Musim Kemarau, ACT Cirebon Salurkan Air Bersih di Wilayah Argasunya

Cirebon,- Memasuki musim kemarau, stok air bersih kian menipis di beberapa daerah. Salah satunya di Kelurahan Argasunya, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon.

Melihat kondisi tersebut, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cirebon langsung menyalurkan bantuan air bersih di Kelurahaan Argasunya, RW 08 Kopiluhur, Kota Cirebon, Senin (8/7/2019).

1. Dilakukan Di Beberapa Titik

Sandi Nur Fazri, selaku Divisi Program ACT Cirebon mengatakan kegiatan bantuan kemanusiaan distribusi air bersih karena adanya laporan dari warga, sehingga ACT Cirebon langsung menyalurkan air bersih.

“Menurut warga sejak dua bulan yang lalu di sini (Kelurahan Argansunya) mulai kekurangan air bersih,” ujarnya saat di temui About Cirebon.

Lanjut Sandi, pendistribusian air bersih dilakukan di beberapa titik, untuk hari ini (8/7) di Kelurahan Argasunya disalurkan dua mobil tangki.

BACA YUK:  Pj Wali Kota Cirebon Berkomitmen Siap Kerja Sama dengan Pemilik Media Online di Cirebon

“Satu mobil tangki berisi 9.000 liter air, jadi totalnya ada 1.800 liter air,” terangnya.

2. Menyalurkan 1 Juta Liter Air Bersih

Menurut Sandi, Aksi Cepat Tanggap Cirebon berencana akan memberikan 1 juta liter air bersih untuk wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan).

“Untuk titik-titiknya kita masih dalam list, sementara ini baru ada 6 titik yang akan kita jangkau, dan tentunya harus sesuai dengan kriteria” bebernya.

Kriteria yang sesuai, kata Sandi, yang memang benar-benar daerah yang membutuhkan sekali dan tidak ada tangan yang kesana.

“Dalam artian, tidak ada orang-orang yang kesana, sehingga kita akan cepat, tanggap menuju kesana,” jelasnya.

BACA YUK:  BPJS Ketenagakerjaan Serahkan Santunan Kepada Ahli Waris Korban Kecelakaan Kerja di CSB Mall

3. Fokus Wilayah Kekeringan

Di pengawal musim kemarau ini, ACT Cirebon akan fokus pada daerah kekeringan dan juga pembuatan sumur-sumur yang nanti dapat menanggulangu secara berkelanjutan untuk kekeringan.

“Aksi Cepat Tanggap juga punya program sumut wakaf,” kata Sandi.

Selain itu, pendistribusian air bersih di Kelurahan Argasunya merupakan titip pertama, selanjutnya akan berurutan mulai hari ini sampai minggu depan.

“Dan itu sesuai kriteria-kriteria, daerah yang membutuhkan air bersih,” tandasnya.

4. Sangat Membantu

Sementara itu, Lurah Argasunya, Dudung Abd. Barry mengatakan bahwa pihaknya sangat membantu dengan adanya pendistribusian air bersih oleh ACT Cirebon.

BACA YUK:  Pertamina Tindak Tegas SPBU yang Gunakan Alat Tidak Standar

“Ini sangat membantu warga di daerah Argasunya Kota Cirebon yang membutuhkan air bersih,” ujarnya.

Menurut Dudung, kekeringan air di wilayah Argasunya memang sudah menjadi langganan dan sudah lama sekali.

“Kami sekarang ini bersama Pemerintah Daerah Kota Cirebon sudah berusaha mencari solusi, salah satunya dengan membuatkan sumur artesis dan sudah dimanfaatkan oleh warga,” bebernya.

“Kemudian rencananya ada beberapa titik lagi tahun ini akan dibuatkan sumur artesis kembali,” tambahnya.

Pihaknya berharap, kedepan ACT Cirebon ataupun pihak-pihak lainnya yang terkait bisa membantu wilayah ini yang kekurangan air.

“Karena, untuk wilayah Kelurahan Argasunya ada titik yang kekurangan air, terutama beberapa RT di Kopiluhur,” tandasnya. (AC212)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *