Pembukaan Festival Pesona Cirebon 2016 Dipadati Pengunjung

Cirebon, 31 Maret 2016,- Pembukaan Festival Pesona Cirebon 2016, Kamis malam (31/03/2016) di Gua Sunyaragi Jalan Brigjen Darsono By Pass Kota Cirebon dipadati pengunjung.

Festival ini resmi dibuka oleh Menteri Pariwisata RI Arief Yahya dan dihadiri Sultan Sepuh XIV Pra. Arief Natadiningrat, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Walikota Cirebon yang diwakilkan Sekda Kota Cirebon, Raja Sultan Nusantara, dan masyarakat umum.

Sultan Sepuh XIV Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat. SE, mengatakan dengan diadakannya Festival Pesona Cirebon 2016 bisa berdampak positif bagi perkembangan dunia pariwisata Indonesia. Untuk wisatawan yang ingin menikmati kesenian Cirebon bisa mengunjungi Goa Sunyaragi, setiap bulan sekali ada pertunjukan kesenian khas Cirebon.

BACA YUK:  DPUTR Kota Cirebon Targetkan Tahun 2023 Bebas Jalan Berlubang

“Pariwisata Cirebon sangat mendukung Wonderful Indonesia, mudah-mudahan Pariwisata Cirebon bisa berkontribusi positif bagi bangsa dan negara di mata dunia,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyampaikan atas pengembangan wisata di Cirebon yang bernilai tinggi dan merupakan keuntungan seerta pelestarian budaya bisa dinikmati khususnya warga Cirebon sendiri.

“Pemprov Jawa Barat selalu siap bekerja sama mengembangkan wisata Cirebon, khususnya, wisata peninggalan sejarah. Saya berpesan untuk kota dan kabupaten Cirebon untuk menata kota menjadi lebih baik lagi,” tambahnya.

BACA YUK:  Inspirasi dari Majalengka : Bisa Produksi Penny Farthing Era 1880-an

Selain itu, Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Arief Yahya mengemukakan, bahwa Kementrian Pariwisata (Kemenpar) mencari destinasi wisata unggulan Indonesia, Cirebon merupakan salah satunya.

Arief menambahkan, untuk bisa naik menjadi destinasi wisata unggulan ada 3 hal yang harus di perhatikan, pertama, Festival Pesona Cirebon menjadi agenda tahunan, kedua, Pemerinta kota dan kabupaten membuat agenda event yang konsisten, dan yang ketiga anak muda Cirebon promosikan wisata di media sosial, contohnya, dengan mewajibkan siswa mengupload foto destinasi wisata yang ada di Kota Cirebon.

“Untuk event festival selanjutnya, Kemenpar akan memberikan bintang tamu, dengan syarat, harus bisa di kombinasikan dengan musik tradisional Cirebon, dan ini merupakan cara paling tepat menaikkan Wisata Cirebon menjadi trending topik di mata dunia,” harapnya.

BACA YUK:  Abbott-Kemendikbudristek Bermitra untuk Tingkatkan Kesadaran Pentingnya Pengukuran Tumbuh-Kembang Anak demi Turunkan Stunting

Rangkaian acara pembukaan Festival Pesona Cirebon 2016 di meriahkan kesenian khas Cirebon. Diantaranya, Tari Rampak Topeng Panji, Angklung Bungko, Fashion show batik diiringi 9 penyanyi tembang pantura menyanyikan lagu Kota Cirebon, Tari Tangan Seribu, Rampak Topeng Kelana, Genjring Rudat dan Menyanyi bersama lagu Warung Pojok bersama Menteri Pariwisata dan undangan diiringi dengan kembang api. (AC212)

(Dilihat: 64 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.