 2021

“Angka 6 yang digambarkan dalam logo berupa udang, karena Kota Cirebon dikenal sebagai kota udang,” ujar Ma’ruf, Selasa (4/8/2020)

Sedangkan, lanjut Maruf, angka 5 berwarna merah menggambarkan kepala burung garuda dengan tatapan mata yang tajam sebagai akulturasi semangat peringatan hari jadi Cirebon yang berbarengan dengan HUT RI, Cirebon untuk Indonesia.

“Sedangkan angka satu yang bewarna hijau sebagai penutup angka sekaligus menjadi simbol kesatuan,” jelas Ma’ruf.

Mengenai rangkaian acara Hari Jadi Cirebon ke-651, pihaknya akan menggelar sejumlah agenda. Agenda tersebut diantaranya Gerakan Cirebon Bermasker yang digelar di sejumlah titik untuk mencegah kerumunan orang.

“Ada 7 ribu masker yang siap dibagikan sekaligus gerakan sosialisasi bahwa pandemi Covid-19 masih ada,” bebernya.

Selain itu, ada juga agenda bebersih tajug dan tempat ibadah yang ada di Kota Cirebon mulai 5 Agustus mendatang dengan menargetkan 300 lokasi tempat ibadah.

“Agenda selanjutnya ada bebersih tajug dan tempat ibadah di Kota Cirebon dengan target 300 lokasi,” paparnya.

BACA YUK:  Bupati Cirebon : Dinas Harus Berinovasi, Penyerapan Anggaran Tahun 2021 Baru 54% Saja

Tidak sampai itu, pada tangga 15 Agustus 2020, Pemerintah Daerah Kota Cirebon akan menyelenggarakan festival tari topeng di 6 lokasi dan 5 tarian secara serempak.

“Semua kegiatan ini sudah dirancang dengan tetap meminimalkan kerumunan orang dan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi saat ini,” kata Maruf.

Selain itu, Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, akan mencanangkan dibukanya WiFi yang ada di setiap kantor pemerintahan, bahkan hingga tingkat kelurahan, untuk siswa yang saat ini tengah belajar daring pada tanggal 20 Agustus 2020.

“Pada kegiatan pencanangan WiFi sudah disiapkan aplikasi yang akan dijalankan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cirebon. Aplikasi ini bisa digunakan untuk anak-anak sekolah yang saat ini tengah belajar daring,” ujarnya.

Masih di tanggal 20 Agustus, kata Maruf, kita akan lakukan streaming selama 651 menit mulai dari jam 8 pagi untuk city branding.

“ Kita akan lakukan city branding. Berbagai segmen akan digelar, seperti budaya serta berbagai potensi yang dimiliki Kota Cirebon. Juga akan diberikan giveaway atau hadiah untuk masyarakat Kota Cirebon dengan hadiah-hadiah yang menarik,” pungkasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Lantik Tujuh Kepala Sekolah, Walikota Cirebon Pesan Lakukan Manajemen Pendidikan

Cirebon,- Wali Kota Cirebon, Drs. Nashrudin Azis melantik tujuh Kepala Sekolah (Kepsek) tingkat Sekolah Dasar (SD) di Kota Cirebon....

Peringati Maulid Nabi, Masjid Al-Maksudhi Hadirkan Gus Miftah

Cirebon,- Masjid Al-Maksudhi yang berlokasi di Jalan Sultan Ageng Tirtayasa, Desa Kedungjaya, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon menggelar pengajian, Selasa (26/10/2021) malam. Kegiatan ini berkolaborasi...

DPW Partai Nasdem Jabar Calonkan Eti Herawati sebagai Wali Kota Cirebon 2024

Cirebon,- DPW Partai Nasdem Jawa Barat menargetkan meraih dua kursi DPR RI, dua kursi DPR Provinsi, tujuh kursi DPRD Kota Cirebon pada pemilu 2024....

Kawasan Industri di Kota Cirebon Hanya 49,09 Hektar, Perlu Rencana Induk Pembangunan Industri Kota

Cirebon,- Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (DKUKMPP) Kota Cirebon menggelar Forum Group Discussion (FGD) terkait rencana pembangunan industri di Kota Cirebon....

More Articles Like This