PAPDI Cabang Cirebon Gelar Symposium on Internal Medicine

Cirebon,- Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) Cabang Cirebon menyelenggarakan kegiatan Cirebon Symposium on Internal Medicine (CSIM) 2024.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 24 dan 25 Februari 2024 di ASTON Cirebon Hotel & Convention Center. CSIM merupakan kegiatan rutin tahunan PAPDI cabang Cirebon yang bertujuan untuk memperkaya ilmu pengetahuan terbaru bagi dokter spesialis dan dokter umum terutama dalam bidang penyakit dalam.

Ketua PAPDI Cabang Cirebon dr. Sutiadi Kusuma, Sp.PD-KHOM, FINASIM mengatakan, tema CSIM yang diangkat pada tahun ini adalah ”Current Update on Internal Medicine with Interprofessional Collaboration” yang menengahkan materi-materi terkait optimalisasi layanan kesehatan di bidang ilmu penyakit dalam dan berkolaborasi dengan bidang-bidang lain yang terkait.

BACA YUK:  Jelang Lebaran 2024, Penjualan Emas di Toko Mas Pantes Meningkat

“Perlunya kolaborasi interprofesional dalam penanganan di berbagai tingkat layanan kesehatan, kerap kali dibutuhkan untuk luaran pasien yang lebih optimal sehingga capaian kualitas hidup pasien dapat diraih dengan baik,” katanya, Sabtu (24/2/2024).

Ia melanjutkan, CSIM dilaksanakan secara offline, yang dihadiri oleh pakar – pakar Ilmu Penyakit Dalam, Profesor dan Subspesialis Penyakit Dalam serta dokter Spesialis Gizi Klinik, Spesialis Anestesi dan Mikrobiologi Klinik, yang akan membahas secara komprehensif terkait masalah kesehatan sehari – hari.

“Seminar ini diikuti oleh sebanyak 325 orang dokter baik dokter umum maupun dokter spesialis di wilayah Ciayumajakuning. Dalam seminar tersebut total pembicara kurang lebih 29 orang, berasal baik dari Cirebon maupun dari Bandung, Jakarta dan bahkan ada yang dari Jogjakarta,” terangnya.

BACA YUK:  Kampanye Terbuka di Kota Cirebon, Ganjar Bicara Internet Gratis dan KTP Sakti

Seminar ini juga dilengkapi dengan dua workshop yang menarik, dengan tema krisis hiperglikemia dan transfusi darah, yang sangat penting bagi dokter yang bekerja di Rumah Sakit, Klinik dan Puskesmas.

Selain itu, dalam seminar juga diadakan sejumlah agenda diantaranya dinner dan diskusi bersama PB PAPDI dan Pelantikan Pengurus PAPDI Cirebon.

PAPDI cabang Cirebon akan selalu berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan pasien-pasien terutama area Ciayumajakuning, dengan cara memperluas ilmu pengetahuan terbaru dengan mengadakan acara seminar CSIM dan acara – acara lain yang bermanfaat.

BACA YUK:  Ini Jenis Surat Suara yang Akan Dilakukan PSU di 5 TPS Kota Cirebon

“Harapan kami adalah meningkatkan wawasan keilmuan bagi kita semua tidak hanya para dokter spesialis penyakit dalam tapi juga teman-teman sejawat yang berada di pelayanan tingkat pertama, seperti di Puskesmas atau di pelayanan-pelayanan praktek pribadi. Karena dibutuhkan deteksi dini dari berbagai kondisi penyakit di bidang penyakit dalam, dengan demikian akan memberikan tata laksana yang lebih segera dan tepat sehingga tentu akan memberikan kualitas kesehatan yang lebih baik,” pungkasnya. (*)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *