Pagelaran Sendragentala Lestarikan Budaya dan Sejarah Cirebon

Cirebon, 15 Oktober 2016,- Masih dalam rangkaian Hari Jadi Kota Cirebon yang ke-647, Lembaga Kebudayaan Cirebon (LKC) menggelar acara Sendragentala yang digelar di Alun-Alun Kejaksan, Jalan Siliwangi, Kota Cirebon, Jumat malam (14/10/2016).

Jafarudin, anggota DPRD Kota Cirebon mengatakan, kami bersama LKC menyemarakkan hari ulang tahun Cirebon yang ke-647 dengan menggelar Sendragentala Seni Drama Gending Tari dan Lagu dengan mengambil tema Fatahillah.

Mengambil tema Fatahillah karena masih ada kaitannya dengan Cirebon bahwa Fatahillah memegang peranan penting dalam kemerdekaan Sunda Kelapa yang berhasil direbut dari Portugis dengan dukungan Sunan Gunung Jati.

BACA YUK:  Info Loker : RS. Sumber Kasih

“Ini menjadi wacana dan gambaran untuk kita semua bahwa perjuangan-perjuangan dari Fatahillah kemudian Sunan Gunung Jati beserta hulubalangnya menumpas Portugis sehingga Sunda Kelapa bisa direbut Fatahillah,” ujarnya.

Jafarudin memerankan menjadi Adipati Keling, yang merupakan sosok pembantu dari Sunan Gunung Jati yang diperintahkan untuk mengawal Fatahillah dalam peperangan dengan Portugis.

 

Pagelaran Sendragentala ini merupakan yang keempat kali digelar dan diikuti empat anggota DPRD Kota Cirebon, seniman Cirebon dan melibatkan siswa dan siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) Kota Cirebon.

BACA YUK:  Nyemil Ciki Sudah Bosen? Yuk Jajan Telor Gulung

“Dengan pagelaran ini harapan kita semua selain melestarikan kebudayan, sejarah yang mejadi sejarang penting bagi Cirebon dan Jayakarta pada waktu itu sekaligus ini menjadi simbol bagaimana kita melaksanakan kegiatan-kegiatan kedepan tidak lepas dari sejarah yang ada di Kota Cirebon, sehingga anak cucu kita paham betul sejarah-sejarah yang ada di Cirebon dan dapat dimengerti,” pungkasnya. (AC212)

(Dilihat: 28 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.