Nasi Bogana Makanan Favorit Para Raja di Cirebon

Cirebon, 19 Juli 2016,- Nasi Bogana adalah kuliner masyarakat di Cirebon sekitar Keraton, terlahir sejak jaman pendiri Cirebon seperti Sunan Gunung Jati setelah masuknya syiar Islam.

Sultan Kacirebonan, Pangeran Abdul Gani Natadiningrat, menceritakan, Nasi Bogana merupakan ungkapan rasaya syukur kepada sang pencipta dan mereka mengungkapkan rasa syukur dengan bersedekah. Bersedekah tidak harus mewah, tetapi seada-adanya, makanya muncul istilah Bogana.

Karena pada waktu itu, wilayah Cirebon didominasi dari kerajaan Prabu Siliwangi yang notabennya masyarakat Sunda, maka istilah Bogana pada waktu itu muncul.

BACA YUK:  8 Desainer Fashion Indonesia yang Karyanya Dipakai Selebriti di Panggung Internasional

“Sekarang Nasi Bogana oleh Keraton kami lestarikan dengan maksud dan tujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat, tentunya untuk melestarikan agar jangan sampai punah,” ujarnya kepada About Cirebon, Senin (18/07/2016).

Untuk para pecinta kuliner, tidak ada salahnya mencoba Nasi Bogana yang tersedia di Pawon Bogana Keraton Kacirebonan, Jalan Pulasaren, Kota Cirebon.

Untuk menu yang ditawarkan Pawon Bogana ada Nasi Bogana sebagai menu andalan, dan juga menu ayam lainnya seperti, Ayam Kecap, Ayam Cabe Ijo, bahkan bisa menerima pesanan tumpeng dan Makanan Khas Cirebon lainnya.

BACA YUK:  Uniknya Penjual Batagor Mang Den Desa Durajaya Greged yang Gunakan Baju Ala Koki

Minumannya pun beragam, mulai dari wedang jahe khas Keraton, wedang gula asem, wedang serbat ala Keraton, wedang sereh sampai teh poci.

Pawon Bogan buka mulai dari jam 10.00 WIB hingga 22.00 WIB, untuk harganya sangat terjangkau mulai dari Rp. 23.000,- untuk Nasi Boganan dan minuman mulai dari Rp. 8.000,- saja, ditambah tempat yang nyaman sekaligus menikmati wisata malam di Keraton Kacirebonan.

Bagi pengunjung yang beruntung, bisa bertemu Sultan Kacirebonan, pada saat Sultan sedang menikmati makanan di Pawon Bogana. Pengunjung bisa berbicang bersama hingga foto bareng Sultan Kacirebonan. (AC212)

BACA YUK:  D'Cost Hadir Kembali di CSB Mall dengan Wajah Baru

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *