OPINI : Media Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Macromedia Flash 8 Berbasis Dekstop di SDIT Al Imam Kuningan

Pendahuluan
Di era globalisasi saat ini, bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa internasional yang sering digunakan dalam berkomunikasi. Penguasaan terhadap bahasa Inggris menjadi penting mengingat saat ini pengaruh globalisasi semakin berkembang di segala bidang, mulai dari bidang teknologi, prndidikan, perdagangan, bisnis, ekonomi, dan lain sebagainya.

Dengan perkembangan tersebut, semakin meningkatkan pula adanya persaingan. Untuk bisa menghadapi persaingan yang cukup kuat ini maka dibutuhkan kemampuan yang handal, salah satunya di bidang penguasaan bahasa Inggris.

Penguasaan ini diperlukan agar mampu bersaing dengan Negara lain di segala bidang.Mengacu pada hal tersebut, sistem pendidikan pun mulai melakukan penyesuaian dimana pengajaran Bahasa Inggris menjadi hal yang harus diberlakukan semenjak dini. Bahasa Inggris mulai diajarkan kepada anak – anak semenjak Sekolah Dasar dimana pada fase ini anak-anak akan mempelajari hal-hal dasar dari suatu bidang ilmu.

Di Sekolah Dasar (SD), dimana penelitian ini dilakukan, pembelajaran Bahasa Inggris lebih sering diberikan dengan menggunakan metode konvensional yaitu ceramah. Sistem pembelajaran konvensional ini dirasa kurang efektif dan membuat siswa menjadi kurang mengerti. Hal tersebut disebabkan karakteristik anak-anak yang masih imajinatif, sehingga perlu dikombinasikan dengan gambar ataupun gambar bergerak (animasi) dalam penyampaian materi sehingga pemahaman mereka terkait materi yang dibahas menjadi lebih mudah diserap.

Anak-anak memiliki sensitivitas terhadap hubungan antara kata dan konsep. Anak-anak akan mudah memahami suatu kata ketika mereka memiliki konsep yang jelas akan kata tersebut. Konsep yang dipahami oleh anak – anak dapat berupa gambar atau suara. Dengan melihat suatu gambar, anak-anak akan memiliki sebuah image tentang apa kata tersebut dan dengan mendengarkan suara, anak-anak akan memahami bagaimana kata tersebut diucapkan. Selain itu, pembelajaran bahasa dengan menggunakan gambar memberikan kontribusi penting terhadap perkembangan bahasa pada anak – anak.

Dalam konteks pembelajaran bahasa Inggris, ketika anak-anak mempelajari bahasa Inggris, kemampuan kosakata anak-anak akan lebih berkembang ketika mereka dihadapkan pada sesuatu yang bisa mereka pahami secara visual, dalam hal ini berupa gambar akan objek yang nyata bisa mereka lihat.Bahasa Inggris sangat penting untuk dikenalkan kepada anak sejak dini.

Namun kebijakan pembelajaran Bahasa Inggris sebagai mata pelajaran muatan lokal di sekolah dasar belum diiukuti dengan usaha yang maksimal baik dari pihak pemerintah maupun sekolah, terutama guru untuk memaksimalkan pembelajaran. Guru hanya mengandalkan metode ceramah sehingga membuat siswa menjadi kurang tertarik untuk mengikuti materi pembelajaran bahasa inggris.

BACA YUK:  Opini : The Next Generation of Youth

Melihat permasalahan ini maka dibutuhkan sebuah media pembelajaran interaktif. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat aplikasi media interaktif pengenalan bahasa inggris untuk membantu guru agar pembelajaran menjadi lebih efektif dan menyenangkan sehingga siswa mendadi lebih tertarik untuk mengikuti proses pembelajaran bahasa inggris. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Macmomedia Flash 8.

Pembahasan
Dalam proses pembelajaran siswa kelas III SDIT Al Imam Kuningan masih berpusat pada metode teacher oriented yaitu proses pembelajaran yang berpusat pada guru. Sedangkan guru belum menggunakan media pembelajaran interaktif, media yang digunakan masih bersifat konvensional. Hal ini menjadikan peserta didik kurang antusias dan merasa bosan dengan proses pembelajaran yang berlangsung, karena bersifat monoton.

Sedangkan kita sekarang hidup di jaman dimana semua mengandalkan kecanggihan teknologi. Selain pengaruh negatif, kemajuan teknologi juga memiliki pengaruh positif terutama dalam bidang pendidikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang menarik, dan mampu mengembangkan kemampuan peserta didik secara maksimal. Sarana dan prasarana yang terdapat pembelaaran yang cukup memadai, adanya laptop, proyektor, dan speaker aktif. Inilah yang menjadi potensi untuk memanfaatkan fasilitas yang ada, peserta didik membutuhkan media pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan untuk menunjang proses pembelajaran yang lebih efektif.

Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif “Bahasa Inggris” tepat untuk dilaksanakan sesuai kebutuhan peserta didik dalam mata pelajaran Bahasa Inggris khususnya dalam meningkatkan kosakata (vocabulary).

Software yang digunakan untuk pembuatan media pembelajaran Bahasa Inggris yaitu aplikasi Macromedia Flash 8 yang kemuadian akan di Ekport agar dapat menjadi aplikasi desktop yang dapat digunakan di Personal Computer (PC).

Dalam konsep desain yang diterapkan dalam aplikasi media pembelajaran ini menggunakan konsep pewarnaan yang sederhana. Sehingga dengan menggunakan perwarnaan yang sederhana, penyesuaian antara teks materi dan desain menjadi mudah untuk disajikan. selain untuk text mudah dibaca pemilihan warna yang sederhana ini juga memudahkan dalam penempatan setiap objek yang diperlukan.

