Pepes Kerak Tahu, Citarasa Gurih Pedas Menggugah Selera Makan

Cirebon, 12 Agustus 2014, – Kerak tahu atau hintip tahu adalah salah satu makanan khas Cirebon. Sesuai dengan namanya, kerak tahu merupakan makanan berbahan dasar endapan tahu yang sebelumnya direbus selama tiga jam.

 

Diramu dengan menggunakan berbagai rempah dan bumbu penyedap, diyakini makanan yang satu ini memiliki citarasa gurih pedas yang mampu menggugah selera makan.

 

Makanan ini berasal dari Desa Cipeujeh, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon kerak tahu ini sudah ada sejak puluhan tahun silam.

BACA YUK:  Lestarikan Budaya Cirebon, Warung Mimi Sepuh Rutin Gelar Pentas Apresiasi Seni dan Budaya

 

Berbahan dasar Hintip atau Kerak dari rendaman tahu yang direbus selama hampir tiga jam, tahu kemudian dibuat dengan berbagai macam rempah dan bumbu penyedap. tak ketinggalan, potongan cabe rawit, daun bawang hingga bawang goreng dimasukan ke dalam adonan untuk menambah cita rasa khas.

 

Dalam perkembangannya, kerak tahu memiliki banyak varian rasa dan kombinasi. mulai dari jamur, ikan sampai daging ayam yang mampu memunculkan selera makan para penikmatnya.

 

Para penikmat kerak tahu umumnya, menambahkan sayur asam serta sambal khas cirebon, sebagai pelengkap rasa kerak tahu yang gurih dan pedas.

BACA YUK:  Wah, Bubur Ayam Tebar Pesona Cirebon Tawarkan Gratis Bila Rasanya Tidak Enak

 

Aris, salah satu penikmat kerak tahu menuturkan jika makanan khas Desa Cipeujeh ini merupakan makanan favoritnya. di jam istriahat, dirinya kerap singgah dan menikmati makanan yang satu ini.

 

” Cocok untuk makan siang, rasa pedas dan gurihnya mampu menambah selera makan. apalagi makannya sama sayur asam, beuh rasanya nambah nikmat,” katanya usai makan 5 buah pepes kerak tahu dengan sayur asam dan sambal merah khas Cirebon.

 

Salah satu rumah makan yang menyediakan kerak tahu ini adalah Rumah Makan Barokah. Rumah makan yang buka sejak pukul 7 pagi hingga sore ini, mampu menjual ribuan bungkus kerak tahu dengan harga 2 ribu perbungkus, pepes kerak tahu ini diklaim mampu menggoyang lidah anda.

BACA YUK:  Inilah Paket Buka Puasa Bersama di Hotel-hotel Cirebon

 

Jadi, jika anda berkunjung ke cirebon, belum lengkap rasanya kalau belum menikmati makanan yang satu ini. (AC313)

(Dilihat: 39 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.