Objek Wisata Keraton Kasepuhan Cirebon Tutup Sementara Selama Tiga Hari, Sabtu Buka Kembali

Cirebon,- Objek wisata Keraton Kasepuhan Cirebon ditutup sementara selama tiga hari yakni Rabu sampai Jumat (22-24 Juli 2020).

Hal tersebut untuk menghormati wafatnya Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan Cirebon, PRA. Arief Natadiningrat yang meninggal dunia pada Rabu (22/7) di Rumah Sakit Sentosa Bandung.

Baca yuk: Kabar Duka, Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan Cirebon Meninggal Dunia

Direktur Badan Pengelola Keraton Kasepuhan (BPKK) Cirebon, Ratu Alexandra Wuryaningrat mengatakan untuk sementara objek wisata Keraton Kasepuhan Cirebon ditutup untuk pengunjung selama tiga hari, yakni Rabu, Kamis, dan Jumat.

BACA YUK:  Koalisi Jurnalis Cirebon Suarakan Kebebasan Pers dan Perlindungan Terhadap Jurnalis

“Karena berita Sultan Sepuh wafat itu kemarin pagi, otomatis kita tutup untuk menghormati wafatnya Gusti Sultan Sepuh XIV,” ujarnya saat ditemui About Cirebon di Keraton Kasepuhan Cirebon, Kamis (23/7/2020).

“Kami keluarga bersepakat, objek wisata Keraton Kasepuhan Cirebon tutup sampai tiga hari. Hari Sabtu 25 Juli 2020 sudah dibuka kembali untuk wisatawan,” tambahnya.

Menurut Ratu Alexandra, dengan adanya berita wafatnya Sultan Sepuh XIV jangan sampai wisatawan berhenti dan mereka banyak yang penasaran dengan kondisi Keraton Kasepuhan saat ini.

BACA YUK:  Pantau GT Palimanan, Kapolda Jabar Pastikan Arus Balik Berjalan Lancar

“Kita juga tidak menutup kemungkinan untuk tetap berjalan seperti biasa, tapi kita menghormati sampai tiga hari ini tutup untuk wisatawan,” bebernya.

“Insyaallah, Sabtu bisa buka kembali untuk wisatawan,” imbuhnya.

Selain itu, Ratu Alexandra mengingat pesan Sultan Sepuh sebelum wafat, bahwa beliau ingin keraton tetap lestari, terutama cagar budaya harus tetap dijaga dan dirawat agar tetap terjaga kelestariannya.

“Jangan sampai keraton hilang pamor dan wisatawan harus diberikan pelayanan yang baik, terutama untuk wisatawan dalam menjaga kelestarian. Itu sih inti pesan Sultan sebelum wafat,” pungkasnya. (AC212)

BACA YUK:  Prakiraan Cuaca Kota Cirebon, 23 April 2022
(Dilihat: 59 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.