Minggu, 17 Oktober 2021

Paguyuban Perajin dan Pengusaha Batik Cirebon Resmi Dikukuhkan

Populer

750 Tanaman Bonsai Nasional Dipamerkan di Cirebon

Cirebon,- Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Cirebon menggelar Pameran Bonsai Nasional dan Exibisi Adenium hingga 12 Oktober 2021....

Selama Pandemi COVID-19, Pecinta Bonsai di Tanah Air Meningkat 40 Persen

Cirebon,- Selama Pandemi COVID-19 banyak masyarakat memiliki waktu luang untuk beraktivitas dan menyalurkan hobi. Seperti halnya pecinta tanaman hias...

Kirab Merah Putih dari Balai Kota Cirebon Menuju Astana Gunung Jati

Cirebon,- Kirab Merah Putih dalam rangka HUT ke-76 TNI, membawa bendera pusaka dari Balai Kota Cirebon menuju Astana Gunung...

Tiga Atlet Asal Kota Cirebon Raih Medali di PON XX Papua

Cirebon,- Sebanyak 17 atlet asal Kota Cirebon memperkuat kontingen Jawa Barat dalam PON XX 2021 Papua. Dari 17 atlet...

Bangun Bisnis Industri Rumahan, Pasangan Suami Istri Ini Raup Omset Ratusan Juta Rupiah

Cirebon,- Pandemi COVID-19 sangat berpengaruh terhadap penjualan para pelaku bisnis hingga UMKM. Namun, pandemi ini tidak berpengaruh terhadap usaha...

Cirebon,- Paguyuban Perajin dan Pengusaha Batik Cirebon (P3BC) resmi didirikan dan diresmikan oleh Asosiasi Perajin dan Pengusaha Batik Indonesia (APPBI).

Pengukuhan dan pelantikan Pengurus P3BC berlangsung di Kambas Table EB Batik Tradisional Cirebon Jalan Panembahan Utara No. 1, Kabupaten Cirebon, Jumat (18/12/2020).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Ketua Umum Yayasan Batik Jawa Barat (YBJB) Sendy Yusuf, Ketua Umum APPBI Dr. H. Komarudin Kudiya, S.Ip., M.Ds, Kepala Disperdagin Kabupaten Cirebon, Deni Agustin dan juga perwakilan Bank Indonesia Cirebon, serta para kepala desa.

Loading...

Pelantikan P3BC ini merupakan yang pertama untuk masa bakti 2020-2025, sebagai Ketua Umum P3BC periode tersebut dipimpin oleh H. Heri Kismo, S.T dan Wakil Ketua Hisyam Suleiman, S.E.

Ketua P3BC, H. Heri Kismo mengatakan didirikannya Paguyuban Perajin dan Pengusaha Batik Cirebon ini sebagai wadah untuk bersinergi, berkolaborasi, dan berbagi dengan pusat, provinsi maupun di daerah.

BACA YUK:  Kapal Riset Perkuat Perencanaan di Perairan Cirebon

“Hari ini, hari bersejarah buat Cirebon, karena mempunyai Paguyuban P3BC yang dipersiapkan hanya tiga Minggu,” ujar Heri kepada About Cirebon, Jumat (18/12/2020).

Anggota P3BC, menurut Heri, berasal dari desa yang memiliki perajin batik. Disini ada 9 desa, yaitu Panembahan, Trusmi Kulon, Trusmi Wetan, Kaliwulu, Kalitengah, Kalibaru, Wotgali, Gamel dan Ciwaringin.

“Ciwaringin yang paling jauh, jadi ada 4 kecamatan yang tergabung di P3BC, Kecamatan Ciwaringin, Kecamatan Weru, Kecamatan Plered, dan Kecamatan Tengah Tani,” ungkapnya.

Di Pengurusan P3BC, kata Heri, mayoritas 50 persen adalah anak-anak muda yang berusia 30 tahun. Mereka anak-anak yang mau mengurus paguyuban ini.

