Selasa, 20 Oktober 2020

Mulai Hari ini Objek Wisata Keraton Kasepuhan, Goa Sunyaragi, dan Makam Sunan Gunung Jati Dibuka Kembali

Populer

Walikota Cirebon Menolak Wacana Perubahan Provinsi Jawa Barat Menjadi Provinsi Sunda

Cirebon,- Wacana pergantian nama Provinsi Jawa Barat menjadi Provinsi Sunda mulai mencuat. Wacana tersebut muncul saat Kongres Sunda 2020...

Nakes RSD Gunung Jati Positif Covid-19, Ini Penjelasan Rumah Sakit

Cirebon,- Pihak Rumah Sakit Daerah (RSD) Gunung Jati Kota Cirebon memberikan penjelasan terkait penutupan sementara sejumlah pelayanan.Penutupan sementara untuk...

Wahana Permainan di Goa Sunyaragi Dibakar Orang, Ini Kata Pengelola

Cirebon - Sebuah wahana permainan yang berada di area Taman Air Goa Sunyaragi (TAGS) dibakar, Rabu pukul 03.00 WIB,...

Promo Tiket Goa Sunyaragi, Diskon 50% Untuk KTP Kota/Kabupaten Cirebon

Cirebon - Kabar gembira bagi masyarakat yang ingin liburan akhir pekan ke Goa Sunyaragi Kota Cirebon.Goa Sunyaragi menawarkan diskon...

8 Petugas Positif Covid-19, RSD Gunung Jati Tutup Sementara Pelayanan

Cirebon,- Sehubungan dengan kegiatan pelacakan kontak erat para pegawai yang terpapar Covid-19, Rumah Sakit Daerah Gunung Jati (RSDGJ) Kota...

Cirebon,- Setelah pusat perbelanjaan dan masjid diperbolehkan untuk ibadah Salat Jumat di Kota Cirebon, kini tempat wisata di Cirebon juga mulai buka.

Sudah hampir 3 bulan tutup total karena adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Keraton Kasepuhan Cirebon mulai hari ini, Sabtu (30/5/2020) dibuka kembali.

Objek wisata sejarah Kota Cirebon ini mulai beroperasi seperti biasanya, seperti Museum Pusaka Keraton Kasepuhan dan Taman Goa Sunyaragi, dan juga Makam Sunan Gunung Jati dibuka kembali untuk wisatawan baik pelajar maupun umum.

Loading...
BACA YUK:  Metland Hotel Cirebon Hadirkan Konsep Live Show Saat Breakfast

Sultan Sepuh XIV, P.R.A. Arief Natadiningrat mengatakan hari ini tanggal 30 Mei 2020, objek wisata budaya yang ada di Cirebon yaitu Keraton Kasepuhan, Museum Pusaka, Dalem Agung Pakungwati, Taman Goa Sunyaragi, termasuk Astana Gunung Jati dibuka kembali untuk wisatawan.

“Sudah hampir 3 bulan tutup total tidak menerima pengunjung dan wisatawan, hari ini sudah mulai dibuka kembali,” ujar Sultan Sepuh saat dihubungi About Cirebon, Sabtu (30/5/2020).

Baca yuk: Pemda Kabupaten Cirebon Menutup Sementara Makam Sunan Gunung Jati Untuk Penziarah

Lanjut Sultan, pihaknya akan mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dengan menyediakan hand sanitizer setiap pintu masuk dan tempat cuci tangan.

“Untuk tempat cuci tangan sedang kita persiapkan peralatannya untuk memenuhi standar kesehatan,” ungkapnya.

Untuk petugas di Keraton Kasepuhan, Taman Goa Sunyaragi, dan juga Astana Gunung Jati dilengkapi dengan alat pelindung diri seperti masker.

“Pengunjung yang ingin masuk ke lokasi objek wisata, diwajibkan juga mengenakan masker,” tegasnya.

Sultan Sepuh XIV, memprediksi kunjungan wisatawan masih di dominasi pengunjung lokal, karena hampir di semua daerah masih program PSBB. Sehingga, masih banyak masyarakat yang beraktivitas di rumah dan tidak berpergian.

BACA YUK:  Inilah Pernyataan BP TAGS Terkait Rencana Kegiatan Pengumpulan Massa di Goa Sunyaragi

“Kemungkinan pengunjung masih wisatawan lokal dan masih sedikit, serta kita juga belum maksimal dalam penerimaan. Namun kita dititik beratkan untuk penataan dan bersih-bersih area Keraton,” jelasnya.

“Untuk wisatawan asing juga diprediksi sampai Desember 2020 belum ada, karena penerbangan Internasional belum beroperasional,” tambahnya.

Dalam menghadapi adaptasi kebiasaan baru (AKB) atau New Normal, kata Sultan, di tengah Pandemi Covid-19 pariwisata diharapkan bisa berjalan dengan baik.

“Dengan dibukanya kembali, mudah-mudah bisa mengangkat ekonomi masyarakat yang sudah lama tutup, seperti pengrajin, kuliner, hotel-hotel dan restoran,” pungkasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Telkomsel Perluas Pemerataan Akses 4G LTE Hingga Plosok

Jakarta,- Telkomsel berupaya untuk memastikan pemerataan ketersediaan akses broadband di seluruh penjuru negeri yang mampu memberdayakan masyarakat dalam menjalani...

Layanan Rail Express di Daop 3 Cirebon Diminati UMKM

Cirebon,- Sejak di kelola sendiri sejak Aprli 2019, layanan Rail Express yang dimiliki PT Kereta Api Indonesia (Persero) mulai banyak diminati masyarakat.Apalagi, sejak awal...

10 Personel Satreskrim Polresta Cirebon Terima Penghargaan

Cirebon,- Sejumlah personel Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Polresta Cirebon diganjar penghargaan, karena telah merespon cepat kasus kekerasan terhadap anak di Kabupaten Cirebon.Penghargaan itu diserahkan...

Inilah Pernyataan BP TAGS Terkait Rencana Kegiatan Pengumpulan Massa di Goa Sunyaragi

Cirebon- Badan Pengelola Taman Air Goa Sunyaragi (BP TAGS) memberikan pernyataan pers terkait adanya informasi yang tersebar terkait akan adanya acara pengumpulan massa di...

More Articles Like This