Kamis, 21 Januari 2021

November 2020, Kota Cirebon Alami Inflasi Sebesar 0,33 Persen

Populer

Obyek Wisata Baru Tenjo Layar Kuningan Segera Dibuka⁣⁣

⁣Kuningan, - Obyek dan Daya Tarik Wisata Alam (ODTWA) Tenjo Layar merupakan salah satu obyek wisata baru di Kuningan...

Sensasi Makan Durian Montong Petik Langsung dari Pohon di Kopi Montong

Cirebon,- Berada di ketinggian 150 meter di atas permukaan laut (MDPL), agrowisata durian Kopi Montong yang berlokasi di Sindang...

Inilah Tempat Wisata Kuliner di Talun Kabupaten Cirebon dengan Suasana Persawahan ⁣

Cirebon,- Kawasan Jalan Ir. Soekarno, Desa Kecomberan dan desa Sarwadadi Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon kini sudah menjadi tempat tujuan...

Dapur Kampung Kuliner Tawarkan Menu Enak Tapi Murah, Spesial Lele Bakar Kacang

Cirebon,- Berbicara tentang kuliner memang tidak ada habisnya. Apalagi Cirebon menjadi salah satu Kota dengan beraneka ragam kuliner. Banyak rumah...

Produk Kecantikan KF Skin Cosmetics Berikan Apresiasi Kepada Member

Cirebon,- KF Skin Cosmetics TR Team Jawa Barat menggelar acara yang bertajuk Awarding Night atau malam penghargaan bagi para...

Cirebon,- Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada November 2020 Kota Cirebon mengalami inflasi sebesar 0,33 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 102,84 persen.

Dari 7 kota pantauan IHK di Provinsi Jawa Barat, tercatat semua kota mengalami inflasi. Inflasi tertinggi terjadi di Kota Sukabumi sebesar 0,35 persen dan inflasi terendah terjadi di Kota Bandung sebesar 0,26 persen.

Joni Kasmuri, Kepala BPS Kota Cirebon mengatakan inflasi terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukan oleh naiknya sebagian besar indeks kelompok pengeluaran.

Loading...

Sebaliknya, deflasi terjadi karena adanya penurunan harga yang ditunjukan oleh turunnya sebagian besar indeks kelompok pengeluaran.

BACA YUK:  Tekan Penyebaran Covid-19 Selama PPKM, Ini yang Dilakukan Polresta Cirebon

“Dari sebelas kelompok pengeluaran, lima kelompok pengeluaran mengalami inflasi, empat kelompok pengeluaran mengalami deflasi, dan dua kelompok pengeluaran lainnya tidak mengalami perubahan indeks,” ujar Joni, Selasa (1/12/2020).

Kelompok pengeluaran yang mengalami inflasi yakni kelompok makanan, minuman, dan tembakau sebesar 1,20 persen. Kelompok pakaian dan alas kaki mengalami deflasi sebesar 0,03 persen.

Sedangkan kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar ruang tangga mengalami deflasi sebesar 0,11 persen. Kelompok perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga mengalami inflasi 0,43 persen.

Kelompok kesehatan mengalami inflasi sebesar 0,03, kelompok transportasi alami deflasi 0,10 persen, kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan alami deflasi 0,33 persen.

Kemudian, kelompok rekreasi, olahraga, dan budaya tidak mengalami perubahan indeks harga dan juga kelompok pendidikan.

“Kelompok penyediaan makanan dan minuman atau restaurant mengalami inflasi sebesar 0,11 persen, dan kelompok perawatan pribadi serta jasa lainnya mengalami inflasi sebesar 0,24 persen,” jelas Joni.

Menurut Joni, perkembangan harga berbagai komoditas pada tahun 2020, secara umum menunjukan adanya peningkatan. Berdasarkan hasil pantauan BPS pada November 2020 terjadi inflasi sebesar 0,33 persen atau terjadi kenaikan IHK dari 102,50 pada Oktober 2020 menjadi 102,84 pada November 2020.

BACA YUK:  Tingkatkan Perekonomian Desa, Sakowes Hadir di Desa Sarwadadi Cirebon

“Tingkat inflasi tahun kalender November 2020 sebesar 0,68 persen dan tingkat inflasi tahun ke tahun November 2020 terhadap November 2019 sebesar 1,18 persen,” ungkapnya.

Joni memaparkan, beberapa komoditas yang mengalami peningkatan harga pada November 2020, antara lain daging ayam ras, telur ayam ras, bawang merah, tomat, dan minyak goreng.

Sementara itu, untuk Provinsi Jawa Barat pada November 2020 ini mengalami inflasi sebesar 0,29 persen dan Nasional mengalami inflasi sebesar 0,28 persen. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Agrowisata dan Edukasi Griya Hidroponik Tawarkan Konsep Petik Sendiri⁣

Cirebon,- Griya Hidroponik Cirebon yang berada di Jalan Sultan Ageng Tirtayasa, Kedawung, Kabupaten Cirebon menjual segala macam produk sayuran...

Ratusan Warga Binaan Lapas Narkotika Cirebon Jalani Swab Test

Cirebon,- Ratusan warga binaan Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas II A Cirebon Gintung menggelar swab test, Kamis (21/01/2021). Pemeriksaan swab test yang berlangsung di Lapas...

Tumbuhkan Generasi Cinta Al-Quran Sejak Dini Bersama Al Madeena Islamic School

Cirebon,- Al Madeena Islamic School merupakan tempat belajar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang berbasis Islami. Sekolah yang menumbuhkan generasi global yang bertakwa, cerdas,...

ACT Ajak Masyarakat Cirebon Layarkan Kapal Kemanusiaan Ke Sulawesi Barat

Cirebon,- Sejak awal tahun 2021, berbagai peristiwa menimpa bangsa Indonesia. Bencana alam dan musibah terjadi dalam kurun waktu yang sangat singkat. Bencana longsor di...

More Articles Like This