Kamis, 30 Januari 2020

Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon Berikan Penghargaan Kepada Para Teladan Pajak Tahun 2018

Populer

NU-JEK Resmi Hadir di Kota Cirebon

Cirebon,- Kini warga Cirebon mempunyai pilihan lagi saat hendak menggunakan transportasi online. Pasalnya, di Kota Cirebon kini telah hadir...

Khawatir Virus Corona, Pasien di RS Waled Cirebon Dirawat di Ruang Isolasi

Cirebon,-Seorang warga Desa Cikulak, Kecamatan Waled, Kabupaten Cirebon harus dirawat di ruang khusus isolasi Rumah Sakit Umum Waled, Senin...

Grab Hadirkan Layanan Baru “Grab Express Nalangin” di Kota Cirebon

Cirebon,- Mendukung pertumbuhan ekonomi para wirausaha di wilayah Cirebon, Grab meluncurkan layanan terbaru yakni “Grab Express Nalangin Cirebon”, yang...

Jelang Imlek, Bank Indonesia Cirebon Hadirkan Layanan Penukaran Uang

Cirebon,- Dalam rangka Hari Imlek tahun 2020, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Cirebon menghadirkan mobil penukaran uang, yang...

Vinotel Cirebon Optimis, Kunjungan Wisatawan di Tahun 2020 Meningkat

Cirebon,- Pelaku industri pariwisata di Kota Cirebon melihat prospek Cirebon kedepan masih cukup bagus. Apalagi ditunjang dengan akses jalan...

Cirebon,- Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Cirebon menggelar acara “Penganugerahan Penghargaan Para Teladan Pajak Tahun 2018 Tingkat Kabupaten Cirebin Tahun Anggaran 2019”, Selasa (20/8/2019).

Acara yang berlangsung di Patra Cirebon Hotel & Convention, Jalan Tuparev, Kabupaten Cirebon tersebut merupakan program 99 hari Plt Bupati Cirebon terwujudnya Kabupaten Cirebon berbudaya, sejahtera, agamis, maju, dan aman.

Pada penganugrahan penghargaan para teladan pajak tahun 2018 tingkat Kabupaten Cirebon tahun anggaran 2019, terdapat 11 kategori yang mendapatkan penghargaan dari pemerintah Kabupaten Cirebon.

1. Pajak Tidak Mengurangi Rezeki

Loading...

Plt Bupati Cirebon, Imron Rosyadi mengatakan penghargaan ini merupakan apresiasi Pemerintah Kabupaten Cirebon terhadap wajib pajak dan sebagai contoh untuk maayarakat lainnya, karena pajak ini adalah suatu kewajiban bagi warga negara.

“Uang pajak ini akan digunakan untuk pembangunan di Kabupaten Cirebon. Sehingga, masyarakat jangan ragu bayar pajak dan harus taat wajib pajak,” ujarnya usai acara.

Lanjut Imron, Kabupaten Cirebon telah mendapatkan penghargaan terbanyak dan terbaik di tingkat Jawa Barat pada penganugerahan perpajakan dengan kategori Kabupaten, Kecamatan, dan wajib pajak.

“Pajak adalah hal yang wajib, bahkan membayar pajak tidak mengurangi rezeki. Dengan membayar pajak, usaha akan tetap maju dan barokah,” ungkapnya.

Imron berharap, kegiatan semacam ini untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat yang lain agar patuh perpajakan, seperti wajib pajak yang mendapatkan penghargaan ini.

2. Meningkatkan PAD

Sementara itu, Erus Rusmana, Kepala Bappenda Kabupaten Cirebon menjelaskan maksud dan tujuan diselenggarakannya penganugrahan penghargaan teladan pajak tahun 2018 ini tidak lain adalah untuk meningkatkan  kesadaran dan motivasi masyarakat, khususnya wajib pajak untuk taat membayar pajak daerah di Kabupaten Cirebon.

“Tujuan dari penyelenggaraan ini juga sebagai salah satu instrumen dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD),” ujarnya.

Lanjut Erus, ini juga sebagai sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Cirebon dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dari bagi hasil pajak provinsi yang berperan sebagai bagian pembangunan daerah, khususnya yang berkaitan dengan sumber-sumber pembiayaan.

“Sekaligus dalam rangka mendukung program pelayanan dasar seperti  bidang pendidikan, kesehatan dan infrastrukut,” bebernya.

3. Kategori Pajak

Kategori pajak yang mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon tahun 2018 yang dilaksanakan pada tahun 2019 ini ada sebanyak 11 kategori.

Kategori yang mendapatkan penghargaan yakni, Pajak Penerangan Jalan, Pajak PBB, Pajak BPHTB, Pajak MBLB, Pajak Restoran Pajak Hotel, Pajak Hiburan, Pajak Air Tanah, Pajak Parkir, Pajak Sarang Burung Walet.

“Dari seluruh kategori tersebut, perolehan pendapatan tahun 2018 sebesar dua ratus delapan milyar lima ratus juta rupiah,” terangnya.

Dari perolehan pendapatan tersebut, kata Erus, sudah melampaui target yang ditetapkan atau mencapai 5,7 persen terhadap APBD Kabupaten Cirebon sebesar Rp. 3,6 Triliyun atau 27,54 persen terhadap PAD.

“Struktur APBD Kabupaten Cirebon yang Rp. 3,6 Triliyun terdiri dari PAD Rp. 755 Milyar. Rp. 755 Milyar tersebut terdiri dari pajak daerah dan bagi hasil provinsi,” pungkasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Koperasi Jasa Transportasi Online Ciayumajakuning Gelar Rapat RAT

Cirebon,- Koperasi Jasa Transportasi Online Ciayumajakuning (KTOC) melaksanakan kewajiban organisasinya sebagai badan hukum berbentuk koperasi yakni menyelenggarakan Rapat Anggota...

CARfix Cirebon Dipercaya Sebagai Bengkel Official Partnership BMW

Cirebon,- Bengkel Modern CARfix kini hadir di Cirebon. Setelah sukses membuka outlet ke-27 pada bulan Desember 2019 lalu, kini CARfix melebarkan sayapnya dengan membuka...

Bengkel Modern CARfix Hadir di Cirebon, Ini Lho Kelebihannya

Cirebon,- Setelah sukses membuka outlet ke-27 pada bulan Desember 2019 lalu, CARfix Bengkel Modern kembali memperluas jaringan pelayanannya dengan membuka outlet ke-28 di Cirebon,...

Serunya Laga Persahabatan Gama FC Tegalgubug Lor dan Perisai Gintung Ciwaringin

Cirebon,- Pertandingan persahabatan sepak bola antara Gama FC Tegalgubug Lor melawan Perisai Gintung Ciwaringin merupakan pertandingan sepak bola yang baru pertama kali digelar pada...

Awal Tahun 2020, Bentani Hotel Cirebon Hadirkan BBQ Dinner dengan Konsep Tematik

Cirebon,- Sejak bulan Januari ini, Bentani Hotel and Residence yang berlokasi di Jalan Siliwangi No 69 Kota Cirebon, menghadirkan BBQ Thematic.Public Relation Bentani Hotel...

More Articles Like This