Mulai Hari Ini, TPS Cipto Resmi Ditutup

Cirebon,- Pemerintah Daerah Kota Cirebon kembali menutup Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Kali ini, TPS yang berada di Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo Kota Cirebon, resmi ditutup mulai 24 Agustus 2020.

Penutupan TPS Cipto dipimpin langsung oleh Wakil Walikota Cirebon bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon, Senin (24/8/2020) pagi.

Wakil Walikota Cirebon, Dra. Eti Herawati mengatakan dari 20 TPS yang akan ditutup, Pemerintah Daerah Kota bersama DLH Kota Cirebon baru menutup 4 TPS sampai hari ini.

“Kita baru menutup 4 TPS dan nanti ada kelima, enam dan seterusnya,” ujar Eti saat ditemui di TPS Cipto, Senin (24/8/2020).

BACA YUK:  Info Loker : The Boss Boba

Menurut Eti, kenapa lama menutup TPS? Karena persoalannya butuh kesiapan yang matang, perlu anggaran untuk infrastrukturnya seperti mobil dan sebagainya.

“Ini yang tentu kita tidak cukup dalam setahun menutup 20 TPS, kita berangsur dan dipastikan TPS yang ke-4 ini tentu butuh kesiapan yang matang,” ungkapnya.

“Karena nanti ada sistem yang tentunya harus bersama-sama dengan masyarakat, sekitar ada 10 sampai 12 RW yang membuang sampah di TPS Cipto ini untuk di koordinasikan terkait jam pembuangan dengan DLH,” tambahnya.

BACA YUK:  KNPI Kota Cirebon, Rumah Besar Para Pemuda untuk Bentuk Karakter Kepemimpinan dan Kepedulian Sosial

Penutupan TPS yang ke 4 ini, menurut Eti, hasil CSR dari Vespario dan akan dijadikan Taman Vespa. Rencananya untuk TPS di Jalan Tuparev akan mencari CSR kembali.

Kemudian, untuk TPS Panjunan tidak perlu mencari CRS lain, karena ada taman dari program Kotaku.

“Untuk TPS Selamat Datang (Tuparev) akan mencari CSR, apakah dari pihak bank atau apa nanti akan kita cari lagi. Tapi yg di sini (TPS Cipto) dipastikan Taman Vespa Saluyu,” terangnya.

Sistem pembuangan sampah, kata Eti, akan menggunakan sistem TPS Mobile seperti yang ada di Kesambi. Sistemnya menggunakan sistem jemput ke RW-RW.

BACA YUK:  Peringati Hari Anak Nasional, Konsumen Alfamart Bagikan Ribuan Perlengkapan Sekolah

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Abdulah Syukur menjelaskan sistem pembuangan akan menggunakan sistem TPS Mobile, namun untuk sementara saat menggunakan dump truk yang ada.

“Jadi kita akan simpen dump truk disini, karena belum ada penjemputan. Nanti mereka dijadwal pembuangannya dan kita sudah koordinasi dengan pihak RW bahwa nanti dump truk stay disini,” ujar Syukur.

Menurut Syukur, TPS Cipto sudah tidak ada lagi kontainer, sehingga ketika sampah datang langsung masuk ke mobil dump truk.
(AC212)

(Dilihat: 12 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.