Selasa, 29 September 2020

Perayaan Hari Jadi Cirebon ke-651 Digelar Sederhana, Ini Agendanya

Populer

46 Santri Pondok Pesantren di Kuningan Terpapar Covid-19

Kuningan,- Sebanyak 46 santri di Pondok Pesantren Husnul Khotimah di Kuningan Jawa Barat terkonfirmasi positif Covid-19.Aktivitas di pondok pesantren...

Tilik Kana Cirebon Hadir untuk Angkat Potensi UKM Khusus Kuliner

Cirebon,- Untuk menjadikan UKM (Usaha Kecil Menengah) naik kelas, Food Court Tilik Kana yang berlokasi di Jalan Pancuran Barat...

Wali Kota Cirebon: Mulai 1 Oktober 2020 yang Tidak Patuh Protokol Kesehatan akan Ditindak Tegas

Cirebon,- Untuk menekan penyebaran Covid-19 di Kota Cirebon, Walikota Cirebon Drs. Nashrudin Azis tak henti-hentinya melakukan edukasi dan sosialisasi...

Pemerintah dan Keraton Kasepuhan Cirebon Sepakat Meniadakan Pasar Muludan

Cirebon,- Pemerintah Daerah Kota Cirebon bersama dengan Keraton Kasepuhan bersepakat meniadakan pasar malam atau Muludan di area Keraton Kasepuhan...

Wakil Wali Kota Cirebon Kunjungi Warga Terkonfirmasi Positif Covid-19

Cirebon,- Wakil Wali Kota Cirebon, Dra Hj Eti Herawati kembali mengunjungi warga terkonfirmasi positif Covid-19 yang isolasi mandiri, Jumat...

Cirebon,- Di tengah Pandemi Covid-19, Pemerintah Daerah Kota Cirebon tetap menggelar perayaan Hari Jadi Cirebon ke-651, namun dengan sederhana dan memanfaatkan teknologi informasi serta komunikasi.

Perayaan Hari Jadi Cirebon yang jatuh setiap tanggal 1 Muharam akan mengusung tema “Semangat Membangun Bersama” dengan tagline Memayu Charuban Jati yang berarti mempercantik dan memperindah.

Ketua Panitia Hari Jadi Cirebon 651, yang juga Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon, Ma’ruf Nuryasa menjelaskan bahwa Hari Jadi Cirebon ke-651 mengambil tema Semangat Membangun Bersama. Tema tersebut tercermin dari logo Hari Jadi Cirebon ke-651 yang dipilih tahun ini.

Loading...

Menurut Maruf, logo Hari Jadi Cirebon tahun ini memperlihatkan api yang berkobar namun dengan angka 651. Angka 6 berwarna biru, sekaligus merefleksikan gambar udang.

BACA YUK:  Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Cirebon Alami Perubahan

“Angka 6 yang digambarkan dalam logo berupa udang, karena Kota Cirebon dikenal sebagai kota udang,” ujar Ma’ruf, Selasa (4/8/2020)

Sedangkan, lanjut Maruf, angka 5 berwarna merah menggambarkan kepala burung garuda dengan tatapan mata yang tajam sebagai akulturasi semangat peringatan hari jadi Cirebon yang berbarengan dengan HUT RI, Cirebon untuk Indonesia.

“Sedangkan angka satu yang bewarna hijau sebagai penutup angka sekaligus menjadi simbol kesatuan,” jelas Ma’ruf.

Mengenai rangkaian acara Hari Jadi Cirebon ke-651, pihaknya akan menggelar sejumlah agenda. Agenda tersebut diantaranya Gerakan Cirebon Bermasker yang digelar di sejumlah titik untuk mencegah kerumunan orang.

“Ada 7 ribu masker yang siap dibagikan sekaligus gerakan sosialisasi bahwa pandemi Covid-19 masih ada,” bebernya.

Selain itu, ada juga agenda bebersih tajug dan tempat ibadah yang ada di Kota Cirebon mulai 5 Agustus mendatang dengan menargetkan 300 lokasi tempat ibadah.

“Agenda selanjutnya ada bebersih tajug dan tempat ibadah di Kota Cirebon dengan target 300 lokasi,” paparnya.

BACA YUK:  Pemkot Cirebon Gencar Razia Masker, Akhir September Perda Masker Disahkan

Tidak sampai itu, pada tangga 15 Agustus 2020, Pemerintah Daerah Kota Cirebon akan menyelenggarakan festival tari topeng di 6 lokasi dan 5 tarian secara serempak.

“Semua kegiatan ini sudah dirancang dengan tetap meminimalkan kerumunan orang dan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi saat ini,” kata Maruf.

Selain itu, Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, akan mencanangkan dibukanya WiFi yang ada di setiap kantor pemerintahan, bahkan hingga tingkat kelurahan, untuk siswa yang saat ini tengah belajar daring pada tanggal 20 Agustus 2020.

“Pada kegiatan pencanangan WiFi sudah disiapkan aplikasi yang akan dijalankan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cirebon. Aplikasi ini bisa digunakan untuk anak-anak sekolah yang saat ini tengah belajar daring,” ujarnya.

Masih di tanggal 20 Agustus, kata Maruf, kita akan lakukan streaming selama 651 menit mulai dari jam 8 pagi untuk city branding.

“ Kita akan lakukan city branding. Berbagai segmen akan digelar, seperti budaya serta berbagai potensi yang dimiliki Kota Cirebon. Juga akan diberikan giveaway atau hadiah untuk masyarakat Kota Cirebon dengan hadiah-hadiah yang menarik,” pungkasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Cemilan Donat Kekinian Donuthing Hadir Di Kota Cirebon

Cirebon,- Donuthing, cemilan donat kekinian milik artis dan youtuber Indonesia Baim Wong kini hadir di Kota Cirebon.Berlokasi di Jalan...

RM Abah Wardja Wedangan 90an Hadir dengan Konsep Djadul

Cirebon,- Dengan konsep kayu dan interior lawas, rumah makan dengan menu tradisional hadir untuk para pecinta kuliner Cirebon.Bertempat di Jalan Ir. Soekarno, Desa Kecomberan,...

Ini Penjelasan Kepala BI Cirebon Terkait Video Viral Uang “Nyanyi”

Cirebon,- Beredar video uang pecah Rp. 75 ribu yang bisa Nyanyi Indonesia Raya, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Cirebon berikan penjelasan, Senin (28/9/2020).Menurut...

Tambah Bangunan Pendopo, Warung Kopi Manis Kini Hadir Lebih Luas

Cirebon,- Warung Kopi Manis (WKM) yang berlokasi di Jalan Ir. Soekarno, Desa Kecomberan, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon hadir dengan tempat yang lebih luas.Saat ini,...

More Articles Like This