Musim Gadu, Harga Gabah Kering di Cirebon Alami Kenaikan

Cirebon,- Panen Padi saat musim Gadu atau musim kemarau di Kecamatan Panguragan, Kabupaten Cirebon alami peningkatan saat musim hujan.

Ketua Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) Panguragan Kulon, Amrin mengatakan bahwa untuk musim panen Gadu sekarang ada peningkatan untuk per hektar dibanding musim rendeng (penghujan).

“Saat musim rendeng panen perhektar hanya sekitar 7 ton. Sedangkan musim Gadu sekarang bisa 8 ton perhektar,” ujar Amir, Selasa (20/10/2020).

Selain hasil panen yang meningkat, Amir menjelaskan harga gabah kering juga mengalami kenaikan, yang sebelumnya Rp. 4.500 perkilogram, sekarang harga gabah kering Rp. 5.400 perkilogram.

BACA YUK:  Gelar Operasi Pasar Murah, Pemkab Cirebon Jual 8.000 Liter Minyak Goreng Curah

“Kalau sekarang harga gabah kering sudah melebihi HPP (harga pokok penjualan) pembelian pemerintah Rp. 5.400 perkilogram,” ungkapnya.

Mengenai jenis padi yang ditanam oleh petani di Kecamatan Panguragan menggunakan varietas Padi Inpari 32. Karena, menurut Amir, jenis padi tersebut menguntungkan bagi petani dan meningkat.

“Selain menguntungkan, untuk masa tanam varietas padi Inpari 32 ini 90 harian lebih pendek dan lebih menghasilkan untuk petani,” tandasnya. (AC212)

(Dilihat: 8 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.