Mulai Hari Ini, Penumpang Kereta Api Bisa Lakukan Check In dan Cetak Tiket di Seluruh Stasiun Online

0
149
Mesin cetak tiket kereta mandiri

Cirebon,- Mulai hari ini Kamis, 17 Januari 2019 pukul 15.00 WIB, para penumpang yang telah melakukan transaksi pembelian tiket Kereta Api dan mendapatkan bukti pembelian tiket KA (Blanko Tiket Putih, Email Notifikasi, Struk, dan E-ticket), kini sudah dapat melakukan check-in (mencetak Boarding Pass) pada mesin Check-in Counter di semua stasiun online yang melayani KA Jarak Jauh.

Penerapan aturan baru terkait check-in ini dilakukan PT Kereta Api Indonesia (Persero) guna memberikan kemudahan kepada para penumpang yang akan menggunakan moda transportasi kereta api.

Aston Hotel

Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Kuswardoyo mengatakan dengan adanya penerapan baru ini, para penumpang diberikan kemudahan dapat bebas melakukan check in atau pencetakan tiket di seluruh stasiun online.

1. Ketentuan Check In

Ketentuan penerapan check-in di seluruh stasiun online ini hanya dapat dilakukan mulai H-7 hingga H-1 (24 jam) sebelum keberangkatan kereta api.

Teja Berlian
Teja Berlian 2
Teja Berlian 3

Kuswardoyo mencontohkan, misalnya penumpang Kereta Api Argo Jati (Cirebon ‐ Gambir) yang akan berangkat tanggal 2 Februari 2019, penumpang dapat check-in di Stasiun Brebes selambat ‐ lambatnya tanggal 1 Februari 2019 atau 24 jam sebelum jadwal kereta api berangkat).

“Jika kurang dari 24 jam, penumpang hanya bisa melakukan check-in di stasiun keberangkatannya dan stasiun antara sesuai relasi tiket kereta api,” ujarnya, Kamis (17/1/2019).

2. Tujuan Perubahan Aturan

Menurut Kuswardojo, perubahan aturan ini bertujuan untuk memudahkan penumpang yang ingin melakukan check-in jauh-jauh hari dari stasiun online terdekat yang mereka inginkan.

“Hal ini juga dapat mencegah keterlambatan penumpang dikarenakan adanya antrean check-In di mesin Check-In Counter pada hari keberangkatan,” terangnya.

3. Sediakan fitur e-boarding pass

Selain itu, KAI juga telah menyediakan fitur e-boarding pass pada aplikasi KAI Access. Fitur ini membuat penumpang tidak perlu lagi repot-repot mengantre di mesin Check-In Counter untuk check-in.

E-boarding pass, kata Kuswardojo, dapat diakses oleh penumpang mulai dari 2 jam sebelum keberangkatan KA-nya.

“Dengan berbagai kemudahan ini, KAI berharap dapat membuat penumpang menjadi lebih nyaman dalam melakukan perjalanan kereta api dari mulai sebelum keberangkatan, selama perjalanan, hingga tiba di stasiun tujuan,” tandasnya. (AC212)