Pendaftaran Angkut Motor Gratis di Cirebon Sudah Dibuka

0
49
Manajer Humas Daop 3 Cirebon, Krisbiantoro

Cirebon,- Angkutan motor gratis yang merupakan program Kementrian Perhubungan, PT. KAI Daop 3 Cirebon telah membuka pendaftaran.

Angkutan motor gratis di Daop 3 Cirebon bekerja sama dengan ekspeditur swasta PT. LNP (Lintas Nusantara Perdana) yang bertempat di Stasiun Parujakan.

Manajer Humas Daop 3 Cirebon, Krisbiantoro mengatakan pendaftaran sudah dimulai sejak 10 April sampai dengan 24 Juni 2018.

Aston Hotel

“Untuk kapasitas, Cirebon tentunya menyesuaikan dari angkutan awal yaitu di Jakarta Gudang,” ujarnya kepada About Cirebon, Jumat (13/4/2018).

Lanjut dia, untuk kapasitas angkut berdasarkan jumlah kereta, bahwa satu gerbong kereta barang motor gratis ini bisa memuat 58 unit sepeda motor. Dengan satu rangkaian perjalanan kereta api terdiri dari 8 gerbong kereta barang.

Sedangkan, menurut Kris untuk rute yang dilalui angkutan motor gratis ini ada 3 jurusan, yaitu pertama lintas utara dari Jakarta Gudang, lewat Semarang Tawang dan menuju Surabaya Pasar Turi.

Kemudian untuk lintas selatan ada dua, yaitu dari Jakarta Gudang lewat Kiaracondong hingga Kutoarjo. Lintas selatan kedua dari Jakarta gudang lewat Purwokerto ke arah Blitar.

“Masa angkutan lebaran yang jatuh pada tanggal 5 Juni hingga 26 Juni ini, angkutan motor gratis tidak penuh di masa itu. Hanya 6 hari di angkutan mudik dan 7 hari di arus balik,” bebernya.

“Angkutan mudik motor gratis dimulai tanggal 8 Juni hingga 13 Juni 2018, sedangkan untuk arus balik selama 7 hari dari 19 Juni hingga 25 Juni 2018,” imbuhnya.

Syarat untuk pendaftaran angkutan motor gratis ini tentu saja yang utama adalah memiliki tiket kereta, karena dengan memiliki tiket kereta api maka motor pemilik bisa diangkut dengan kereta api.

“Namun, tidak harus di kereta api yang sama mengingat kereta api angkutan motor gratis ini khusus tersendiri. Jadi, penumpang bisa menggunakan kereta api apa saja,” ungkapnya.

Untuk pendaftaran angkutan online sudah bisa dilakukan melalui online, tetapi untuk di Cirebon dilakukan dengan pendaftaran langsung.

“Syarat untuk angkutan motor gratis ink tidak hanya yang telah memiliki tiket kereta api, tetapi dapat juga tiket bus, travel dan moda darat lainnya yang bertiket resmi,” pungkasnya. (AC212)

Bagikan:
Signup for the newsletter