BACA YUK:  Turunkan Angka Stunting, Tim Pendamping Keluarga Diturunkan

Bentuk media pembelajaran berbasis dekstop ini dirancang menggunakan aplikasi Macromedia Flash 8 dalam format flash movie (*.swf) yang dapat diinstal dan dijalankan pada Personal Computer (PC). Media ini diharapakan dapat memberikan kemudahan dalam mempelajari Bahasa Inggris khusunya dalam meningkatkan kosakata (vocabulary).

Di dalam Metode Macromedia Flash 8 ini berisikan materi mengenai jenis kegiatan sehari- hari, macam-macam wana dasar, nama-nama profesi dan evaluasi/kuis untuk peserta didik, sejauh mana media pembelajaran ini dapat memberikan pengaruh kepada peserta didik dari pada tanpa menggunakan media pembelajaran. Media pembelajaran ini dikembangkan menggunakan software Macromedia Flash 8. Untuk media pembelajaran ini peneliti membuat dengan format Flash Movie (*.swf) yang mana aplikasi ini ditujukan sebagai aplikasi dekstop. Media pembelajaran bahasa arab ini dapat dioperasikan secara offline atau tanpa internet.

Dikutip dari halaman Dwi Ady Wijaya (2000), Macromedia Flash adalah sebuah program software yang berfungsi untuk membuat animasi dua dimensi yang sangat handal dibandingkan dengan program lain. Kelebihannya ialah ukuran file hasil animasi yang kecil. Macromedia flash tidak hanya digunakan untuk membuat animasi melainkan juga digunakan membuat menu interaktif, dan membuat presentasi software.

Dikutip dari halaman sialif, keunggulan dan kekurangan Macromedia Flash 8.
A. Kelebihan macromedia flash 8, yaitu :
1. Merupakan teknologi animasi web yang paling populer saat ini sehingga banyak didukung oleh berbagai pihak.
2. Ukuran file yang kecil dengan kualitas yang baik.
3. Kebutuhan hardware yang tidak tinggi.
4. Dapat membuat website, cd-interaktif, animasi web, animasi kartun, kartu elektronik, iklan TV, banner di web, presentasi interaksi, permainan, aplikasi web dan handphone.
5. Dapat ditampilkan di berbagai media seperti Web, CD-ROM, VCD, DVD, Televisi, Handphone dan PDA.
B. Kekurangan macromedia flash 8, yaitu :
1. Tidaklah dengan mudah bisa digunakan terutama bagi pada pemula.
2. Aplikasi macromedia flash 8 bukanlah aplikasi gratis melainkan aplikasi berbayar yang membutuhkan lisensi.
3. Untuk menginstall aplikasi macromedia flash 8 diharuskan komputer/laptop memiliki aplikasi flash terlebih dulu.

Uji Coba Produk
Pada tahap ini, produk diuji cobakan kepada murid kelas III (tiga) SDIT Al Imam Kuningan didalam ruang kelas. Produk diujicobakan terhadap 25 peserta didik dengan durasi 45 menit. Dalam proses uji coba, peneliti membagikan lembar jawaban kepada peserta didik untuk menjawab latihan soal yang ada pada media yang ditampilkan di proyektor guna mengetahui tingkat pemahaman peserta didik akan materi yang disampaikan menggunakan media interaktif.

BACA YUK:  Sandiaga Uno Perkenalkan Sedotan Ramah Lingkungan di Forum PBB

Pengerjaan soal latihan seharusnya dilakukan langsung pada laptop/personal computer masing-masing peserta didik, akan tetapi dikarenakan keterbatasan alat yang dibutuhkan, maka jawaban peserta didik dituliskan pada kertas yang kemudian dikoreksi. Dari hasil skor yang diperoleh peserta didik dalam menjawab soal kuis, dinyatakan bahwa rata-rata peserta didik mampu menguasai materi yang diberikan melalui media interaktif yang telah peneliti kembangkan.

Kesimpulan
Dari hasil kajian diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa para siswa akan menjadi lebih baik dalam pembelajaran jika didukung oleh produk yang berupa hardware dan software. Seperti yang telah dilakukan oleh peneliti di SDIT Al Imam Kuningan, yang mana para siswa menjadi lebih baik dan semangat dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Dari yang tadinya para siswa kurang semangat dalam pembelajaran Bahasa Inggris, karena pembelajaran yang monoton dan kurangnya keterlibatan siswa didalam kelas, menjadi lebih baik karena adanya media pembelejaran yang membantu para guru dalam melakukan pembelejaran dan siswa menjadi lebih semangat karena didalam media pembelajran ini terdapat gambar yang membantu para siswa dalam memahami pelajaran Bahasa Inggris dan kelas menjadi lebih hidup dikarenakan siswa dilbatkan saat dilakukannya kegiatan pembelajaran

Referensi
Asnawir dan Basyiruddin. Media Pembelajaran, Jakarta : Ciputat Pers, 2002.
Daryanto, Media Pembelajaran. Yogyakarta : Java Media, 2010.
Natalia S. A. M. K. D, Setiawan Ketut. Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Berbasis Android Untuk Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Nawala Visual. 2020.
Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2009.
Saifuddin, Anwar, Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D), Bandung : ALFABETA, 2015.
Pengertian Macromedia Flash, https://catatansialik.wordpress.com/2012/08/16/pengertian-macromediaflash-8/ (diakses juni 2022)
Pengertian Media Pembelajaran, https://www.zonareferensi.com/pengertianmedia-pembelajaran/ (diakses mei 2022)
Pengertian Pembelajaran, https://www.zonareferensi.com/pengertianpembelajaran/ (diakses mei 2022)

 

Penulis : Fovi Sriyuliawati
Universitas Islam Al Ihya Kuningan

(Dilihat: 40 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.