Pemda Kabupaten Cirebon Lakukan Test Swab Massal di Pasar Sumber

Cirebon,- Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon kembali menjalani test massal Covid-19 menggunakan metode PCR (Polymerase Chain Reaction) atau swab.

Kali ini, sejumlah pedagang dan pengunjung di Pasar Sumber, Kabupaten Cirebon menjalani test Swab massal, Senin (18/5/2020) pagi.

Pemeriksaan tes massal Swab yang dilakukan di Pasar Sumber, Kabupaten Cirebon untuk mengukur tingkat kerawanan penularan Covid-19 dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Bupati Cirebon, Drs. Imron Rosyadi mengatakan pemeriksaan tes massal Swab di pasar untuk mengukur tingkat kerawanan di tempat-tempat keramaian ini, agar mengetahui sejauh mana ada yang terpapar (Covid-19) atau tidak.

“Jadi kami dari Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Cirebon mengadakan tes massal Swab di pasar ini untuk mengukur kerawanan di tempat ramai ini,” ujar Imron, Senin (18/5/2020).

BACA YUK:  Prakiraan Cuaca Kota Cirebon, 11 Mei 2022

“Kita akan melihat sejauh mana, apakah ada yang terpapar atau tidak, biar bisa langsung ditangani,” tambahnya.

Menurut Imron, pemeriksaan tes massal Covid-19 ini juga akan dilakukan di pasar-pasar yang lain untuk memutus mata rantai penyebar Covid-19, agar masyarakat pun mengetahui.

“Dengan menjemput bola ini, mungkin karena kesibukannya dan ketidak tahuannya, sehingga masyarakat mengetahui kalau kita mengadakan tes,” katanya.

Test massal Swab ini, kata Imron, diutamakan untuk para pedagang dan pengunjung pasar yang memiliki KTP Kabupaten Cirebon. Kegiatan akan terus berlanjut di beberapa titik lainnya seperti pasar dan juga check Point.

BACA YUK:  Korea - Indonesia MTCRC Lakukan Survei di Perairan Cirebon

“Nanti di chek point juga kita akan adakan tes. Supaya Kabupaten Cirebon cepat selesai (terbebas dari virus corona),” tandasnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Enny Suhaeni menjelaskan pemeriksaan tes massal Swab ini rencananya akan dilakukan di sembilan pasar di Kabupaten Cirebon.

“Untuk teknisnya pedagang, pengunjung dan memiliki KTP yang berdomisili di Kabupaten Cirebon,” ujarnya.

Menurut Enny, laporan pemeriksaan tes massal Swab ini dilakukan secara online, sehingga bila tidak memiliki KTP tidak bisa mengikuti pemeriksaan swab ini.

BACA YUK:  Info Loker : Shankara Cafe

“Oleh karena itu, yang diperiksa ini harus punya KTP, karena ini online dan harus di laporkan ke pusat,” ungkapnya.

Dalam pemeriksaan tes massal Swab ini, kata Enny, target 50 sampai 100 orang per hari di pasar. Pihaknya telah menyiapkan 1.000 Reagen di Kabupaten Cirebon.

“Per hari akan melakukan tes Swab sebanyak 50 sampai 100 orang. Kita punya 1.000 Reagen harus di habiskan,” katanya.

Kabupaten Cirebon, tambah Enny, target tes massal swab sebanyak 5000 reagen. Tapi baru yang disiapkan 1000 reagen yang harus dihabiskan. (AC212)l

(Dilihat: 9 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.