Kamis, 29 Oktober 2020

Musim Kemarau, ACT Cirebon Salurkan Air Bersih di Wilayah Argasunya

Populer

39 Nakes Positif Covid-19, Layanan di RSD Gunung Jati Tutup Selama 6 Hari

Cirebon,- Rumah Sakis Daerah (RSD) Gunung Jati Cirebon kembali menutup sementara pelayanan mulai tanggal 22 sampai 27 Oktober 2020. Sebelumnya,...

Warga Cirebon Budidaya Ikan Cupang Hingga Dijual ke Luar Negeri

Cirebon,- Budidaya ikan cupang kini semakin diminati di Indonesia. Pasalnya, bisnis ikan cupang ini sangat menjanjikan omset hingga ratusan...

Mulai Besok Pembatasan Aktivitas Masyarakat di Kota Cirebon Dicabut

Cirebon,- Pembatasan aktivitas masyarakat di Kota Cirebon rencananya akan berlangsung sampai 31 Oktober 2020. Namun, Walikota Cirebon, Drs. Nashrudin Azis...

Momen Mengharukan Saat Wisuda, Seorang Ayah Gantikan Wisuda Anaknya yang Meninggal

Cirebon,- Sebanyak 803 wisudawan/ wisudawati program Sarjana dan Magister Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Kota Cirebon mengikuti acara wisuda...

Bupati Cirebon Bolehkan Belajar Tatap Muka Bagi Kecamatan Zona Hijau

Cirebon,- Beberapa sekolah di Kabupaten Cirebon mulai memberlakukan belajar tatap muka. Bupati Cirebon, Drs. H. Imron meminta tetap menjaga...

Cirebon,- Memasuki musim kemarau, stok air bersih kian menipis di beberapa daerah. Salah satunya di Kelurahan Argasunya, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon.

Melihat kondisi tersebut, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cirebon langsung menyalurkan bantuan air bersih di Kelurahaan Argasunya, RW 08 Kopiluhur, Kota Cirebon, Senin (8/7/2019).

1. Dilakukan Di Beberapa Titik

Loading...

Sandi Nur Fazri, selaku Divisi Program ACT Cirebon mengatakan kegiatan bantuan kemanusiaan distribusi air bersih karena adanya laporan dari warga, sehingga ACT Cirebon langsung menyalurkan air bersih.

“Menurut warga sejak dua bulan yang lalu di sini (Kelurahan Argansunya) mulai kekurangan air bersih,” ujarnya saat di temui About Cirebon.

BACA YUK:  Terkendala Pengiriman, Harga Penjualan Udang Sempat Alami Penurunan

Lanjut Sandi, pendistribusian air bersih dilakukan di beberapa titik, untuk hari ini (8/7) di Kelurahan Argasunya disalurkan dua mobil tangki.

“Satu mobil tangki berisi 9.000 liter air, jadi totalnya ada 1.800 liter air,” terangnya.

2. Menyalurkan 1 Juta Liter Air Bersih

Menurut Sandi, Aksi Cepat Tanggap Cirebon berencana akan memberikan 1 juta liter air bersih untuk wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan).

“Untuk titik-titiknya kita masih dalam list, sementara ini baru ada 6 titik yang akan kita jangkau, dan tentunya harus sesuai dengan kriteria” bebernya.

Kriteria yang sesuai, kata Sandi, yang memang benar-benar daerah yang membutuhkan sekali dan tidak ada tangan yang kesana.

“Dalam artian, tidak ada orang-orang yang kesana, sehingga kita akan cepat, tanggap menuju kesana,” jelasnya.

3. Fokus Wilayah Kekeringan

Di pengawal musim kemarau ini, ACT Cirebon akan fokus pada daerah kekeringan dan juga pembuatan sumur-sumur yang nanti dapat menanggulangu secara berkelanjutan untuk kekeringan.

“Aksi Cepat Tanggap juga punya program sumut wakaf,” kata Sandi.

Selain itu, pendistribusian air bersih di Kelurahan Argasunya merupakan titip pertama, selanjutnya akan berurutan mulai hari ini sampai minggu depan.

“Dan itu sesuai kriteria-kriteria, daerah yang membutuhkan air bersih,” tandasnya.

4. Sangat Membantu

Sementara itu, Lurah Argasunya, Dudung Abd. Barry mengatakan bahwa pihaknya sangat membantu dengan adanya pendistribusian air bersih oleh ACT Cirebon.

“Ini sangat membantu warga di daerah Argasunya Kota Cirebon yang membutuhkan air bersih,” ujarnya.

Menurut Dudung, kekeringan air di wilayah Argasunya memang sudah menjadi langganan dan sudah lama sekali.

“Kami sekarang ini bersama Pemerintah Daerah Kota Cirebon sudah berusaha mencari solusi, salah satunya dengan membuatkan sumur artesis dan sudah dimanfaatkan oleh warga,” bebernya.

“Kemudian rencananya ada beberapa titik lagi tahun ini akan dibuatkan sumur artesis kembali,” tambahnya.

Pihaknya berharap, kedepan ACT Cirebon ataupun pihak-pihak lainnya yang terkait bisa membantu wilayah ini yang kekurangan air.

“Karena, untuk wilayah Kelurahan Argasunya ada titik yang kekurangan air, terutama beberapa RT di Kopiluhur,” tandasnya. (AC212)

BACA YUK:  Terkendala Pengiriman, Harga Penjualan Udang Sempat Alami Penurunan
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Maknai Sumpah Pemuda, Telkomsel Gelar Digital Creative Millennials 2020

Jakarta,- Telkomsel kembali menghadirkan program berbasis digital sebagai wadah untuk memacu kewirausahaan di segmen youth atau millennial. Program yang diberi...

Lonjakan Volume Kendaraan Mulai Terjadi di Gerbang Tol Palimanan

Cirebon,- Volume kendaraan di gerbang tol Palimanan pada libur cuti bersama dan Maulid Nabi Muhammad SAW sudah terjadi peningkatan kendaraan, Rabu (28/10/2020) siang. Kendaraan yang...

Wali Kota Cirebon Berikan Rekomendasi Pembukaan Bioskop di Kota Cirebon

Cirebon,- Wali Kota Cirebon Drs. Nashrudin Azis telah memberikan surat rekomendasi terkait pembukaan bioskop di Kota Cirebon. Penyerahan tersebut diberikan usai rapat evaluasi bersama para...

Momen Mengharukan Saat Wisuda, Seorang Ayah Gantikan Wisuda Anaknya yang Meninggal

Cirebon,- Sebanyak 803 wisudawan/ wisudawati program Sarjana dan Magister Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Kota Cirebon mengikuti acara wisuda ke-57 Tahun Akademik 2020/2021. Acara wisuda...

More Articles Like This