Naik Kereta Api ke Cirebon, Asyik Lho

Cirebon,- Stasiun Cirebon hingga saat ini menjadi salah satu stasiun yang masih tetap memiliki keindahan bangunan dengan gaya arsitektur dengan khas Eropa. Desain dari stasiun ini juga memadukan gaya art nouveau dan art deco dengan ciri khasnya adalah tembok memiliki warna putih dan jendela yang besar. Untuk saat ini, Stasiun Cirebon sendiri melayani beberapa kelas untuk kereta api mulai dari campuran, ekonomi AC plus, eksekutif hingga bisnis.

Berada di lokasi yang sangat strategis membuat Stasiun di Cirebon ini menjadi salah satu stasiun terbesar yang ada di Cirebon karena berada di dekat dengan Balai Kota Cirebon. Cirebon sendiri adalah kota pelabuhan di kawasan daerah pelabuhan di kawasan pesisir utara Pulau Jawa yang memang masuk di Provinsi Jawa Barat. Walaupun memiliki wilayah yang tidak terlalu luas, Cirebon sendiri adalah salah satu area di kawasan pusat bisnis dan budaya. Sehingga Kota ini memiliki daya tarik wisata yang sangat menarik. Mulai dari sejarah hingga kuliner.

BACA YUK:  Harga Makanan Sumbang Inflasi Terbesar di Jabar

Karena merupakan salah satu kota yang cukup luas sehingga menjadi salah satu kota yang cukup banyak memiliki lokasi yang cukup strategis karena ini adalah titik dimana terjadinya pertemuan antara tiga jalur kota besar diantaranya adalah Bandung, Jakarta dan juga Semarang. Sehingga tak heran jika perekonomian di kota ini memang sangat didukung oleh sektor pengolahan industri pengangkutan, perdagangan, komunikasi dan juga pariwisata.

Cirebon sebagai Destinasi Pariwisata

Jika anda memilih naik kereta cirebon maka ada beberapa destinasi wisata yang ditawarkan dan menarik untuk anda kunjungi beberapa diantaranya adalah wisata religi dan kuliner. Memiliki julukan kota Wali, Cirebon sendiri menyuguhkan destinasi sejarah untuk kerajaan islam dan para wali. Ada beberapa contoh komplek Makam Sunan Gunung Jati di Cirebon, Masjid Agung Sang Cipta rasa, Keraton Kanoman dan Keraton Kasepuhan. Ini adalah beberapa wisata budaya dan sejarah yang bisa menjadi pilihan anda saat anda sedang liburan ke Cirebon.

Cirebon Kaya dengan Aneka Kuliner

BACA YUK:  Mulai Mei sampai September 2024, Pemda Kota Cirebon Berikan Diskon Pembayaran PBB

Jika anda datang ke cirebon dengan tujuan untuk wisata kuliner maka anda bisa mengkonsumsi beberapa menu pilihan. Beberapa diantaranya adalah Empal Gentong, Tahu Gejrot, Bubur ayam hingga ada juga Sego Jamblang. Beberapa cita rasa lain juga banyak ditawarkan saat anda sedang memilih wisata kuliner di Cirebon.

Mengenal Kota Cirebon

Disini anda juga bisa belajar dan mengenal kota Cirebon. Cirebon menurut sejarah diyakini berasal dari sebuah dukuh kecil. Dukuh kecil ini menurut ceritanya dibangun oleh Ki Gendheng tapa dan menjadi salah satu tempat bermukim untuk mereka pada pendatang dengan banyak sekali budaya. Asal usul dari nama Cirebon sendiri sebenarnya adalah dari Bahasa Sunda yang artinya adalah air dan udang. Dimana nama ini sangat terinspirasi dari kehidupan masyarakat lokal yang memang memiliki mata pencariannya adalah nelayan ikan dan juga udang rebon.

Mengenal Bahasa Khas Cirebon

Dalam berkesempatan liburan ke Cirebon anda bisa saja mengenal lebih dalam bahasa Sunda dari kota ini. Bahasa dari kota ini bukan bahasa jawa sunda pada umumnya. Namun bisa dikatakan jika mereka menggunakan pencampuran bahasa Jawa dan Sunda yang memang ada di wilayahnya. Di cirebon utara misalnya banyak dari penduduk lokal yang berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Jawa dengan logat Cirebon. Namun daerah Kuningan dan Majalengka sebagian besar menggunakan bahasa sunda Cirebon.

BACA YUK:  Tiket KA Mudik Lebaran 2024 di Daop 3 Cirebon Sudah Terjual 10.386 Tempat Duduk

Sentral Batik Cirebon

Tahukah anda selain Jogja dan Solo sebenarnya Cirebon adalah salah satu kota yang juga terkenal karena batiknya. Batik khas dari Cirebon ini memang dikenal dengan nama motif mega mendung yang sangat cantik. Awalnya memang hanya digunakan dikalangan keraton namun sudah berkembang ke masyarakat secara luas. Saat ini ada ratusan bentuk, motif hingga bahan yang sangat bervariasi yang bisa anda dapatkan.
Karena ada banyak sekali kegiatan seru yang bisa anda lakukan saat anda akan liburan di Cirebon maka anda bisa naik kereta ke Cirebon dengan memesan tiket di Traveloka.

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *