Penukaran Uang Jelang Lebaran Tahun Ini Alami Penurunan

Cirebon,- Penukaran uang menjelang Hari Raya Idulfitri, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Cirebon tidak melakukan penukaran uang seperti tahun lalu menggunakan mobil kas keliling.

Untuk tahun ini, menurut Kepala KPw BI Cirebon, Bakti Artanta menjelaskan bahwa penukaran uang dilakukan di semua outlet-outlet perbankan di wilayah kerja Bank Indonesia Cirebon.

“Semua outlet perbankan menyediakan penukaran uang. Mekanisme penukarannya seperti apa, itu sesuai dengan kebijakan masing-masing bank,” ujar Bakti saat Pres Conference di kantor BI Cirebon, Rabu (20/5/2020).

BACA YUK:  Arus Balik Lebaran 2022, Jumlah Penumpang Kereta Api ke Arah Jakarta Masih Tinggi

Bakti mengatakan penukaran uang untuk kebutuhan lebaran, Bank Indonesia memiliki stok sebanyak Rp. 7 Triliun, namun yang digunakan untuk lebaran tahun ini sekitar Rp. 3,9 Triliun sampai Rp. 4 Triliun.

“Fakta di lapangan, sampai dengan tanggal 20 Mei 2020, jumlahnya hanya Rp. 2,5 Triliun yang diserap,” ungkapnya.

Penukaran uang tahun ini, kata Bakti, memang terjadi penurunan di wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan) sekitar 70 persen tercapainya.

“Tahun lalu penukaran uang jelang lebar mencapai Rp. 4 Triliyun, namun tahun ini hanya menyerap 70 persen saja,” katanya.

BACA YUK:  Doa Bersama untuk Emmeril Kahn Mumtadz, 30 Mei 2022

Pihaknya belum bisa memastikan penurunan penukaran uang jelang lebaran tahun ini apakah karena wabah Covid-19 atau bukan.

“Kita belum melihat kondisi penurunan karena Covid atau tidak, namun fakta di lapangan seperti itu,” pungkasnya. (AC212)

(Dilihat: 10 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.