Peduli Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan, Rumah Zakat Cirebon Resmikan Toilet Bersih

Cirebon,- Sebagai bentuk kepedulian terhadap sanitasi, Rumah Zakat Cirebon meresmikan toilet bersih di RW 10 Kanoman Utara, Kelurahan Pekalipan, Kota Cirebon, Kamis (26/8/2021). Program bertajuk Toska (Toilet Sehat Keluarga) ini merupakan salahsatu program yang diinisiasi oleh Rumah Zakat pusat yang diimplementasikan oleh cabang Cirebon.

“Program ini sudah cukup lama diadakan, karena kami sangat peduli terhadap kesehatan dan lingkungan yang bersih dan nyaman,” ungkap Kepala Cabang Rumah Zakat Cirebon, Iman Hardiman.

Di bulan Agustus ini, Rumah Zakat mengimplementasikan program Toska di RW 10 Kanoman Utara Kelurahan Pekalipan Kecamatan Pekalipan Kota Cirebon, yang juga merupakan lokasi P2WKSS Kota Cirebon tahun 2021. Sebelumnya, Rumah Zakat Cirebon telah melakukan Program Toska ini di RW 10 Kelurahan Kesenden, RW 11 Kelurahan Kesenden, dan RW 17 Kriyan Barat.

BACA YUK:  Diantar Istri dan Anak, Agung Supirno Kembali Daftar Bacaleg Kota Cirebon

“Implementasi Program Toska berupa renovasi fasilitas jamban umum dengan tujuan untuk membantu masyarakat menyediakan fasilitas sanitasi yang bersih dan sehat,” tambahnya.

Iman mengaku, proses pengerjaan berlangsung selama 2 pekan secara pararel di 2 titik yang terdiri dari 4 ruang wc. Dan tepat pada hari ini, Rumah Zakat melakukan acara penyerahan kepada masyarakat dan juga aparat setempat yaitu RW.

“Untuk selanjutnya semoga toilet ini bisa dipelihara dan dijaga kebersihannya serta bisa dimanfaatkan dengan baik,” harapnya.

Acara penyerahan dihadiri oleh Camat Pekalipan, dinas sosial, Lurah Pekalipan, RW, dan tim dari Rumah Zakat. Dalam kesempatan tersebut, RW setempat, Yeti menyampaikan sambutannya sekaligus ucapan terimakasih kepada tim Rumah Zakat.

BACA YUK:  Jendral Pol (Purn) Da’i Bachtiar Gelar Ulang Tahun Ke-73

“Alhamdulillah terimakasih banyak atas bantuannya, sekarang fasilitas sanitasinya jadi bersih dan sehat,” tuturnya

Di lokasi tersebut pihak Rumah Zakat berkontribusi pula dengan diadakannya kegiatan bank sampah dan rumah literasi. (AC560)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *