Najwa Shihab Akan Bekali Pelatihan Jurnalistik 1.000 Santri

Cirebon, 29 Oktober 2016,- Ikatan Alumnus Pondok Pesantren KHAS Kempek Cirebon direncanakan menggelar Pelatihan Jurnalistik dengan tema “Jurnalisme Pesantren untuk Perdamaian”. Pelatihan yang akan dihelat pada 4-5 November di Kompleks Al-Jadid PP KHAS Kempek itu diperkirakan melibatkan peserta sebanyak 1.000 santri dari ratusan pesantren se-wilayah III Cirebon.

Ketua panita, Sobih Adnan mengatakan, sebagai pembicara utama, pelatihan ini akan menghadirkan  duta baca Indonesia Najwa Shihab. Presenter acara talkshow di salah satu televisi swasta itu diagendakan mengisi kuliah umum bertema “Pesantren, Media, dan Perdamaian Indonesia”.

BACA YUK:  Tinjau Misa Natal, Ridwan Kamil: Jawa Barat Kondusif

“Selain itu, kami juga melibatkan puluhan jurnalis dan penulis andal dari media lokal dan nasional. Teknisnya, pelatihan digelar secara paralel melalui kelas-kelas yang dibuka sesuai dengan minatan masing-masing peserta,” ujar Sobih.

Sementara itu, salah satu pengasuh Pesantren KHAS Kempek Cirebon, KH Muhammad Ja’far Aqil mengatakan kemampuan menulis semakin menjadi kebutuhan penting bagi para santri. Pesantren, kata dia, harus bisa menuliskan sejarah dan perannya terhadap kemajuan bangsa Indonesia.

“Banyak yang belum mengenal pesantren secara khusus, termasuk keterlibatannya dalam perjuangan bangsa,” kata Muhammad.

BACA YUK:  Gempa Guncang Cianjur, Disaster Management Center DD Langsung Terjunkan Tim Respon Cepat

Pelatihan jurnalistik ini merupakan salah satu rangkaian agenda Musyawarah Besar (Mubes) dan Silaturrahmi Nasional Alumni dalam Haul dan Khotmil Quran ke-27 PP KHAS Kempek. Asep Rusyana, penanggung jawab Mubes mengatakan selain pelatihan jurnalistik pihaknya juga menggelar kegiatan bakti sosial dan saresehan antaralumnus.

“Kami juga menggelar seminar Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan tajuk ‘menuju santri mandiri dan berdaya saing,” kata Asep.

Untuk santri yang berminat mengikuti pelatihan jurnalistik, pendaftaran peserta bisa dilakukan secara online. Calon peserta disyaratkan mengisi formulir dan mengirimkan surat rekomendasi dari pengurus pesantren masing-masing. Kedua format itu bisa diunduh di www.mubes.khaskempek.com. (rilis)

BACA YUK:  Kabar Gembira, Perayaan Tahun Baru Imlek Tahun 2023 di Kota Cirebon akan Lebih Meriah

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *