Pemilihan Jaka Rara Kota Cirebon Kembali Digelar

Cirebon, 4 Mei 2017,- Panguyuban Jaka Rara Kota Cirebon menggelar jumpa media terkait pemilihan Jaka Rara 2017 yang berlangsung di Aula Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporbudpar), Jalan Brigjen Darsono Bypass, Kota Cirebon, Kamis (04/05/2017).

Jaka Rara merupakan duta budaya dan pariwisata Kota Cirebon yang berada di bawah nauangan Disporbudpar Kota Cirebon. Jaka Rara merupakan sosok pemuda dan pemudi pilihan Kota Cirebon yang cerdas, berkepribadian baik dan mampu menginspirasi diri dan lingkungannya.

Dana Kartiman, Kepada Disporbudpar Kota Cirebon mengatakan, Pemilihan Jaka Rara merupakan event tahunan yang perlu regenerasi, walau sempat vakum selama tiga tahun, pemilihan ini bertujuan mencari figur atau icon untuk mempromosikan pariwisata dan seni budaya  yg ada di Kota Cirebon.

BACA YUK:  Prakiraan Cuaca Kota Cirebon, 28 April 2022

Sehingga, katanya, kegiatan Jaka Rara inilah efektif mengajak kaum muda untuk berbahasa santun, menyampaikan pesan, dan tentang tradisi atau seni budaya dari Kota Cirebon.

“Mudah-mudahan, dengan adanya pemilihan ini mulai dari seleksi secara keseluruhan peserta yang masuk, kemudian ada penyisihan, dilanjut karantina bagi peserta dan akhirnya grand final. Ini suatu perjalanan panjang, sehingga mereka bisa mematuhi dan memahami dan selekSI di ajang ini tidak berorientasi bahwa aku harus juara, tetapi memiliki komitmen bahwa mereka ini memiliki Kota Cirebon yang banyak potensi pariwisata dan seni budaya yang dikembangkan,” ujarnya.

BACA YUK:  Gelar Halal Bihalal, Politeknik Pariwisata Prima Internasional Promosikan Hasil Karya Mahasiswa

Ajang pemilihan Jaka Rara 2017 diikuti 15 peserta Jaka dan 15 peserta Rara, kemudian masuk tahap penyisihan menjadi 10 peserta Jaka dan 10 pesera Rara. Peserta yang masuk tersebut akan di karantina pada tanggal 20 Mei dan Grand Final pada tanggal 21 Mei 2017 di Ciremai Grand Ballroom, Swiss-Belhotel Cirebon, Jalan Cipto Mangunkusumo, mulai pukul 19.00 WIB.

Lanjut dia, Pemilihan Jaka Rara 2017 merupakan suatu kegiatan yang betul-betul menyaring para peserta, terlepas dari kegiatan yang bersifat kompotitif, lebih mendalam lagi dari jumlah yang ada bisa memberikan pembekalan, bahwa remaja ini harus paham tentang seni dan budaya, etika, kepribadian, serta keberadaan Kota Cirebon.

BACA YUK:  Kominfo Kabupaten Cirebon Dorong Digitalisasi Layanan Publik Pemerintah Desa

“Kami berharap, pemilihan Jaka Rara ini dapat memberikan informasi atau menyampaikan pesan seni budaya dan pariwisata yang ada keluar dan tentunya kaum remaja lebih tanggap mempromosikan Kota Cirebon,” harapnya. (AC212)

(Dilihat: 12 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.