Kamis, 21 Oktober 2021

Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon Berikan Penghargaan Kepada Para Teladan Pajak Tahun 2018

Populer

Talaga Langit Milik Ustad Ujang Busthomi Hadirkan Museum Dukun Santet

Cirebon,- Setelah sukses membuka wisata Bukit Cinta Anti Galau, kini Ustad Ujang Busthomi kembali membuka objek wisata Talaga Langit....

Jalan Tol Akses Bandara Kertajati Rampung 100%, Siap Dioperasikan

Majalengka,- Pembangunan jalan tol akses menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati sudah rampung. Akses ini terhubung langsung dengan jalan...

Wagub Jabar Resmikan Wisata Talaga Langit Anti Galau

Cirebon,- Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum meresmikan Talaga Langit Wisata Anti Galau di Desa Sinarancang, Kecamatan Mundu,...

Unjuk Rasa di Jalan Siliwangi, Walikota Cirebon Ajak Audensi

Cirebon,- Dua kelompok organisasi masyarakat/LSM melakukan aksi unjuk rasa di Jalan Siliwangi, Kota Cirebon, Kamis (14/10/2021). Dua kelompok tersebut...

104 Pejabat di Lingkungan Kabupaten Cirebon Dilantik

Cirebon,- Sebanyak 104 pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cirebon di rotasi dan mutasi. Pelantikan tersebut berlangsung di Pendopo Bupati...

Cirebon,- Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Cirebon menggelar acara “Penganugerahan Penghargaan Para Teladan Pajak Tahun 2018 Tingkat Kabupaten Cirebin Tahun Anggaran 2019”, Selasa (20/8/2019).

Acara yang berlangsung di Patra Cirebon Hotel & Convention, Jalan Tuparev, Kabupaten Cirebon tersebut merupakan program 99 hari Plt Bupati Cirebon terwujudnya Kabupaten Cirebon berbudaya, sejahtera, agamis, maju, dan aman.

Pada penganugrahan penghargaan para teladan pajak tahun 2018 tingkat Kabupaten Cirebon tahun anggaran 2019, terdapat 11 kategori yang mendapatkan penghargaan dari pemerintah Kabupaten Cirebon.

Loading...

1. Pajak Tidak Mengurangi Rezeki

Plt Bupati Cirebon, Imron Rosyadi mengatakan penghargaan ini merupakan apresiasi Pemerintah Kabupaten Cirebon terhadap wajib pajak dan sebagai contoh untuk maayarakat lainnya, karena pajak ini adalah suatu kewajiban bagi warga negara.

“Uang pajak ini akan digunakan untuk pembangunan di Kabupaten Cirebon. Sehingga, masyarakat jangan ragu bayar pajak dan harus taat wajib pajak,” ujarnya usai acara.

BACA YUK:  Program Desa Ramah Perempuan dan Desa Peduli Anak Harus Didukung Langkah Progresif

Lanjut Imron, Kabupaten Cirebon telah mendapatkan penghargaan terbanyak dan terbaik di tingkat Jawa Barat pada penganugerahan perpajakan dengan kategori Kabupaten, Kecamatan, dan wajib pajak.

“Pajak adalah hal yang wajib, bahkan membayar pajak tidak mengurangi rezeki. Dengan membayar pajak, usaha akan tetap maju dan barokah,” ungkapnya.

Imron berharap, kegiatan semacam ini untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat yang lain agar patuh perpajakan, seperti wajib pajak yang mendapatkan penghargaan ini.

2. Meningkatkan PAD

Sementara itu, Erus Rusmana, Kepala Bappenda Kabupaten Cirebon menjelaskan maksud dan tujuan diselenggarakannya penganugrahan penghargaan teladan pajak tahun 2018 ini tidak lain adalah untuk meningkatkan  kesadaran dan motivasi masyarakat, khususnya wajib pajak untuk taat membayar pajak daerah di Kabupaten Cirebon.

“Tujuan dari penyelenggaraan ini juga sebagai salah satu instrumen dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD),” ujarnya.

Lanjut Erus, ini juga sebagai sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Cirebon dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dari bagi hasil pajak provinsi yang berperan sebagai bagian pembangunan daerah, khususnya yang berkaitan dengan sumber-sumber pembiayaan.

“Sekaligus dalam rangka mendukung program pelayanan dasar seperti  bidang pendidikan, kesehatan dan infrastrukut,” bebernya.

3. Kategori Pajak

Kategori pajak yang mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon tahun 2018 yang dilaksanakan pada tahun 2019 ini ada sebanyak 11 kategori.

Kategori yang mendapatkan penghargaan yakni, Pajak Penerangan Jalan, Pajak PBB, Pajak BPHTB, Pajak MBLB, Pajak Restoran Pajak Hotel, Pajak Hiburan, Pajak Air Tanah, Pajak Parkir, Pajak Sarang Burung Walet.

“Dari seluruh kategori tersebut, perolehan pendapatan tahun 2018 sebesar dua ratus delapan milyar lima ratus juta rupiah,” terangnya.

Dari perolehan pendapatan tersebut, kata Erus, sudah melampaui target yang ditetapkan atau mencapai 5,7 persen terhadap APBD Kabupaten Cirebon sebesar Rp. 3,6 Triliyun atau 27,54 persen terhadap PAD.

“Struktur APBD Kabupaten Cirebon yang Rp. 3,6 Triliyun terdiri dari PAD Rp. 755 Milyar. Rp. 755 Milyar tersebut terdiri dari pajak daerah dan bagi hasil provinsi,” pungkasnya. (AC212)

BACA YUK:  Program Desa Ramah Perempuan dan Desa Peduli Anak Harus Didukung Langkah Progresif
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Alumni Akabri 1999 Gelar Vaksinasi Massal dan Pemberian Sembako di Desa Gebang Mekar

Cirebon,- Alumni Akabri 1999 menggelar Vaksinasi Massal dan Pemberian Sembako di Desa Gebang Mekar Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon, Rabu...

Aliansi Mahasiswa UGJ Gelar Unjuk Rasa di Jalan Bypass Kota Cirebon

Cirebon,- Aliansi Mahasiswa Universitas Swadaya Gunung Jari (UGJ) menggelar unjuk rasa di Perempatan Lampu Merah Pemuda, Jalan Bypass, Kota Cirebon, Rabu (20/10/2021). Aksi tersebut...

Akselerasi Implementasi Kampus Merdeka, Tim Program Matching Fund UGJ Gelar Workshop

Cirebon,- Tim Program Matching Fund Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon menggelar kegiatan Workshop Teaching Factory Digital Marketing dan Marketplace Digital Marketing. Kegiatan tersebut...

Horison Ultima Kertajati Siap Beroperasi Akhir Tahun 2021

Bekasi,- PT Metropolitan Land Tbk (Metland) melalui anak perusahaan PT Sumber Tata Lestari melanjutkan pembangunan Hotel Horison Ultima Kertajati yang berlokasi di jalan Kadipaten...

More Articles Like This