Nonton Yuk Pagelaran Seni di Keraton Kanoman

Cirebon, 23 Maret 2017,- Yayasan Cahya Widi Kesultanan Kanoman Cirebon selalu berupaya untuk menghadirkan kegiatan seni budaya dengan nuansa artistik dan menarik bagi masyarakat.

Dengan tema Pagelaran Drama Tari Musikal Kolosal “Cahya Sumirat Dukuh Caruban 2” yang akan berlangsung pada Jumat dan Sabtu, 24 dan 25 Maret 2017 pukul 19.00 WIB di Area Siti Inggil Komplek Kesultanan Kanoman, Kota Cirebon.

Pangeran Raja Mohamad Qodiran, selaku Patih Keraton Kanoman sekaligus sutradara Pagelaran Cahya Sumirat Dukuh Caruban 2 mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menggerakkan kembali saat letak permasalahan NKRI ini sudah mulai terkikis dengan keadaan moral-moral yang dibangun oleh leluhur kita semua.

BACA YUK:  Info Loker : Aini Griya Pengantin

Patih menambahkan, maksud panggelaran ini juga untuk menggerakkan dan mengembalikan Bhineka Tunggal Ika. Dengan konsep yang segar, atraktif dan edukatif, pagelaran ini untuk mengingkat kembali bahwa alur sejarah yang ada di Cirebon ataupun sekitarnya.

“Penampilan yang akan disuguhkan adalah alur kemandirian ataupun kemerdekaan Cirebon ketika itu kerajaan Cirebon melawan Kerajaan Galuh dengan garapan yang apik dari para lokal Genius Cirebon, mulai dari koreografer tari, penata musik, penari, dan tim manajemen pertunjukan,” ujarnya saat jumpa pers, Kamis (23/03/2017).

BACA YUK:  Ini Rangkaian Kegiatan Hari Jadi ke-653 Cirebon dari 15-31 Juli 2022

Pagelaran Cahya Sumirat Dukuh Caruban 2 merupakan gagasan dari Pangeran Raja Mochamad Qodiran yang merupakan Pangeran Patih Kesultanan Kanoman Cirebon sekaligus ketua Yayasan yang aktif dikegiatan Seni dan Budaya Cirebon dan sangat peduli terhadap perkembangan kesenian di Cirebon dan sekitarnya.

Menurutnya, Pagelaran seni Cahya Smirat Dukug Caruban 2, kali ini akan mengkolaborasikan seni musik tradisional dengan modern. Diharapkan, akan memberikan satu nuansa baru dalam pertunjukkan seni dan dapat menarik minat Masyarakat khususnya para remaja.

“Mudah-mudahan, Panggelaran ini bisa menjadi event tahunan yang diadakan di Cirebon dan berharap akan menjadi event event favorit bagi masyarakat Cirebon. Kegiatan Seni Budaya Yayasan Cahya Widi akan digarap dengan “Kemasan” yang berbeda setiap tahunnya,” pungkasnya. (AC212)

BACA YUK:  Info Loker : Infini Creative
(Dilihat: 20 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.