Pemkab Cirebon dan Baznas Bangun Rumah Tidak Layak Huni

Cirebon,- Bupati Cirebon, Drs. H. Imron bersama Baznas Kabupaten Cirebon meninjau sekaligus meresmikan rumah tidak layak huni di Desa Lungbenda Kecamatan Palimanan, Kamis (4/3/2021). Rumah tidak layak huni tersebut milik Asmadi yang dibangun Baznas Kabupaten Cirebon.

“Pada bulan ini Baznas Kabupaten Cirebon membangun lima unit rumah dari awal sampai jadi. Salah satunya rumah milik Asmadi warga Desa Lungbenda Kecamatan Palimanan,” ujar Imron, Kamis (4/3/2021).

Imron menjelaskan, di Kabupaten Cirebon jumlah rumah tidak layak huni mencapai 10 ribu lebih. Dengan angka tersebut, lanjut Imron, semuanya tidak bisa tertangani Pemkab Cirebon.

BACA YUK:  Disbudpar Hadirkan Program Literasi Budaya dan Profesi Kota Cirebon

“Kami mengajak kepada masyarakat Kabupaten Cirebon yang kaya untuk membantu pemerintah daerah dengan cara menitipkan zakatnya di Baznas. Nanti zakat tersebut dikelola Baznas, salah satunya untuk perbaikan rutilahu,” ungkapnya.

Pemda Kabupaten Cirebon bersama Baznas, kata Imron, sudah mendata rutilahu dan memang harus segera diberikan bantuan.

” Baru ada 500 lebih rutilahu yang namanya sudah terdata untuk mendapatkan bantuan. Ini merupakan keterbatasan Pemda Kabupaten Cirebon karena dibandingkan 10 ribu lebihnya kita masih kekurangan dana,” kata Imron.

BACA YUK:  MD7 Hotel Cirebon Tawarkan Promo Flash Sale dengan Harga Rp77 Ribu

Namun demikian, tambah Imron, selain bantuan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon, bantuan untuk rutilahu sendiri bisa didapat dari pemerintah desa.

“Bantuan rutilahu bisa dari pemdes dengan menggunakan Dana Desa. Akan tetapi pemerintah desa harus melakukan koordinasi atau musyawarah desa bahwa anggaran desa dipakai untuk membangun rumah yang tidak layak huni,” jelasnya.

Imron mengatakan, ada dua desa di Kecamatan Pasaleman dan Ciledug yang mengajukan untuk rehab masjid.

“Untuk rehab masjid, Pemkab Cirebon menyetujui untuk memberikan bantuan. Saya berharap dana tersebut harus dipakai untuk kepentingan masyarakat tetapi dengan cara musyawarah desa dan lapor ke pak camat terlebih dahulu,” tandasnya.

BACA YUK:  Bupati Cirebon Minta SKPD Bersinergi dengan Kelompok Informasi Masyarakat

Sementara itu, Kuwu Desa Lungbenda Kecamatan Palimanan, Saleh mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon dan Baznas yang telah membantu membangun rumah milik warganya.

“Terimakasih Pak Bupati dan Kepala Baznas yang sudah meresmikan rumah tidak layak huni milik warga kami. Rumah ini dibangun dari mulai awal sampai jadi oleh Pemda Kabupaten Cirebon dan Baznas,” singkatnya. (AC212)

(Dilihat: 7 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.