Pastikan Bebas Formalin, DPPKP Kota Cirebon Periksa Keamanan Pangan Jelang Lebaran

Cirebon,- Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Dinas Pangan Pertanian Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Kota Cirebon melakukan pemeriksaan keamanan pangan di sejumlah pasar dan supermarket di Kota Cirebon.

Melalui tim bidang konsumsi dan keamanan pangan, DPPKP mengambil beberapa sampel makanan yang dijual di Pasar Kanoman Kota Cirebon, Selasa (19/5/2020).

Pengambilan beberapa sampel makanan di sejumlah pasar dan supermarket tersebut untuk memastikan bahwa makanan yang dijual bebas dari formalin.

Sekretaris DPPKP Kota Cirebon, Indriawati mengatakan pemeriksaan pangan ini dilakukan rutin setiap bulan, namun untuk saat ini khusus untuk menjelang hari raya idul Fitri.

BACA YUK:  Keunggulan Paxel Bisa Kirim Paket Sehari Sampai, Paxel Kini Hadir di Kuningan

“Kegiatan ini rutin setiap bulan, apalagi saat ini menjelang lebaran. Sehingga pemeriksaan sample makanan di pasar dan supermarket ini bertujuan untuk keamanan konsumsi masyarakat,” ujarnya saat ditemui About Cirebon di Pasar Kanoman, Selasa (19/5/2020).

Dalam pemeriksaan makanan, pihaknya hanya mengambil beberapa sample makanan yang saat ini banyak dikonsumsi pada bulan puasa dan jelang lebaran

“Kami mengambil sample makanan kolang kaling, kurma, yang memang konsumsinya sangat tinggi. Kemudian cabai merah konsumsi untuk lebaran,” ungkapnya.

Untuk kolang kaling dan kurma, lanjut Indriawati, pihaknya memeriksa apakah ada kandungan formalin atau tidak untuk bahan pengawet.

BACA YUK:  DPRD Kota Cirebon Minta Pemkot Tertibkan Bangunan Tidak Berizin

“Sedangkan untuk cabai merah kita periksa pestisidanya,” terangnya.

Dari hasil pemeriksaan pangan yang dilakukan di Pasar Kanoman Cirebon, pihaknya tidak menemukan bahan formalin di kolang kaling dan kurma.

“Alhamdulillah, tadi pemeriksaan terhadap kolang kaling dan kurma, semuanya tidak mengandung formalin. Insyaallah, dari hasil yang kita periksa aman dikonsumsi,” tandasnya. (AC212)

(Dilihat: 10 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.