Jumat, 23 Oktober 2020

Pembayaran Parkir Non Tunai di Jalan Pagongan Kota Cirebon Lebih Praktis

Populer

Nakes RSD Gunung Jati Positif Covid-19, Ini Penjelasan Rumah Sakit

Cirebon,- Pihak Rumah Sakit Daerah (RSD) Gunung Jati Kota Cirebon memberikan penjelasan terkait penutupan sementara sejumlah pelayanan. Penutupan sementara untuk...

39 Nakes Positif Covid-19, Layanan di RSD Gunung Jati Tutup Selama 6 Hari

Cirebon,- Rumah Sakis Daerah (RSD) Gunung Jati Cirebon kembali menutup sementara pelayanan mulai tanggal 22 sampai 27 Oktober 2020. Sebelumnya,...

8 Petugas Positif Covid-19, RSD Gunung Jati Tutup Sementara Pelayanan

Cirebon,- Sehubungan dengan kegiatan pelacakan kontak erat para pegawai yang terpapar Covid-19, Rumah Sakit Daerah Gunung Jati (RSDGJ) Kota...

Walikota Cirebon Menolak Wacana Perubahan Provinsi Jawa Barat Menjadi Provinsi Sunda

Cirebon,- Wacana pergantian nama Provinsi Jawa Barat menjadi Provinsi Sunda mulai mencuat. Wacana tersebut muncul saat Kongres Sunda 2020...

Indonesia Fortuner Community Gelar Bakti Sosial di Objek Wisata Telaga Biru

Kuningan,- Indonesia Fortuner Community (IFC) menggelar bakti sosial dengan memberikan bantuan sembako untuk warga Desa Kaduela Kecamatan Pasawahan Kabupaten...

Cirebon,- Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Cirebon bersama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) dan BJB Cabang Cirebon telah meluncurkan pembayaran parkir non tunai menggunakan QRIS (QR Code Indonesia Indonesian Standard) pada Selasa 25 Agustus 2020 kemarin.

Inovasi tersebut, digadang-gadang sebagai inovasi pertama yang belum ada di wilayah lainnya dan pertama di Kota Cirebon.

Sebagai awal atau Pilot Project, pembayaran parkir non tunai menggunakan QRIS tersebut baru diterapkan di Jalan Pagongan, Kota Cirebon. Ada 11 titik dan 11 juru parkir yang sudah diberikan pelatihan mengenai pembayaran non tunai.

Loading...

About Cirebon mencoba menelusuri Jalan Pagongan Kota Cirebon untuk melihat langsung bagaimana penerapan parkir non tunai tersebut. Kami melihat, petugas juru parkir sudah dilengkapi dengan rompi dan juga barcode QRIS yang dikalungkan di leher setiap juru parkir.

BACA YUK:  Musim Gadu, Harga Gabah Kering di Cirebon Alami Kenaikan

Bahkan, di setiap titik sudah terpasang papan pemberitahuan dan cara pembayaran non tunai menggunakan QRIS. Saat ingin membayar, juru parkir sempat menawarkan pembayaran non tunai, namun ada juga pengendara yang masih membayar secara tunai.

“Kalo mau pakai non tunai bisa pak, bisa pakai OVO, LinkAja, ShopeePay, GoPay, Dana, DigiCash, tinggal scan barcode” ujar Dadi, salah satu juru parkir di Jalan Pagongan sambil menunjukan barcode QRIS yang dikalungkan di lehernya, Kamis (27/8/2020).

Menurut Dadi, pembayaran parkir non tunai menggunakan QRIS baru diterapkan dua hari kemarin. Sehingga, masih banyak yang bayar dengan tunai dan juga belum banyak orang yang mengetahui pembayaran dengan non tunai tersebut.

“Masih banyak yang bayar tunai, tapi ada juga yang sudah bayar dengan non tunai. Ada 4 sampai 5 orang yang sudah bayar pakai non tunai,” ungkapnya.

