Kamis, 28 Oktober 2021

Pembayaran Parkir Non Tunai di Kota Cirebon Gunakan QRIS

Populer

Nasabah BRI Cirebon Kartini Dapat Hadiah Mobil dari Panen Hadiah Simpedes

Cirebon,- Kantor Cabang Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cirebon Kartini menggelar undian Panen Hadiah Simpedea (PHS) periode pertama tahun 2021....

Satreskrim Polresta Cirebon Amankan Delapan Pelaku Penganiayaan

Cirebon,- Jajaran Satreskrim Polresta Cirebon mengamankan delapan pelaku penganiayaan. Peristiwa tersebut mengakibatkan seorang korban meninggal dunia dan dua korban...

Kecintaan Hariyani Prasetyaningtyas terhadap Dunia Perpustakaan Membuahkan Banyak Prestasi

Cirebon,- Kecintaan di bidang perpustakaan, dirasakan oleh Hariyani Prasetyaningtyas. Seorang librarian yang bekerja di BPK Penabur Cirebon sejak tahun...

BI Fast Payment Siap Diluncurkan, Biaya Transfer Antarbank Hanya Rp 2.500

Jakarta,- Pakai BI Fast Payment, transaksi antarbank untuk Rp 250 juta hanya dengan biaya Rp 2.500 per transaksi. Implementasi...

Inilah Tradisi Muludan Tiap Tahun Masyarakat Argasunya Kota Cirebon

Cirebon, — Ribuan santri dan warga ikut memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW di Pondok Pesantren Piderma, Sumur Loa, Kelurahan...

Cirebon,- Inovasi di era digital saat ini sangat dibutuhkan dalam berbagai aspek kehidupan. Sesuai dengan perkembangan zaman, tentunya inovasi ini akan mempermudah proses kerja menjadi lebih efektif, efisien dan bermanfaat secara luas bagi masyarakat.

Di era pandemi saat ini, inovasi yang sedang berkembang pesat adalah inovasi di bidang layanan Sistem Pembayaran sesuai dengan Blue Print Sistem Pembayaran 2025. Dengan mengutamakan keamanan dan kelancaran sistem pembayaran, khususnya secara non tunai melalui digitalisasi dan integrasi teknologi secara terbuka dengan berbagai pihak.

Mengenai hal tersebut, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Cirebon berkolaborasi dengan Dinas Perhubungan Kota Cirebon dan BJB Kota Cirebon meluncurkan pembayaran parkir non tunai menggunakan QRIS “QR Code Indonesian Standard).

Loading...

Pembayaran parkir non tunai menggunakan QRIS dimulai di Jalan Pagongan Kota Cirebon, yang tersebar di 11 titik dan 11 juru parkir.

BACA YUK:  Pemda Kota Cirebon Raih Penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya

Kepala Perwakilan BI Cirebon, Bakti Artanta mengatakan pembayaran parkir non tunai di Jalan Pagongan Kota Cirebon sudah berlaku efektif per tanggal 25 Agustus 2020.

“Dengan adanya inovasi ini dapat memperluas alternatif pembayaran bagi masyarakat melalui aplikasi Uang Elektronik yang selama ini terbiasa membayar parkir secara tunai,” ujarnya, Selasa (25/8/2020).

Bakti berharap, ke depan pembayaran parkir non tunai ini bisa juga meningkatkan pendapatan daerah dengan berbagai regulasi yang bisa ditetapkan.

“Pembayaran non tunai ini bisa meningkatkan PAD. Kami Bank Indonesia kedepan akan terus berkolaborasi dengan Pemda, khususnya di Kota Cirebon menuju smart city berbasis digital,” ungkapnya.

Bakti menjelaskan, tata cara pembayaran parkir non tunai ini, masyarakat cukup melakukan Scan QR Code yang ditawarkan oleh Juru Parkir (Jukir) di area Jalan Pagongan melalui aplikasi Uang Elektronik Server Based apapun.

BACA YUK:  Program Belajar Menanam Hidroponik untuk Anak-anak Sejak Dini

Setelah itu, masukan nominal pembayaran, dan apabila berhasil akan muncul di layar HP notifikasi pembayaran berhasil dilakukan, untuk kemudian notifikasi tersebut dapat ditunjukan Jukir sebagi bukti bahwa transaksi telah berhasil dilakukan.

Kepala Dishub Kota Cirebon, Yoyon Indrayana menyampaikan bahwa ini adalah inovasi luar biasa yang bisa kita buat khususnya di dalam transaksi penerimaan keuangan Pemda untuk mendorong digitalisasi di Kota Cirebon.

“Semoga dengan adanya transaksi non tunai parkir di badan jalan ini kedepan bisa juga mendorong regulasi terkait penerimaan daerah, khususnya parkir agar menjadi lebih optimal dan sangat cocok untuk era new normal atau adaptasi kebiasaan baru,” ujarnya.

Sebagai informasi, menurut Yoyon, inovasi parkir QRIS dengan bentuk lanyard juru parkir ini merupakan yang pertama kali diterapkan dan belum pernah diterapkan di wilayah lainnya.

“Ini baru pertama kali diterapkan dan belum ada di wilayah lain. Mari kita bersama-sama mendukung kota Cirebon menjadi Smart City yang berbasis digital,” katanya.

Sementara itu, BJB Kota Cirebon melalui Kepala Cabang, Budi Jamaludin mengungkapkan bahwa BJB akan terus berkomitmen untuk mendukung segala bentuk upaya inovasi dalam bidang jasa keuangan.

“Kami berkomitmen untuk terus mendukung segala bentuk upaya inovasi khususnya di bidang jasa keuangan berbasis digital sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat,” singkatnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Lantik Tujuh Kepala Sekolah, Walikota Cirebon Pesan Lakukan Manajemen Pendidikan

Cirebon,- Wali Kota Cirebon, Drs. Nashrudin Azis melantik tujuh Kepala Sekolah (Kepsek) tingkat Sekolah Dasar (SD) di Kota Cirebon....

Peringati Maulid Nabi, Masjid Al-Maksudhi Hadirkan Gus Miftah

Cirebon,- Masjid Al-Maksudhi yang berlokasi di Jalan Sultan Ageng Tirtayasa, Desa Kedungjaya, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon menggelar pengajian, Selasa (26/10/2021) malam. Kegiatan ini berkolaborasi...

DPW Partai Nasdem Jabar Calonkan Eti Herawati sebagai Wali Kota Cirebon 2024

Cirebon,- DPW Partai Nasdem Jawa Barat menargetkan meraih dua kursi DPR RI, dua kursi DPR Provinsi, tujuh kursi DPRD Kota Cirebon pada pemilu 2024....

Kawasan Industri di Kota Cirebon Hanya 49,09 Hektar, Perlu Rencana Induk Pembangunan Industri Kota

Cirebon,- Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (DKUKMPP) Kota Cirebon menggelar Forum Group Discussion (FGD) terkait rencana pembangunan industri di Kota Cirebon....

More Articles Like This