“Di tengah Pandemi ini, mereka (anak-anak muda) yang paling semangat. Hanya 3 minggu mengurus, dan sampai saat ini akte nya sudah jadi berkat bimbingan Ketua APPBI,” kata Heri.

BACA YUK:  wLy Store, Pilihan Jasa Top Up All Game Terbaik dan Aman

“Paguyuban ini gabungan dari senior-senior kami yang mengerti batik dari kakek-kakek kami yang masih aktif sampai saat ini,” tambahnya.

Heri menghimbau kepada anggota P3BC, untuk bekerja sama atau berkolaborasi. Setiap showroom yang ada disini, kata Heri, harus saling bekerja sama.

Kemudian bersinergi, karena sudah menjadi paguyuban, makan kita kuat di Cirebon ada P3BC, di Jawa Barat kuat ada YBJB, dan kita kuat di Indonesia ada APPBI.

“Kita juga kuat di dunia, jangan takut karena Unesco sudah menetapkan Batik sebagai warisan budaya asli Indonesia,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Umum YBJB, Sendy Yusuf mengapresiasi yang sangat luar biasa dengan diresmikannya Paguyuban Perajin dan Pengusaha Batik Cirebon.

“Alhamdulillah sekarang sudah ada pengurus yang baru dilantik regenerasi baik dari organisasi maupun perajin dan pengusahanya yang sangat kekinian yang sudah mengikuti kemajuan jaman dan melek teknologi,” ujar Sendy.

Menurut Sendy, di seluruh Jawa Barat yang merupakan sentra batik terbesar yaitu di Cirebon, khususnya di Kabupaten Cirebon.

“Wadah ini saya harap kedepannya bisa menjadikan sharing informasi, bertukar pengalaman yang positif tentunya,” harap Sendy.

Apalagi, kata Sendy, anggota Paguyuban ini sudah banyak yang melek informasi di dunia digital. Oleh karena itu, hal seperti ini harus kita tularkan kepada perajin batik lainnya.

Selain itu, Kepala Disperdagin Kabupaten Cirebon, Deni Agustin mengatakan hadirnya P3BC merupakan langkah yang sangat strategis untuk pengembangan batik Cirebon kedepan.

BACA YUK:  BSI dan DMI Jalin Kerja Sama untuk Optimalkan Peran Masjid di Tengah Masyarakat

“Karena Batik Cirebon adalah sentra batik terbesar di Jawa Barat. Saya yakin kedepan sentra batik terbesar di Jawa Barat ini bisa menjadi sentra batik terbesar secara nasional,” ujar Deni. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

2 Kota Sekaligus! FIFGroup Fest Beri Kejuatan Promo di Samarinda dan Balikpapan

Samarinda,- FIFGROUP FEST kembali hadirkan event promo pertamanya di bulan Oktober dengan menyambangi 2 kota sekaligus, yaitu Kota Samarinda...

Musyawarah Nasional IMA Tetapkan Suparno Djasmin Sebagai President IMA Periode 2021-2023

Jakarta,- Seiring dengan berakhirnya masa bakti kepengurusan Indonesia Marketing Association (IMA) periode 2019-2021, presidium IMA menggelar Musyawarah Nasional (Munas) 2021. Munas yang diselenggarakan tiap...

Tingkatkan Moderasi Beragama, Puslitbang Bimas Agama Kementerian Agama RI Gelar Halaqah Nasional di Cirebon

Cirebon,- Puslitbang Bimas Agama Kementerian Agama (Kemenag) RI bekerja sama dengan Yayasan Lentera Muda Indonesia dan GP Ansor Kabupaten Cirebon menggelar Halaqah Nasional, Deklarasi,...

Warga RW 04 Surapandan Keluhkan Infrastruktur ke Wakil Ketua DPRD

Cirebon,- Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon, M. Handarujati Kalamullah S.Sos melakukan kegiatan reses di RW 04 Surapandan, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Jumat (15/10/2021). Kegiatan reses...

More Articles Like This