Pembayaran Zakat Fitrah Boleh di Awal Ramadan Dan Tanpa Harus Bertatap Muka Saat Pandemi Covid-19

Cirebon,- Menjelang bulan suci Ramadan, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Cirebon bersama dengan Pemerintah Kota Cirebon, MUI dan Kemenag Kota Cirebon telah menentukan teknis pengumpulan zakat fitrah.

Dalam rapat koordinasi yang telah digelar beberapa waktu lalu, disepakati bahwa pengumpulan zakat fitrah harus sesuai dengan protokol pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Ketua Majelis Ulama Indonesia Kota Cirebon, KH. Solihin Uzer mengatakan kami telah sepakat teknis pengumpulan zakat fitrah tetap mengikuti protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 tanpa harus bertatap muka.

BACA YUK:  Jalin Silaturahmi, HIPMI Jawa Barat Gelar Driving Bersama dan Bincang Bisnis di Kota Cirebon

“Menurut syariat, pembayaran zakat fitrah boleh dikeluarkan sejak awal Ramadan dan pembayaran bisa diberikan tanpa harus bertatap muka,” ujarnya.

“Bahkan, bisa dititipkan atau dibayarkan bukan oleh muzaki sendiri,” tambahnya.

Seperti kondisi pelajar yang saat ini tengah belajar dirumah, menurutnya, dapat disalurkan melalui sistem kolektif di sekolah masing-masing.

“Namun kami berharap, pengumpulan zakat fitrah, masyarakat sudah mengumpulkan 7 hari sebelum idul Fitri,” harapnya.

Sementara, Ketua Baznas Kota Cirebon, M. Taufik menjelaskan bahwa Baznas Kota Cirebon sedang berupaya mencarikan cara agar masyarakat mudah berzakat di tengah kondisi seperti ini.

BACA YUK:  BIAN 2022, Dinkes Kabupaten Cirebon Targetkan 85 Ribu Anak

“Kami akan carikan solusinya bagi warga yang ingin berzakat, namun tetap mengikuti protokol kesehatan dan untuk Amil harus dipenuhi,” ujarnya.

Taufik menjelaskan, untuk besaran zakat fitrah tahun 1442 Hijriah atau tahun 2020 sudah ditetapkan.

“Tahun ini, besaran zakat fitrah ditetapkan sebesar 2,8 kilogram beras atau setara dengan Rp. 35 ribu jika dengan uang tunai,” pungkasnya. (AC212)

(Dilihat: 9 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.