Pantau Harga Jelang Ramadan, BI Cirebon dan Tim TPID Sidak Pasar

0
31

Cirebon,- Salah satu upaya pengendalian harga komoditas pangan menjelang Ramadan 1439 H, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Cirebon bersama anggota Tim Pemantauan dan Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) melaksanakan sidak pasar dan gudang di Kota Cirebon, Jumat (11/5/2018).

Kepala KPw BI Cirebon, Abdul Majid Ikram mengatakan ini adalah upaya kami, Bank Indonesia dan Pemerintah Kota Cirebon, serta instansi terkait yang tergabung dalam TPID telah memantau harga komoditas pangan, termasuk ketersediaan pasokannya.

Aston Hotel

“Hari ini kami sudah memantau beberapa lokasi, terutama stok pangan di beberapa grosir,” ujarnya.

Lanjut dia, bahwa ketersediaan pangan baik gula, beras, minyak goreng, terigu, maupun telur telah cukup dan harga relatif stabil.

“Kami harapkan kondisi seperti ini terus terjaga dan kami akan terus memantau. Bila ada pasar-pasar yang mengalami kesulitan pasokan, kami akan menghubungi grosir untuk memenuhi kebutuhan,” ungkapnya.

Selain melakukan sidak, KPw BI Cirebon dan TPID akan mengadakan beberapa kegiatan, salah satunya minggu kemarin sudah mengadakan kegiatan pasar murah yang digabung dengan bazar UMKM.

“Minggu depan akan mengadakan kembali kegiatan pasar murah di Perumnas depan Masjid Nurul Huda selama dua hari, tanggal 15 dan 16 Mei 2018,” bebernya.

Pasar murah, kata Majid, bertujuan untuk memberikan alternatif kepada masyarakat, bahwa ada beberapa komoditas yang harganya relatif bersaing lebih murah dibanding dengan harga di pasar.

“Pada kegiatan pasar murah menjual diharag produsen. Kami akan tetapkan harga yang lebih kompetitif dibandingkan harga di pasar,” jelasnya.

Sementara itu, Ir. Yoyon Indrayana, selaku Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Cirebon menambahkan dari hasil pantauan dipasar ternyata para pedagang sudah mengantisipasi, bahwa di minggu kedua dan ketiga akan terjadi kenaikan.

“Dengan informasi ini akan menjadi bahan bagi Pemerintah Daerah untuk turut serta mengantisipasi hal itu,” ujarnya.

Terpopuler

Mungkin, kata dia, direncanakan pada minggu kedua dan ketiga Ramadan, kami bisa melakukan operasi pasar untuk menekan harga-harga di pasaran. (AC212)