Nelayan Kerang Hijau di Pesisir Kota Cirebon Miliki Potensi Wisata dan Ekonomi

Cirebon,- Pesisir Kota Cirebon memiliki potensi wisata dan ekonomi yang bisa terus dikembangkan. Salah satu potensi ekonomi yang harus digali yakni budidaya kerang hijau.

Rencananya potensi tersebut segera diusulkan untuk mendapatkan bantuan, tidak hanya dari Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon. Namun, akan diusulkan kepada Pemerintah Pusat.

Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Eti Herawati mengatakan potensi nelayan yang membudidayakan kerang hijau harus terus digali. Untuk itu, Pemda Kota Cirebon berencana segera mengajukan bantuan kepada pemerintah pusat, melalui dana pemulihan ekonomi.

“Di pesisir ini memiliki potensi kerang hijau. Bahkan ada 15 kelompok nelayan yang masing-masing kelompok terdiri dari 15 orang,” ujar Eti saat kawasan pesisir, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Kamis (3/6/2021).

BACA YUK:  Ratusan Rider Cilik Kembali Adu Cepat di Sirkuit Grage City Mall

Saat ini, menurut Eti, kelompok nelayan tersebut sudah mendapatkan bantuan dari kelurahan. Sehingga, usulan bantuan kepada pemerintah pusat untuk meningkatkan kembali potensi wisata dan ekonomi.

“Karena masih banyak yang bisa dilakukan disini. Seperti memberdayakan ibu-ibu menjadi pengupas kerang hijau, disini belum ada,” ungkapnya.

Sehingga, lanjut Eti, jika ibu-ibu nya bisa diberdayakan sebagai pengupas kerang hijau, diyakini bisa meningkatkan perekonomian keluarga.

Selain itu, menurut Eti, potensi wisata dari nelayan kerang hijau ini juga bisa terus digali. Nantinya wisatawan yang datang bisa langsung menikmati kerang hijau dilokasi.

BACA YUK:  PT KAI Daop 3 Cirebon Prediksi Puncak Arus Mudik Lebaran Terjadi Besok

“Nanti wisatawan bisa langsung makan disini. Sehingga, mereka bisa menikmati kerang hijau maupun hasil tangkapan laut lainnya yang masih segar,” katanya.

Melihat potensi tersebut, kata Eti, Pemda Kota Cirebon pun bergerak cepat. Pihaknya langsung mendata dan mendokumentasikan lokasi tersebut.

“Tadi kami sudah ambil foto-foto dan mendata. Dari data dan foto ini akan segera diajukan, agar nelayan kerang hijau bisa segera mendapat bantuan sekaligus menggali potensi ekonomi dan wisata di pesisir Kota Cirebon,” jelasnya.

Dalam waktu dekat, kata Eti, program Kotaku juga segera dibangun di pesisir Kota Cirebon. Lengkap dengan kampung warna-warni juga.

BACA YUK:  36 Peserta Ikuti Proses CAT untuk Pengawas Kecamatan di Kota Cirebon

“Sehingga selain mempercantik wajah pesisir Kota Cirebon, potensi pariwisata juga bisa ditingkatkan,” pungkasnya.

Sementara itu, Dasuki, seorang nelayan yang membudidayakan kerang hijau menjelaskan kelompok mereka memiliki dua rumpon berukuran 12×4 meter persegi.

“Kalau bagus, setahun bisa tiga kali panen. Sedangkan hasil panen bisa mencapai 26 ton,” ujarnya.

Namun, Dasuki mengungkapkan bahwa kelemahannya memang belum ada pengolahan lanjutan. “Karena, di sini belum ada pengolahan lanjutan untuk kerang hijau,” pungkasnya. (AC212)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *