Pelaku Pengoplosan Gas Elpiji di Cirebon Kembali Diamankan

Cirebon,- Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Cirebon Kota berhasil mengamankan pelaku pengoplosan gas elpiji dari tabung 3kg ke tabung 12kg. Pelaku berinisial KD berhasil diamankan di rumahnya di daerah Mundu Pesisir pada Kamis 8 September 2022.

Kapolres Cirebon Kota, AKBP Fahri Siregar mengatakan berdasarkan informasi dari masyarakat, Satreskrim Polres Cirebon Kota melakukan penyelidikan dan akhirnya diketahui KD telah menyalahgunakan niaga bersubsidi.

“Barang bukti yang kita temukan yaitu 31 tabung gas yang terdiri dari tabung gas ukuran 3kg, tabung gas 12kg berwarna merah muda. Serta barang bukti lainnya yang digunakan tersangka untuk memindahkan isi tabung gas 3kg ke tabung gas 12kg, termasuk kendaraan untuk mengangkut gas,” ujar Fahri.

BACA YUK:  Terima Aspirasi Warga, Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon: Akan Ditindaklanjuti

Menurut Fahri, modus operandi yang dilakukan tersangka ini, membeli tabung gas 3kg dengan harga Rp. 19 ribu. Setelah itu, elpiji 3kg dipindahkan isinya ke tabung gas ukuran 12kg.

“Untuk mengisi tabung gas 12kg, membutuhkan 4,5 tabung gas elpiji 3kg. Tersangka menjual elpiji 12kg kepada masyarakat di wilayah kota dan kabupaten Cirebon dengan harga Rp. 215.000,-,” bebernya.

“Setelah kita hitung dan berdasarkan pengakuan tersangka, mendapatkan keuntungan sebesar Rp. 129.500 dari setiap penjualan satu gas elpiji 12kg,” sambungnya.

BACA YUK:  6 Rekomendasi Barbershop di Cirebon yang Dapat Membuat Tampilanmu Makin Oke

Berdasarkan pengakuan tersangka, tambah Fahri, tersangka sudah melakukan perbuatan tersebut sejak Januari 2022. Setiap bulannya, tersangka bisa menjual sebanyak 15 tabung gas elpiji 12kg.

“Setelah kita kalkulasi selama 8 bulan, tersangka mendapatkan keuntungan sekitar Rp. 15 juta,” katanya.

Kepada tersangka dikenakan pasal 55 Undang-undang Nomor 22 Tahun 21 tentang Minyak dan Gas Bumi sebagaimana telah diubah pasal 40 UU Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja, dengan ancaman pidana penjara paling lama 6 tahun dan denda Rp. 6 Milyar. (HSY)

BACA YUK:  Kepengurusan Baznas Kota Cirebon Periode 2022 - 2027 Resmi Dilantik, Ini Susunannya
(Dilihat: 28 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.