Perajin Terompet di Desa Jamblang Banting Setir Membuat Mainan Otok-otok dan Kuda Lumping

Cirebon,- Perajin terompet di Desa Jamblang, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon kini banting setir menjadi perajin mainan otok-otok dan kuda lumping.

Biasanya, menjelang pergantian tahun di desa tersebut selalu kebanjiran order pembuatan terompet. Namun, berbeda dengan tahun ini, karena Pandemi Covid-19 pesanan terompet tidak ada.

Ditambah lagi, pemerintah melarang masyarakat untuk merayakan pergantian tahun dan membatasi jam malam. Sehingga, untuk memenuhi kebutuhan ekonomi para perajin beralih membuat mainan tradisional.

Salah satu perajin di Desa Jamblang, Hartono mengatakan semenjak adanya Pandemi Covid-19 sudah tidak lagi memproduksi terompet dan pemesan dari luar daerah sudah tidak ada.

BACA YUK:  Biaya Haji Kurang Rp1,5 Triliun, Selly: Tidak akan Bebani Calhaj

“Sejak ada virus (Covid-19) tidak ada pesanan dan omset menurun drastis. Akhirnya beralih membuat otok-otok sama kuda lumping,” ujar Hartono, Rabu (30/12/2020).

Hartono mengaku, omset dari pembuatan terompet terbilang lumayan, karena pembuatan terompet ini musiman tahunan.

“Kalau kondisi bisa seperti dulu (ada perayaan tahun baru) mungkin balik membuat terompet lagi. Kampung terompet di Jamblang ini mati gara-gara virus,” ungkapnya.

Hartono berharap, perayaan tahun baru diadakan lagi seperti tahun-tahun sebelumnya, perajin terompet di Desa Jamblang bisa bangkit kembali ekonominya.

BACA YUK:  Tempuh 3 Hari 2 Malam, Kopi Vespa Cirebon Ikut Meriahkan Vespa World Days di Bali

“Karena pencariannya di sini dari terompet. Kalau terompet kan omsetnya besar, bisa sampai ribuan kodi dan yang memesan dari luar daerah seperti Kalimantan, Lampung, Jambi,” terangnya.

“Karena kendala sudah tidak ada pesta, jadinya macet (produksi terompet),” terangnya.

Hartono berharap kepada Pemerintah Kabupaten Cirebon lebih peduli dan memberikan perhatian terhadap perajin terompet di desa Jamblang yang kini tergerus karena Pandemi.

Hartono menjual mainan otok-otok yang terbuat dari dan sendal bekas serta mainan kuda lumping hanya di jual Rp. 5 ribu satunya. (AC212)

BACA YUK:  Inilah Kegiatan Inspiratif Mamat Rahmatullah yang Bermanfaat bagi Orang Lain
(Dilihat: 41 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.