OPINI : Membangkitkan Semangat Juang Generasi Bangsa Brantas Gerakan Separatis KKB

Pemuda adalah aset sebuah bangsa yang tak ternilai harganya kemajuan suatu bangsa dan negara tergantung pada para pemudanya karena mereka merupakan Agent of Change (agen perubahan). Dibalik semua perkembangan selalu ada pemuda yang memelopori dan mengikuti pergantian peradaban. Justru sejarah mencatat bahwa dalam perkembangan peradaban dunia telah membuktikan peran pemuda sebagai pelaku lahirnya peradaban baru. Namun, pemuda Indonesia saat ini telah banyak yang kehilangan jati diri mereka terutama dalam hal wawasan kebangsaan dan patriotisme atau cinta tanah air. Kehilangan jati diri tersebut berdampak pada perilaku pemuda saat ini. Pemuda cenderung menjadi nakal dan tidak mengikuti norma sehari – hari yang ada.

Sungguh sangat disayangkan para pemuda di jaman sekarang ini mengikuti pergaulan yang tidak seharusnya dilakukan oleh seorang pemuda,Persatuan dan kesatuan yang tertuang dalam pancasila maupun UUD 1945 hanya sebatas dongeng biasa. Lihatlah, banyak kasus di negara Indonesia yang sudah jelas mengancam persatuan dan kesatuan salah satunya yaitu kasus KKB yaitu Kelompok Kriminal Bersenjata di Papua yang katanya kelompok yang ingin melepaskan diri dari NKRI , yang katanya membela tanah papua,membela masyarakat papua tapi kenyataan nya mereka dengan bangga nya membunuh anak dari kepala suku lalu kalian bisa membayangkan dimana sisi membela nya ,kalau mereka membunuh saudaranya sendiri, banyak korban yang berjatuhan dimulai dari seorang karyawan Palapa Timur Telematika ( PPT) yang bernama Nelson satu satunya yang selamat dari pemantaian KBB Papua yang menewaskan 8 orang rekan kerja nya dengan cara membabi buta dan banyak Prajurit yang gugur ditangan KKB dan berita terbaru seorang prajurit TNI dan istri nya sebagai seorang Bidan dibantai oleh orang tak dikenal di Papua bahkan kedua anaknya jarinya dipotong begitu saja. Sungguh gerakan ini termasuk gerakan yang separatis yaitu suatu gerakan yang bertujuan untuk mendapatkan kedaulatan dan memisahkan kelompok manusia atau suatu wilayah dari suatu wilayah yang sebelumnya bersatu (utuh).

BACA YUK:  OPINI : Agent of Change

Munculnya ide separatisme bisa memicu terjadinya sebuah disintegrasi bangsa yaitu membuat bangsa Indonesia terpecah-belah, tidak bersatu padu dan mengakibatkan munculnya berbagai konflik yang mengancam keutuhan Negara Republik Indonesia (NKRI). Dan akankah cerita seperti G3OS PKI akan terulang kembali,dengan kejadian ini tentu akan menjadi sejarah Indonesia, kekejaman dan brutal nya KKB tidak akan lenyap,meskipun suatu saat akan terselesaikan oleh TNI/Polri, sejarah akan tercatat betapa bengis dan kejamnya mereka, para pembela yang gugur juga menjadi nama pahlawan di negara ini, dan tentu nya Nelson sebagai saksi hidup akan terkenang didalam cerita nya. Kekejaman KKB sudah sangat meresahkan bagi Bangsa Indonesia terutama pada daerah Papua dan sekitarnya, banyak warga yang mulai merasa khawatir didaerah yang rawan akan kekejaman dan kekerasan KKB. Anggota kepolisan dan TNI mulai mecari dalang dibalik Kelompok Kriminal Bersenjata tersebut.

BACA YUK:  OPINI : Millenial Cerdas, Cinta Pancasila

Para pemuda seharusnya tidak tinggal diam melihat saudara dan sesama kita saling berperang,saling membenci bahkan saling membunuh, bahkan sudah banyak korban jiwa atas gerakan separatis tersebut. Pemuda adalah generasi penerus bangsa. Masa depan suatu bangsa ada di tangan pemuda. Bangsa Indonesia memiliki cita-cita untuk menjadi negara besar, kuat, disegani dan dihormati keberadaannya serta tidak mudah goyah oleh negara lain. Pemuda menjadi suatu harapan bangsa yang nantinya akan meneruskan cita-cita luhur segenap bangsa Indonesia dan melindungi tanah air Indonesia.

Pemuda adalah generasi emas , generasi penerus bangsa yang pada periode tersebut adalah sangat produktif, sangat berharga dan sangat bernilai, sehingga perlu dikelola dan dimanfaatkan dengan baik agar berkualitas menjadi insan yang berkarakter, insan yang cerdas, dan insan yang kompetitif. Dan jangan sampai generasi muda kita terjerumus dalam lubang kemaksiatan,yang bisa meruntuhkan moral dan nilai-nilai kebangsaan, sehingga bisa menghancurkan bangsa Indonesia.

Pemuda pada jaman sekarang,hanya mengikuti apa yang mereka inginkan dan tidak lagi memperdulikan lingkungan sekitarnya dengan pergaulan-pergaulan bebas yang bahkan dapat merusak masa depan nya sendiri seperti tawuran, mabok-mabokan dan yang lain nya yang seharusnya tidak patut dilakukan oleh seorang pemuda.Bagaimana bisa kita membangun bangsa Indonesia jika para Pemuda nya hanya mengikuti ego nya sendiri tidak ada semangat untuk maju dan mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia yang sudah menjadi cita-cita dari zaman dahulu. Para pemuda harus menumbuhkan rasa kesatuan dan persatuan di dalam diri masing-masing dan tentu nya untuk memberantas gerakan-gerakan separatis atau gerakan menyimpang dan tidak sesuai dengan pancasila dan UUD 1945 yang ada di Indonesia.

BACA YUK:  Opini : The Next Generation of Youth

Para pemuda seharusnya menjaga dan menegakkan kesatuan dan persatuan yang sudah dibangun dengan susah payah oleh pahlawan kita terdahulu, tumbuhkan rasa semangat juang generasi bangsa demi kemajuan bangsa Indonesia yang cermalang dan berbudi pekerti luhur, Para pemuda juga harus dibekali ilmu yang bisa menerapkan nilai-nilai luhur karakter bangsa indonesia. Diantaranya integritas, jujur, berani, mandiri, disiplin, keadilan dan kasih sayang dan tentu nya harus ada pelatihan militer atau pelatihan bela tanah air agar para pemuda mencintai tanah air Indonesia tercinta ini dan mengikuti organisasi dalam rangka bela negara untuk melatih mental pemuda bangsa. Jadilah pemuda yang berintegritas tinggi tanpa melupakan jati dirinya.

Penulis : Egina Bumiarti, Mahasiswi_IAIN Syekh Nurjati Cirebon

 

(Dilihat: 207 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.