OPINI : Line Sebagai Sarana Komunikasi Antarpribadi oleh Teman

Pada saat ini, manusia di seluruh dunia termasuk Indonesia telah dimanjakan oleh adanya perkembangan teknologi komunikasi. Perlahan tetapi pasti kini teknologi komunikasi telah merubah sebuah peradaban yang ada, dari mulai kehidupan sosial, masyarakat, politik bahkan sampai pada ekonomi, Hal ini tentu saja tidak terlepas dari adanya perkembangan teknologi dan komunikasi. Seiring dengan berkembangnya zaman, teknologi komunikasi semakin berkembang dan menjadi bagian dalam kehidupan manusia.

Teknologi komunikasi yang berkembang memudahkan individu untuk senantiasa berinteraksi dengan orang lain. Meskipun di tempat tertentu seseorang berada di tempat yang jauh, tetapi dengan media komunikasi yang dimilikinya, individu dapat dengan mudah berinteraksi dengan siapapun yang dinginkannya. komunikasi antarpribadi merupakan komunikasi antara orang-orang secara tatap muka, yang memungkinkan setiap individunya menangkap reaksi individu lain secara langsung, baik verbal maupun nonverbal. Karakteristik kehidupan sosial manusia mewajibkan setiap individu untuk membangun sebuah relasi dengan yang lain, sehingga akan terjalin sebuah ikatan perasaan yang bersifat timbal balik.

BACA YUK:  Ribuan Masyarakat Hadiri Cirebon Bersholawat dan Haul Syekh Syarif Hidayatullah

Media elektronik telah mengubah kehidupan masyarakat secara radikal, masyarakat menjadi bergantung pada teknologi yang menggunakan media dan ketertiban sosial suatu masyarakat didasarkan pada kemampuannya untuk menghadapi teknologi tersebut. Media secara umum bertindak secara langsung dalam membentuk dan mengorganisasikan sebuah budaya. Ini merupakan Teori Ekologi Media (Media Ecology Theory) McLuhan. Pada teori ini, khalayak dianggap memiliki kemampuan yang aktif, yang mengharuskan semua orang untuk menyesuaikan diri terhadap perkembangan teknologi.

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi komunikasi, media mempunyai peran penting dalam perubahan pola pikir bahkan tingkah laku pada masyarakat. Namun pada era perkembangan teknologi komunikasi saat ini manusia lebih tertarik menggunakan media baru yaitu media sosial, saat ini manusia lebih banyak menggunakan media sosial sebagai alat berkomunikasi jarak jauh sebagai media komunikasi, karena kecepatan yang dimiliki media sosial ini, dimana manusia dapat berkomunikasi tanpa bertatap muka atau bertemu secara langsung, dengan menggunakan media sosial kita dapat langsung mendapatkan informasi terkini dengan cepat dan dapat bertukar informasi dengan orang yang berada jauh di belahan dunia.

BACA YUK:  Toko Roti Asal Korea Selatan Tous Les Jours Cafe Hadir di Cirebon dan Banyak Promonya

Handphone merupakan salah satu contoh kemajuan teknologi komunikasi. Handphone mampu memunculkan berbagai macam inovasi dan perbedaan dari tahun ketahun. Fungsi handphone saat ini tidak hanya sebagai mmedia komunikasi telepon dan SMS, namun dapat juga digunakan untuk melakukan berbagai hal seperti untuk foto, video call, mengakses internet dan juga terdapat aplikasi dan fitur-fitur yang memudahkan untuk berkomunikasi dengan teman.

Teknologi komunikasi dewasa ini telah mengalami pengingkatan yang terus bertumbuh. Salah satu teknologi komunikasi yang sedang menjadi trend saat ini adalah aplikasi LINE. Aplikasi LINE merupakan suatu aplikasi instant messenger yang dapat menjadi suatu media untuk berkomunikasi antarpribadi. Penggunaaan aplikasi LINE oleh sesama teman telah menjadi suatu bagian dalam keseharian dalam lingkungan sehari-hari. Bagi kaum milenial dan generasi z, LINE merupakan salah satu alternatif sebagai media atau alat komunikasi yang banyak digunakan oleh teman-teman karena memudahkan untuk berkomunikasi.

BACA YUK:  Bersama JNE, UMKM Cirebon Bongkar Strategi Jitu Bangun Bisnis di Kanal Digital

Aplikasi LINE dapat kita gunakan untuk berbagi berita, bertukar pikiran, mendiskusikan berbagai informasi perkuliahan atau pekerjaan atau hanya untuk sekedar  bercanda dengan teman. Dengan aplikasi LINE komunikasi sesama teman menjadi semakin terhubung dengan teman lainnya sehingga komunikasi  antarpribadi oleh teman dapat semakin berkembang. LINE memiliki pengaruh yang positif dan memiliki hubungan yang kuat terhadap komunikasi antarpribadi. Aplikasi instant messenger (LINE) dapat digunakan untuk melakukan berbagai tujuan komunikasi antarpribadi yang memiliki suatu pengaruh pada komunikasi antarpribadi individu.

Oleh karena itu, penggunaan aplikasi instant messenger (LINE) harus digunakan sebaik-baiknya dalam menciptakan maupun memelihara komunikasi antarpribadi oleh teman. (*)

 

Penulis : Addin Tazkia Riziq, Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten

 

(Dilihat: 46 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.