Pemda Kota Cirebon Keluarkan Surat Edaran Terkait Pelaksanaan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri

Cirebon,- Sehubungan dengan akan dilaksanakan rangkaian ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441 H, Pemerintah Daerah Kota Cirebon mengeluarkan surat edaran (SE) Wali Kota Cirebon.

Surat Edaran Wali Kota Cirebon nomor: 443/32-ADM.KESRA tentang Pelaksanaan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441 H di tengah Pandemi Wabah Virus Corona atau Covid-19 di Kota Cirebon.

Wali Kota Cirebon, Drs. Nashrudin Azis mengatakan hari ini Alhamdulillah kami Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kota Cirebon, bersama MUI, Kementerian Agama, dan At-Taqwa Center sudah sepakat bahwa Kota Cirebon mengeluarkan surat edaran tentang tata cara ibadah selama Ramadhan di Pandemi Covid-19.

BACA YUK:  Bupati dan Wali Kota Cirebon Lakukan Penandatanganan Kesepakatan Terkait Perbatasan

“Kami Pemerintah Kota Cirebon mengeluarkan surat edaran yang isinya sesuai dengan surat edaran yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia,” ujarnya usai Rapat Koordinasi yang berlangsung di Ruang Adipura, Balai Kota Cirebon, Rabu (22/4/2020).

Lanjut Azis, surat edaran ini akan disampaikan kepada seluruh DKM (Dewan Kemakmuran Masjid) masjid-masjid yang ada di Kota Cirebon, kemudian kami akan melakukan pemantauan secara langsung.

“Kami akan pantau, apakah surat edaran ini dilaksanakan atau tidak oleh DKM masjid-masjid yang ada di Kota Cirebon,” bebernya.

BACA YUK:  Wakil Wali Kota Cirebon Minta Memayu Cirebon Jadi Kebiasaan

“Bagi masjid-masjid yang tidak melaksanakan, tentunya Pemerintah Daerah dengan dinas terkait akan melakukan upaya pendekatan kepada DKM agar bisa melaksanakan surat edaran tersebut. Artinya, kami akan berbicara dari hati ke hati,” tambahnya.

Azis meyakini, jika surat edaran yang dikeluarkan oleh Kementrian Agama tersebut telah melalui pertimbangan yang sangat matang, baik dari sisi agama, kesehatan termasuk upaya pencegahan terhadap penyebaran Covid-19 di Indonesia.

“Intinya bukan untuk melarang beribadah. Beribadah harus tetap dilakukan, namun di rumah masing-masing. Saat ini, orang yang berkerumun sangat rentan terpapar Covid-19. Keputusan ini kami ambil, karena kami sayang dengan masyarakat Kota Cirebon,” ungkap Azis.

BACA YUK:  Mudahkan Nasabah, BPR Bank Cirebon Hadirkan Layanan Virtual Account

Selain meminta agar kegiatan ibadah seperti tarawih, tilawah dan buka puasa yang dilakukan di rumah, surat edaran Walikota Cirebon tersebut juga menyebutkan pelaksanaan sholat Idul Fitri. Sholat Idul Fitri yang lazimnya dilakukan berjamaah ditiadakan.

“Termasuk tarawih keliling, takbiran keliling juga ditiadakan. Kegiatan takbiran cukup dilakukan di masjid atau mushala dengan menggunakan pengeras suara,” pungkasnya. (AC212)

(Dilihat: 15 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.