Mulai Tahun 2023 Tenaga Honorer Dihapus, ini Kata Sekda Kota Cirebon

Cirebon,- Pemerintah pusat melalui Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) menghapus tenaga honorer pada tahun 2023 mendatang. Dengan begitu, di instansi pemerintahan tidak ada lagi tenaga honorer.

Dalam keterangan resmi, Menpan-RB, Thahjo Kumolo akan menghapus seluruh tenaga honorer di instansi pemerintahan. Pada tahun 2023 hanya ada dua jenis yakni PNS (Pegawai Negeri Sipil) dan PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak).

Adapun untuk memenuhi kebutuhan mengenai penyelesaian pekerjaan mendasar seperti yang dilakukan oleh tenaga kebersihan (cleaning service) dan tenaga keamanan (sekuriti), disarankan untuk dipenuhi melalui tenaga alih daya (outsourcing) dengan beban biaya umum, bukan biaya gaji.

BACA YUK:  GreatDay HR Menutup Celah Risiko Pemalsuan Absensi Karyawan dengan Kembangkan Teknologi Face Matching System & Liveness Check

Di Kota Cirebon, menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Agus Mulyadi mengatakan pemerintah Kota Cirebon sudah tidak lagi menggunakan tenaga honorer sejak tahun 2017.

“Karena sekarang untuk pengangkatan tenaga honorer tidak ada. Namun, di dinas-dinas hanya untuk kebutuhan dan terakhir hanya di Dinas Pendidikan (Disdik), itu pun terakhir tahun 2017,” ujar Agus saat ditemui di Gedung Setda, Balaikota Cirebon, Jumat (21/1/2022).

Saat ini, kata Agus, belum ada regulasi yang mengatur. Namun, pihaknya berharap kebutuhan pegawai sesuai dengan kapasitas organisasi bisa terpenuhi. Kalau tidak, menurut Agus, tetap melapis dengan orang-orang yang memang diperlukan.

BACA YUK:  Malming Nggak Enak Badan? Minum Sekoteng Aja Yuk!

“Salah satu yang mudah adalah, melalui kontrak kerja perorangan. Jadi tiap tahun kita perbaiki. Tahun ini akan PPPK semua tidak ada PNS, termasuk tenaga teknis,” ungkapnya.

Terkait dengan tenaga kebersihan (cleaning service) dan tenaga keamanan (sekuriti), kata Agus, dipenuhi oleh pihak ketiga. Berbeda dengan peramu office, yang dilakukan melalui kontrak perorangan. (AC212)

(Dilihat: 56 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.