Pemda Kota Cirebon Berikan Pelatihan dan Sertifikasi Pekerja Hotel dan Restoran

Cirebon,- Gandeng Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Cirebon menggelar pelatihan sertifikasi tenaga profesional.

Sebanyak 120 peserta dari 19 hotel dan restoran di Kota Cirebon mengikuti pelatihan sertifikasi yang diselenggarakan di Politeknik Pariwisata Prima Internasional, Jalan Perjuangan, Kota Cirebon. Pelatihan tersebut berlangsung selama tiga hari yang dimulai sejak 19-21 Mei 2022 dengan materi terkait skill, knowledge dan attitude.

Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Eti Herawati berharap dengan diadakannya pelatihan sertifikasi tenaga profesional pekerja hotel dan restoran di Kota Cirebon dapat meningkatkan kepercayaan wisatawan saat mengunjungi Kota Cirebon.

BACA YUK:  Jadwal SIM Moblie Drive Thru, Bulan Mei - Juni 2022

“Sertifikasi ini akan berpengaruh terhadap tingkat kepercayaan wisatawan saat mengunjungi destinasi wisata di Kota Cirebon. Kami harap, pekerja pariwisata lulus sertifikasi BNSP,” ujar Eti.

Pelayanan terbaik, kata Eti, dapat mempengaruhi kunjungan wisatawan di Kota Cirebon. Semakin baik pelayanan, kunjungan wisatawan di Kota Cirebon pun akan meningkat.

“Semoga dengan adanya sertifikasi ini berimplikasi pada kunjungan wisatawan yang meningkat,” ungkapnya.

Ke depan, kata Eti, seluruh pekerja di sektor pariwisata harus bersertifikasi. Agar citra Kota Cirebon di mata wisatawan semakin baik.

BACA YUK:  Siapa yang Mau, Sate Kejantanan Asli Babakan Gebang Kini Hadir di Kota Cirebon

“Yang bersentuhan langsung dengan pariwisata wajib bersertifikasi,” katanya.

Sementara itu, Kepala Disbudpar Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya mengungkapkan pelayanan terbaik, menjadi kewajiban bagi para pekerja hotel dan restoran. Karena, lanjut Agus, sektor jasa memberikan kontribusi terbesar.

“Kontribusi terbesar di sektor jasa, maka pekerjanya wajib upgrade kemampuannya,” kata Agus.

Pihaknya sudah meminta BNSP untuk mengadakan sertifikasi untuk tour guide. Sehingga nanti pekerja di sektor pariwisata di Kota Cirebon memiliki standar kompetensi.

“Kami sudah usulkan semua pekerja sektor pariwisata memiliki sertifikasi,” ungkapnya. (HSY)

BACA YUK:  Info Loker : The Coding Star
(Dilihat: 41 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.