BACA YUK:  Sejarah VCO, Tim Sepak Bola Zaman Kolonial Yang Bermarkas di Kota Cirebon

Dadi mengungkapkan bahwa pembayaran non tunai dirasa lebih praktis, namun yang menjadi kendala adalah proses pembayaran sedikit menghambat.

“Lebih praktis aja, tapi prosesnya agak lama kurang dari satu menit sih. Kendalanya bila sedang ada transaksi, terus ada motor yang lain keluar juga. Itu sih kesulitannya kalau ada kendaraan yang berbarengan keluar,” kata Dadi.

“Tapi pembayaran non tunai ini juga sangat membantu,” tandasnya.

Terpisah, Kepala KPw BI Cirebon, Bakti Artanta menjelaskan bahwa pembayaran non tunai di Jalan Pagongan merupakan pilot project yang bertujuan untuk merubah mindset dan lingkungan dari sisi juru parkir dan masyarakatnya.

“Ini sifatnya menjadi pilot project, kita tidak mau semua diterapkan non tunai tapi tidak berjalan. Kalau ini berhasil, kita bisa aplikasikan ke tempat lain,” ujarnya saat ditemui About Cirebon di kantornya, Kamis (27/8/2020).

Menurut Bakti, pengunaan uang kartal menjadi digital tidak mudah merubah mindset, tapi memang opportunity nya ada yaitu, masyarakat sudah banyak yang mempunyai handphone android dan sudah mempunyai aplikasi uang electronic server base.

“Sehingga, itulah opportunity yang kita ambil dan diharapkan nanti penerapannya lebih cepat. Minimal lingkungan sekitarnya tumbuh dan benar-benar bisa terlaksana pembayaran parkir non tunai,” ungkap Bakti.

Bakti menjelaskan pembayaran parkir non tunai menggunakan QRIS di Jalan Pagongan akan terus di evaluasi setiap minggunya untuk melihat perkembangan di lapangan.

BACA YUK:  Siswa MANU Putra Buntet Cirebon Lolos Parlemen Remaja DPR RI

Selain itu, tambah Bakti, setelah pembayaran parkir non tunai berjalan, kedepan akan menggarap pembayaran Kir dengan Dinas Perhubungan.

“Karena kita melihat, dengan non tunai itu transparan, akuntabel dan diharapkan semuanya bisa tercatat dengan baik dan potensi pendapatan Pemerintah Kota bisa meningkat,” tandasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

39 Nakes Positif Covid-19, Layanan di RSD Gunung Jati Tutup Selama 6 Hari

Cirebon,- Rumah Sakis Daerah (RSD) Gunung Jati Cirebon kembali menutup sementara pelayanan mulai tanggal 22 sampai 27 Oktober 2020. Sebelumnya,...

Kantor BRI Cabang Cirebon Kartini Gelar Undian Panen Hadiah Simpedes Secara Virtual⁣

⁣Cirebon,- Kantor Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Cirebon Kartini menggelar undian Panen Hadiah Simpedes (PHS) periode pertama tahun 2020 secara virtual, Kamis (22/10/2020).⁣ ⁣ Pengundian hadiah...

Siswa MANU Putra Buntet Cirebon Lolos Parlemen Remaja DPR RI

Cirebon,- Siswa kelas XII Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama (MANU) Putra Buntet Pesantren Cirebon, Alif Luqman Jayadi (18) lolos menjadi Parlemen Remaja DPR RI tahun...

LKP Mawar Sharon Gelar Pelatihan Tata Rias Pengantin ⁣⁣ ⁣⁣

Cirebon,- LKP Mawar Sharon menggelar Pelatihan Program Pendidikan Kecakapan Kerja Keterampilan Tata Rias Pengantin Sunda Puteri di Aula Cirebon Power . Rabu 21/10/2020.⁣⁣ ⁣⁣ Rebecca Gracia,...

More Articles Like This