Jumat, 23 Oktober 2020

Pembayaran Parkir Non Tunai di Kota Cirebon Gunakan QRIS

Populer

Nakes RSD Gunung Jati Positif Covid-19, Ini Penjelasan Rumah Sakit

Cirebon,- Pihak Rumah Sakit Daerah (RSD) Gunung Jati Kota Cirebon memberikan penjelasan terkait penutupan sementara sejumlah pelayanan. Penutupan sementara untuk...

39 Nakes Positif Covid-19, Layanan di RSD Gunung Jati Tutup Selama 6 Hari

Cirebon,- Rumah Sakis Daerah (RSD) Gunung Jati Cirebon kembali menutup sementara pelayanan mulai tanggal 22 sampai 27 Oktober 2020. Sebelumnya,...

8 Petugas Positif Covid-19, RSD Gunung Jati Tutup Sementara Pelayanan

Cirebon,- Sehubungan dengan kegiatan pelacakan kontak erat para pegawai yang terpapar Covid-19, Rumah Sakit Daerah Gunung Jati (RSDGJ) Kota...

Walikota Cirebon Menolak Wacana Perubahan Provinsi Jawa Barat Menjadi Provinsi Sunda

Cirebon,- Wacana pergantian nama Provinsi Jawa Barat menjadi Provinsi Sunda mulai mencuat. Wacana tersebut muncul saat Kongres Sunda 2020...

Indonesia Fortuner Community Gelar Bakti Sosial di Objek Wisata Telaga Biru

Kuningan,- Indonesia Fortuner Community (IFC) menggelar bakti sosial dengan memberikan bantuan sembako untuk warga Desa Kaduela Kecamatan Pasawahan Kabupaten...

Cirebon,- Inovasi di era digital saat ini sangat dibutuhkan dalam berbagai aspek kehidupan. Sesuai dengan perkembangan zaman, tentunya inovasi ini akan mempermudah proses kerja menjadi lebih efektif, efisien dan bermanfaat secara luas bagi masyarakat.

Di era pandemi saat ini, inovasi yang sedang berkembang pesat adalah inovasi di bidang layanan Sistem Pembayaran sesuai dengan Blue Print Sistem Pembayaran 2025. Dengan mengutamakan keamanan dan kelancaran sistem pembayaran, khususnya secara non tunai melalui digitalisasi dan integrasi teknologi secara terbuka dengan berbagai pihak.

Mengenai hal tersebut, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Cirebon berkolaborasi dengan Dinas Perhubungan Kota Cirebon dan BJB Kota Cirebon meluncurkan pembayaran parkir non tunai menggunakan QRIS “QR Code Indonesian Standard).

Loading...
BACA YUK:  Batik Mande Praja Caruban sebagai Pakaian Dinas Harian di Lingkungan Pemkab Cirebon

Pembayaran parkir non tunai menggunakan QRIS dimulai di Jalan Pagongan Kota Cirebon, yang tersebar di 11 titik dan 11 juru parkir.

Kepala Perwakilan BI Cirebon, Bakti Artanta mengatakan pembayaran parkir non tunai di Jalan Pagongan Kota Cirebon sudah berlaku efektif per tanggal 25 Agustus 2020.

“Dengan adanya inovasi ini dapat memperluas alternatif pembayaran bagi masyarakat melalui aplikasi Uang Elektronik yang selama ini terbiasa membayar parkir secara tunai,” ujarnya, Selasa (25/8/2020).

Bakti berharap, ke depan pembayaran parkir non tunai ini bisa juga meningkatkan pendapatan daerah dengan berbagai regulasi yang bisa ditetapkan.

“Pembayaran non tunai ini bisa meningkatkan PAD. Kami Bank Indonesia kedepan akan terus berkolaborasi dengan Pemda, khususnya di Kota Cirebon menuju smart city berbasis digital,” ungkapnya.

Bakti menjelaskan, tata cara pembayaran parkir non tunai ini, masyarakat cukup melakukan Scan QR Code yang ditawarkan oleh Juru Parkir (Jukir) di area Jalan Pagongan melalui aplikasi Uang Elektronik Server Based apapun.

BACA YUK:  Bisa Menjadi Manfaat, Mengolah Limbah Plastik Menjadi Tali Rafia

Setelah itu, masukan nominal pembayaran, dan apabila berhasil akan muncul di layar HP notifikasi pembayaran berhasil dilakukan, untuk kemudian notifikasi tersebut dapat ditunjukan Jukir sebagi bukti bahwa transaksi telah berhasil dilakukan.

Kepala Dishub Kota Cirebon, Yoyon Indrayana menyampaikan bahwa ini adalah inovasi luar biasa yang bisa kita buat khususnya di dalam transaksi penerimaan keuangan Pemda untuk mendorong digitalisasi di Kota Cirebon.

“Semoga dengan adanya transaksi non tunai parkir di badan jalan ini kedepan bisa juga mendorong regulasi terkait penerimaan daerah, khususnya parkir agar menjadi lebih optimal dan sangat cocok untuk era new normal atau adaptasi kebiasaan baru,” ujarnya.

Sebagai informasi, menurut Yoyon, inovasi parkir QRIS dengan bentuk lanyard juru parkir ini merupakan yang pertama kali diterapkan dan belum pernah diterapkan di wilayah lainnya.

“Ini baru pertama kali diterapkan dan belum ada di wilayah lain. Mari kita bersama-sama mendukung kota Cirebon menjadi Smart City yang berbasis digital,” katanya.

Sementara itu, BJB Kota Cirebon melalui Kepala Cabang, Budi Jamaludin mengungkapkan bahwa BJB akan terus berkomitmen untuk mendukung segala bentuk upaya inovasi dalam bidang jasa keuangan.

BACA YUK:  Bupati Cirebon Sebut TNI Miliki Peran Besar di Kabupaten Cirebon

“Kami berkomitmen untuk terus mendukung segala bentuk upaya inovasi khususnya di bidang jasa keuangan berbasis digital sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat,” singkatnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

39 Nakes Positif Covid-19, Layanan di RSD Gunung Jati Tutup Selama 6 Hari

Cirebon,- Rumah Sakis Daerah (RSD) Gunung Jati Cirebon kembali menutup sementara pelayanan mulai tanggal 22 sampai 27 Oktober 2020. Sebelumnya,...

Kantor BRI Cabang Cirebon Kartini Gelar Undian Panen Hadiah Simpedes Secara Virtual⁣

⁣Cirebon,- Kantor Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Cirebon Kartini menggelar undian Panen Hadiah Simpedes (PHS) periode pertama tahun 2020 secara virtual, Kamis (22/10/2020).⁣ ⁣ Pengundian hadiah...

Siswa MANU Putra Buntet Cirebon Lolos Parlemen Remaja DPR RI

Cirebon,- Siswa kelas XII Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama (MANU) Putra Buntet Pesantren Cirebon, Alif Luqman Jayadi (18) lolos menjadi Parlemen Remaja DPR RI tahun...

LKP Mawar Sharon Gelar Pelatihan Tata Rias Pengantin ⁣⁣ ⁣⁣

Cirebon,- LKP Mawar Sharon menggelar Pelatihan Program Pendidikan Kecakapan Kerja Keterampilan Tata Rias Pengantin Sunda Puteri di Aula Cirebon Power . Rabu 21/10/2020.⁣⁣ ⁣⁣ Rebecca Gracia,...

More Articles Like This