Pemda Kota Cirebon Gelar Sosialisasi Kerja Sama Daerah

Cirebon,- Pemerintah Daerah Kota Cirebon bersama Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Provinsi Jawa Barat menggelar Sosialisasi Kerja Sama Daerah dalam tata cara dan pemetaan potensi kerjasama di lingkungan Pemerintah Daerah Kota Cirebon, Selasa (6/9/2022). Kegiatan tersebut berlangsung di MD 7 Hotel, Jalan Siliwangi, Kota Cirebon.

Kegiatan Sosialisasi Kerja Sama Daerah ini, dalam rangka peningkatan, pemahaman dan berbagai terobosan dalam pelaksanaan kerja sama daerah.

Wali Kota Cirebon, Drs. Nashrudin Azis melalui Wakil Walikota Cirebon, Dra. Eti Herawati mengatakan perkembangan teknologi informasi yang masif telah mengubah banyak hal di dalam kehidupan masyarakat. Kebutuhan, lanjut Eti, semakin beragam dan tuntutan masyarakat akan pelayanan publik yang baik, cepat, dan efesien semakin meningkat.

“Atas hal itu, pemerintah daerah dituntut untuk memenuhi dan merespon kebutuhan serta tuntutan masyarakat. Di sisi lain, pemerintah daerah tidak bisa bekerja sendirian dengan segala perangkat daerahnya,” ujar Eti.

BACA YUK:  28 Pasangan di Kota Cirebon Ikuti Nikah Massal

Pemerintah daerah, kata Eti, seringkali dihadapkan pada keterbatasan dana, sumber daya manusia, teknologi, sarana, dan prasarana. Pemda yang paling berhasil dalam merespon perubahan adalah mereka yang melakukan langka inovatif, tidak bertidak biasa-biasa saja. Tapi, yang bergerak penuh kreativitas, membuat terobosan, berjejaring, dan berkolaborasi.

“Berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Pasal 363, disebutkan bahwa dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat, daerah dapat mengadakan kerja sama yang didasarkan pada pertimbangan efisiensi dan efektivitas pelayanan publik serta saling menguntungkan,” ungkap Eti.

Kerja sama tersebut, menurutnya, dapat dilakukan oleh pemerintah daerah dengan daerah lain, pemerintah daerah dengan pihak ketiga, serta pemerintah daerah dengan pemerintah daerah atau lembaga di luar negeri sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

BACA YUK:  Jadwal Film yang Tayang di CGV Cirebon

Berkaitan dengan hal dimaksud, kita semua dapat melihat bahwa kerja sama menjadi jawaban untuk mendukung fungsi-fungsi pemerintah daerah dalam meningkatkan pemberian pelayanan publik kepada masyarakat dan percepatan pembangunan daerah.

“Di sisi lain, hal ini juga dapat menjadi sarana untuk turut secara aktif dalam penyelenggaraan hubungan kerja sama yang memberikan manfaat bagi kedua belah pihak.

Dalam hal ini, yang telah kita praktikkan adalah kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan terkait perlindungan pegawai non ASN di lingkungan Pemerintah Daerah Kota Cirebon,” jelasnya.

BACA YUK:  Gelar NextDev 2022, Telkomsel Perkuat Fundamental Startup Digital di Tanah Air

“Manfaat dari kerja sama ini adalah berupa pemberian Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian bagi pegawai non ASN maupun keluarganya,” sambungnya.

Kota Cirebon memiliki banyak sekali potensi dan keunggulan di berbagai bidang namun belum dieksplorasi secara maksimal oleh para pemangku kepentingan, dalam hal ini para perangkat daerah. Secara umum, potensi dan keunggulan daerah dapat dimaksimalkan dengan cara melakukan kerja sama.

“Atas dasar itu, dengan adanya sosialisasi kerja sama daerah ini diharapkan para perangkat daerah dapat termotivasi untuk menggali potensi dan keunggulan sesuai bidang kerjanya dan memaksimalkannya melalui kerja sama daerah yang hasilnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan pemenuhan pelayanan publik, dan mempercepat program pembangunan di Kota Cirebon,” pungkasnya. (HSY)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *