Musim Hujan, Pengendara Agar Hati-hati Jalan Licin dan Ada Genangan Air

Cirebon,- Beberapa hari terakhir, Kota Cirebon sudah mulai diguyur hujan pada sore hari. Satuan lalu lintas (Satlantas) Polres Cirebon Kota menghimbau kepada pengendaraan untuk tetap berhati-hati.

“Kami menghimbau kepada masyarakat, terutama yang menggunakan kendaraan roda dua, karena dalam keadaan hujan biasanya kondisi jalan menjadi licin. ujar Kasatlantas Polres Cirebon Kota, AKP Triyono R saat sosialisasi Operasi Zebra Lodaya 2022, Kamis (6/10/2022).

Masyarakat saat berkendara, lanjut Triyono, untuk tetap berhati-hati ketika saat hujan dan menggunakan perlengkapan saat berkendara. Dengan perlengkapan berkendara, menurutnya bisa meminimalisir fatalitas pada saat terjadinya kecelakaan.

BACA YUK:  Relawan Bersinergi dengan DPD Partai Nasdem Kota Cirebon Gelar Syukuran Anies Baswedan

“Saat terjadi hujan dengan debit yang tinggi, Satlantas Polres Cirebon Kota melakukan patroli. Hal ini untuk melakukan rekayasa lalu lintas apabila terjadinya pohon tumbang dan jalan yang menggenang,” ungkapnya.

Seperti di Jalan Terusan Pemuda, kata Triyono, biasanya ketiga hujan dengan debit yang tinggi terjadi air yang menggenang. Sehingga, pihaknya melakukan rekayasa lalu lintas agar pengendara tidak terjebak dan mogok.

“Biasanya kami melakukan rekayasa lalu lintas, agar kendaraan roda dua tidak melewati jalur tersebut. Sehingga masyarakat tidak mogok di tengah jalan yang tergenang,” katanya.

BACA YUK:  Jabar Juara Umum Teknologi Tepat Guna XXIII

Saat musim hujan, menurut Triyono, ada beberapa titik jalan di Kota Cirebon yang rawan air menggenang. Salah satunya di Jalan Terusan Pemuda, Jalan Sudarsono, Jalan Cipto.

“Untuk mengantisipasi pengendara yang tidak mogok di tengah jalan, kami melakukan rekayasa lalu lintas di beberapa titik tersebut, sampai kondisi air surut,” bebernya.

Sementara itu, terkait kondisi jalan yang bergelombang dan juga berlubang, pihaknya selalu berkoordinasi dengan pihak terkait dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUTR) Kota Cirebon, untuk melakukan perbaikan jalan.

BACA YUK:  Gubernur Jawa Barat Tetapkan UMK 2023 Kabupaten/Kota, Rata- rata Naik 7,09 Persen

“Kita sudah sering berkoordinasi dengan DPUTR Kota Cirebon untuk memperbaiki jalan yang berlubang. Agar kecelakaan lalu lintas bisa diminimalisir bahkan tidak ada,” pungkasnya. (HSY)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *