Pemda Kota Cirebon Hadirkan Layanan SMS Blast untuk Informasi Bencana, Edukasi dan Imbauan

Cirebon,- Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon meluncurkan layanan penyebaran informasi melalui SMS Blast operator seluler. Pihaknya telah melakukan uji coba program tersebut pada bulan April 2023.

Kepala DKIS Kota Cirebon, Maruf Nuryasa mengatakan masyarakat Kota Cirebon akan diberikan informasi melalui layanan SMS Blast. Informasi yang diberikan, lanjut Maruf, bisa terkait kebencanaan maupun informasi yang lainnya.

“Jadi informasi SMS Blast ini tidak hanya menyebarkan informasi terkait bencana saja. Jadi kalau ada info-info yang penting untuk diketahui masyarakat bisa menggunakan layanan SMS Blast ini,” ujar Maruf kepada About Cirebon, Jumat (26/5/2023).

BACA YUK:  Bentuk Character Building, Jurnalis Cirebon Diberikan Bekal Kesiapsiagaan Bencana

Dinas Komunikasi Informatik dan Statistik, kata Maruf, menyediakan kanal untuk layanan SMS Blast ini. Seperti ada informasi gempa atau bencana banjir, kita memberikan imbauan kepada masyarakat.

“Layanan ini bisa untuk semua operator selular. Jadi sekali kirim SMS Blast bisa langsung sekian ribu nomor yang berada di Kota Cirebon,” katanya.

Pihaknya memastikan, mulai hari Senin 29 Mei 2023 layanan ini akan dimulai untuk memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Cirebon, Andi Wibowo mengatakan bahwa layanan SMS Blast ini tidak hanya untuk informasi peringatan bencana saja. Tetapi, lanjut Andi, layanan ini bisa juga untuk pencegahan dan edukasi.

BACA YUK:  75 PNS di Lingkungan Pemda Kota Cirebon Terima SK Pensiun dan Tanda Penghargaan

“Seperti sekarang ini kan musim kemarau, kita bisa himbau kepada masyarakat agar tidak membakar sampah, rerumputan daun-daun kering atau potensi yang mengakibatkan kebakaran melalui layanan SMS Blast ini,” ujarnya.

Melalui layanan SMS Blast ini, tambah Andi, bisa juga diberikan edukasi-edukasi yang berkaitan dengan jangan membuang sampah sembarangan, tidak di saluran.

“Yang berkaitan dengan kebencanaan banjir, ketika debit air sudah mulai tinggi, SMS Blast itu minimal 5 jam sebelumnya sudah kami berikan informasi. Contohnya seperti daerah Kota Cirebon menurut ramalan BMKG akan terjadi hujan lebat dan masyarakat untuk waspada dan mempersiapkan segala sesuatunya,” jelasnya.

BACA YUK:  Jalin Silaturahmi Dengan Jurnalis, Rupbasan Cirebon Gelar Media Gathering

“Jadi layanan SMS Blast ini juga lebih kepada himbauan dan edukasi. Kemudian informasi seperti masyarakat ingin mengadu bila ada bencana kemana sih line yang akan digunakan, nanti kita informasikan melalui layanan SMS Blast ini,” tandasnya. (HSY)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *