Sabtu, 25 September 2021

Pemda Kota Cirebon Setujui Empat Raperda Prakarsa DPRD Kota Cirebon

Populer

KAI Buka Lowongan Kerja dan Tidak Dipungut Biaya

Cirebon,- PT Kereta Api Indonesia (Persero) saat ini sedang membuka rekrutmen untuk berbagai formasi. Masyarakat yang ingin melamar dapat...

Wanita Cantik Asal Cirebon Ini Memiliki Segudang Prestasi Biliar

Cirebon,- Cantik dan pintar bermain biliar, itulah gambaran yang cocok bagi Nony Krystianti Andilah. Wanita berkulit putih asal Cirebon...

Kampoeng Photography dan Videography (KPV) Merayakan Anniversary yang Kedua

Cirebon,- Kampung Photographer adalah sebutan dari Komunitas Photography dan Videography (KPV) yang terletak di Desa Gintung Kidul Kecamatan Ciwaringin...

Inilah Pembalap Muda Purworejo Masuk di Red Bull MotoGP Rookies Cup 2022

Purworejo,-  Kabar membanggakan datang dari dunia balap motor Indonesia. Pasalnya, Fadillah Arbi Aditama yang merupakan pembalap muda asal Purworejo ini resmi di...

Grand Opening Meetime Rasain Cabang Ketiga di Majasem

Cirebon,- Meetime Rasain Cirebon membuka cabang ketiganya di Jalan Perjuangan – Majasem No. A2 Kota Cirebon (tepatnya di depan...

Cirebon,- Pemerintah Daerah (Pemda) menyetujui empat usulan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) dari DPRD Kota Cirebon. Usulan empat Raperda prakarsa DPRD Kota Cirebon ini berlangsung di ruang Adipura Kencana, Balaikota Cirebon.

Empat Raperda tersebut yakni Raperda tentang smart city, Raperda tentang penyelenggaraan utilitas kabel, Raperda tentang penyelenggaraan pembangunan ketahanan keluarga, serta Raperda tentang konservasi air tanah melalui sumur resapan dan lubang resapan biopori.

Wali Kota Cirebon, Drs. Nashrudin Azis menyampaikan terima kasih dan menyambut baik atas usulan empat Raperda yang disampaikan oleh DPRD Kota Cirebon. Raperda prakarsa DPRD merupakan wujud tanggung jawab wakil rakyat di Kota Cirebon.

Loading...

“Mereka senantiasa berkomitmen untuk mengangkat isu-isu strategis atau aspirasi yang tumbuh dan berkembang di masyarakat,” ujar Azis.

Menurut Azis, ini selaras dengan Peraturan Pemerintah Nomor 72 tahun 2019, karena masih banyak peraturan daerah (Perda) yang harus disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan yang baru.

BACA YUK:  Ribuan Santri Ponpes Gedongan Ikuti Vaksinasi

Untuk smart city, kata Azis, Pemda Kota Cirebon sebelumnya telah membuat Perda No 5 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Komunikasi dan Informasi. “Namun agar regulasi perda tersebut harmoni dan sinergi, diperlukan sebuah payung hukum untuk menciptakan smart city di Kota Cirebon,” ungkap Azis.

Sedangkan Raperda tentang penyelenggaraan utilitas kabel memang diperlukan sehingga bisa “memaksa” instansi utilitas kabel, baik BUMN maupun swasta untuk melakukan perbaikan dan pemulihan terhadap sarana dan prasarana kota yang rusak sebagai dampak pembangunan.

“Regulasi ini juga mampu memberikan kenyamanan terhadap lingkungan dan masyarakat melalui penempatan jaringan utilitas di bawah atau di atas tanah,” jelas Azis.

Sedangkan melalui regulasi penyelenggaraan pembangunan ketahanan keluarga nantinya diharapkan dapat meningkatkan kualitas keluarga dalam mewujudkan kesetaraan. Seperti meningkatkan kualitas hidup perempuan dan anak serta perlindungan terhadap hak-haknya.

BACA YUK:  Rejeki WOW Treasure Hunt Hadir Kembali, Smartfren Siapkan Hadiah Total Miliaran Rupiah

Selanjutnya untuk Raperda tentang konservasi air tanah melalui sumur resapan dan lubang resapan biopori, Pemda Kota Cirebon sebelumnya telah membuat peraturan Wali Kota Nomor 38 tahun 2019 tentang Pelaksanaan Konservasi Air Tanah Melalui Sumur Resapan dan Lubang Resapan Biopori. “Tujuannya untuk melaksanakan konservasi air tanah dengan mewajibkan mereka membuat sumur resapan atau lubang resapan biopori (LRB),” terang Azis.

Untuk itu Azis menyarankan agar muatan materi atau substansi yang diatur dalam peraturan Wali Kota tersebut dapat diadopsi atau dimodifikasi regulasinya. Sehingga substansi raperda yang akan dibahas bersama menjadi sempurna.

Sementara itu Ana Susanti, S.E., Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda), menjelaskan empat Raperda yang diajukan memiliki maksud dan tujuan untuk melayani kepentingan masyarakat Kota Cirebon. Raperda tentang penyelenggaraan Cirebon kota cerdas (smart city) bertujuan mewujudkan kesejahteraan masyarakat serta mengoptimalkan pelayanan publik.

Sedangkan Raperda tentang penyelenggaraan utilitas kabel bertujuan agar masyarakat nyaman dan terciptanya induk jaringan utilitas secara terpadu di Kota Cirebon.

Raperda penyelenggaraan pembangunan ketahanan keluarga memiliki tujuan untuk mengembangkan keluarga yang harmonis, mewujudkan keluarga yang berkualitas dan mampu memenuhi kebutuhannya dengan optimal.

Sementara Raperda tentang konservasi air tanah melalui sumur resapan dan lubang biopori dibutuhkan seiring dengan meningkatnya alih fungsi lahan dan air hujan yang bisa menjadi sumber air bersih namun tidak bisa terserap oleh tanah.

BACA YUK:  Wakil Wali Kota Minta Pengusaha Muda Bersinergi Majukan Perekonomian di Kota Cirebon

“Sehingga sering menimbulkan banjir pada musim penghujan,” tandas Ana. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

RajaBackLink.com

Latest News

Bupati – Ketua DPRD Kabupaten Cirebon Tekan kesepakatan KUA dan PPAS Perubahan APBD 2021

Cirebon,- Bupati Cirebon Imron Rosyadi dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cirebon Mohamad Lutfi tandatangani Nota Kesepakatan...

Inilah Pesona Alam Sanghyang Dora Majalengka sebagai Destinasi Berkemah

Majalengka,- Menikmati suasana baru dengan berkemah, bisa jadi alternatif liburan yang menyenangkan. Dan, salah satu referensi tempat berkemah yang tengah banyak diminati oleh para...

Antisipasi Pohon Tumbang Jelang Musim Penghujan, Pohon di Kota Cirebon Dilakukan Pemangkasan

Cirebon,- Antisipasi pohon tumbang jelang musim penghujan, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (DPRKP) Kota Cirebon melakukan pemangkasan pohon. Upaya ini untuk meminimalisir terjadinya pohon...

Pesan Raisa untuk Wanita Indonesia

“Aku ingin membagikan arti kecantikan positif untuk membuat semua wanita bersinar, merasa kuat, dan mampu menggapai masa depan yang lebih bahagia.” -Raisa Andriana Empowerment  Semua wanita memiliki...

More Articles Like This