Owner Martabak Legit Group : Modal Utama Berbisnis Kuliner, Kemauan, Niat yang Kuat, dan Memiliki Dasar Berwirausaha

Cirebon,- H. E. Muharam merupakan seorang pengusaha yang memiliki usaha di bidang kuliner dengan brand Martabak Legit Group. Martabak Legit Group merupakan martabak ternama asli Bandung. Berkat kegigihannya, kini Martabak Legit Group telah berkembang pesat hingga memiliki 121 gerai yang tersebar di berbagai kota.

Menurut H. E. Muharam, dalam membangun usaha di bidang kuliner tentu tidak mudah baginya. Berawal dari bekerja dengan ayah dan pamannya di tahun 1994 berjualan martabak, beliau bekerja dengan tekun sehingga mampu menabung dari upah hasil kerjanya dan mulai berjualan secara independent dari hasil tabungan tersebut.

Di balik kesuksesannya, beliau melewati lika-liku perjalanan bisnis yang begitu luar biasa. Akan tetapi karena keinginan yang sangat besar untuk berwirausaha, tidak membuat beliau putus asa untuk terus bertekad membangun dan mengembangkan usahanya tersebut. Tak lupa berkat kerja sama dengan sang istri, yang memiliki latar belakang manajemen yang baik.

Martabak Legit Group

Dengan kerja sama tersebut, merupakan tambahan power bagi beliau dalam keberhasilan membangun usahanya, yaitu Martabak Legit Group yang mulai memiliki manajemen di tahun 2010. Modal utama untuk berbisnis kuliner, menurutnya adalah kemauan dan niat yang kuat, serta memiliki dasar untuk berwirausaha.

BACA YUK:  Wali Kota Cirebon Serahkan Langsung Bantuan untuk Kabupaten Cianjur

“Modal pertama untuk memulai bisnis kuliner menurut saya, selain harus ada kemauan untuk berbisnis, harus ada kemauan untuk belajar hingga memiliki dasar untuk berwirausaha. Dari dasar tersebutlah, kita pasti mampu mengembangkan usaha yang sedang kita jalani dan tekuni,” ujar Muharam.

Dalam berbisnis, kata Muharam, pasti ada rintangan sulit yang harus dihadapi. Namun terkadang para pelaku bisnis yang baru merintis rasa ingin menyerah kerap kali muncul, tetapi baginya keinginan untuk menyerah bahkan tidak pernah terlintas dalam benaknya.

Martabak Legit Group

“Lika-liku proses untuk berbisnis pasti ada saja yang sangat sulit untuk dihadapi, tetapi saya menanamkan mindset yang kuat dalam diri saya, bahwa saya tidak akan mudah berputus asa untuk mengembangkan usaha martabak ini. Karena saya yakin bahwa saya dapat membesarkan usaha yang memang sudah turun temurun dari keluarga akan tetapi belum bisa menjadi besar. Maka dari itu saya yakin, bahwa saya yang akan membesarkannya,” ungkapnya.

BACA YUK:  Jadwal Pemadaman Listrik di ULP Cirebon Kota, 7 Desember 2022

H. E. Muharam (Owner Martabak Legit Group) juga memberikan tips untuk menjalani bisnis yang sedang ditekuni.

“Tips dari saya untuk rekan-rekan yang ingin berbisnis, bulatkan tekad anda untuk berwirausaha, terus kembangkan kemampuan dasar berwirausaha anda, konsistensi harus dijaga, perkuat do’a dan jangan lupa untu membantu sesama terutama untuk anak-anak yatim. Sisihkan pendapatan dari bisnis anda untuk zakat menyantuni anak yatim, insya Allah usaha akan dilancarkan dan dilimpahi keberkahan,” katanya.

Martabak Legit Group

“Jika usaha mulai berkembang, sebagai owner kita harus mampu untuk terus support karyawan, motivasi karyawan. Berikan jenjang karir, agar kinerja karyawan terus berkembang hingga maksimal,” tandasnya. (*)

BACA YUK:  Pemda Kota Cirebon Laksanakan Kick Off Meeting RKPD Tahun 2024

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *