Kamis, 24 Juni 2021

Nelayan Kerang Hijau di Pesisir Kota Cirebon Miliki Potensi Wisata dan Ekonomi

Populer

Polresta Cirebon Gelar Penyekatan Sejumlah Ruas Jalan di Kecamatan Sumber Demi Kebaikan Masyarakat

Cirebon,- Jajaran Polresta Cirebon melakukan penyekatan sejumlah ruas jalan di Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon, Selasa (22/6/2021). Kegiatan tersebut merupakan...

Kombes Pol Arif Budiman Pimpin Polresta Cirebon

Cirebon,- Kombes Pol Arif Budiman, resmi memimpin Polresta Cirebon menggantikan Kombes Pol M. Syahduddi. Acara pisah sambut Kapolresta Cirebon...

Bupati Cirebon : Santri Diminta Melanjutkan Pendidikan hingga ke Perguruan Tinggi

Cirebon,- Bupati Cirebon, Drs.H. Imron, menghadiri acara haflah akhirussanah santri tingkat ibtidaiyah hingga aliyah di Pondok Pesantren An Nashuha,...

Inilah Tempat Ngopi di Majalengka yang Wajib Dikunjungi Para Penikmat Kopi⁣

Majalengka,- Siapa sih yang tidak suka dengan kopi? Hampir semua orang menyukai kopi. Mulai dari remaja hingga dewasa, laki-laki...

Karyawan Mall dan Pusat Perbelanjaan di Cirebon Jalani Vaksinasi

Cirebon,- Pemerintah Daerah Kota Cirebon melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon kembali menggelar vaksinasi Covid-19. Kali ini menyasar terhadap...

Cirebon,- Pesisir Kota Cirebon memiliki potensi wisata dan ekonomi yang bisa terus dikembangkan. Salah satu potensi ekonomi yang harus digali yakni budidaya kerang hijau.

Rencananya potensi tersebut segera diusulkan untuk mendapatkan bantuan, tidak hanya dari Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon. Namun, akan diusulkan kepada Pemerintah Pusat.

Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Eti Herawati mengatakan potensi nelayan yang membudidayakan kerang hijau harus terus digali. Untuk itu, Pemda Kota Cirebon berencana segera mengajukan bantuan kepada pemerintah pusat, melalui dana pemulihan ekonomi.

Loading...

“Di pesisir ini memiliki potensi kerang hijau. Bahkan ada 15 kelompok nelayan yang masing-masing kelompok terdiri dari 15 orang,” ujar Eti saat kawasan pesisir, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Kamis (3/6/2021).

BACA YUK:  Pengurus FORKI Kabupaten Cirebon Periode 2021-2025 Resmi Dilantik

Saat ini, menurut Eti, kelompok nelayan tersebut sudah mendapatkan bantuan dari kelurahan. Sehingga, usulan bantuan kepada pemerintah pusat untuk meningkatkan kembali potensi wisata dan ekonomi.

“Karena masih banyak yang bisa dilakukan disini. Seperti memberdayakan ibu-ibu menjadi pengupas kerang hijau, disini belum ada,” ungkapnya.

Sehingga, lanjut Eti, jika ibu-ibu nya bisa diberdayakan sebagai pengupas kerang hijau, diyakini bisa meningkatkan perekonomian keluarga.

Selain itu, menurut Eti, potensi wisata dari nelayan kerang hijau ini juga bisa terus digali. Nantinya wisatawan yang datang bisa langsung menikmati kerang hijau dilokasi.

“Nanti wisatawan bisa langsung makan disini. Sehingga, mereka bisa menikmati kerang hijau maupun hasil tangkapan laut lainnya yang masih segar,” katanya.

Melihat potensi tersebut, kata Eti, Pemda Kota Cirebon pun bergerak cepat. Pihaknya langsung mendata dan mendokumentasikan lokasi tersebut.

“Tadi kami sudah ambil foto-foto dan mendata. Dari data dan foto ini akan segera diajukan, agar nelayan kerang hijau bisa segera mendapat bantuan sekaligus menggali potensi ekonomi dan wisata di pesisir Kota Cirebon,” jelasnya.

BACA YUK:  Masih Muda Aktif Olahraga, Yakin Bebas Risiko dari Penyakit Kritis Seperti Penyakit Jantung?⁣

Dalam waktu dekat, kata Eti, program Kotaku juga segera dibangun di pesisir Kota Cirebon. Lengkap dengan kampung warna-warni juga.

“Sehingga selain mempercantik wajah pesisir Kota Cirebon, potensi pariwisata juga bisa ditingkatkan,” pungkasnya.

Sementara itu, Dasuki, seorang nelayan yang membudidayakan kerang hijau menjelaskan kelompok mereka memiliki dua rumpon berukuran 12×4 meter persegi.

“Kalau bagus, setahun bisa tiga kali panen. Sedangkan hasil panen bisa mencapai 26 ton,” ujarnya.

Namun, Dasuki mengungkapkan bahwa kelemahannya memang belum ada pengolahan lanjutan. “Karena, di sini belum ada pengolahan lanjutan untuk kerang hijau,” pungkasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Zalora Big Fashion Sale untuk Penuhi Kebutuhan Fashion dan Gaya Hidupmu⁣

Jakarta,- ZALORA, destinasi online fashion, beauty, lifestyle utama di Asia kembali menghadirkan ZALORA Big Fashion Sale, menawarkan promosi terbesar...

Kapolresta Cirebon Pimpin Sertijab Kasat dan Kapolsek

Cirebon,- Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budikan memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) para Kasat dan Kapolsek jajaran, Rabu (23/6/2021). Upacara sertijab tersebut berlangsung...

Komisi III DPRD Kota Cirebon Buka Layanan Pengaduan PPDB

Cirebon,- Guna memberikan pelayanan kepada calon peserta didik dan orang tua dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA dan sederajat, Komisi III DPRD Kota...

Surat Edaran Wali Kota Terbaru : Mall Dibatasi Hingga Pukul 20.00 WIB

Cirebon,- Pemerintah Daerah Kota Cirebon kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berbasis mikro. Dalam surat edaran (SE) Walikota Cirebon Nomor: 443/SE.54-PEM berlaku mulai...

More Articles Like This