Senin, 17 Mei 2021

Mulai Hari ini Objek Wisata Keraton Kasepuhan, Goa Sunyaragi, dan Makam Sunan Gunung Jati Dibuka Kembali

Populer

Kampung Sabin, Tawarkan Konsep Suasana Bali

Cirebon,- Ingin merasakan suasana seperti di Ubud Bali, kini tidak perlu jauh-jauh harus pergi ke Bali. Pasalnya, di Cirebon...

Pesona Curug Cigetruk yang Belum Banyak Orang Tahu dengan Ketinggian 27 Meter⁣⁣⁣

⁣⁣Cirebon,- Kecamatan Dukupuntang dikenal sebagai salah satu wilayah kecamatan penyangga pariwisata berbasis alam (Agrowisata) di Kabupaten Cirebon.⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣ Terdapat berbagai sumber...

Serentak, PGRI Kota Cirebon Bagikan 3000 Takjil dan Nasi Kotak di 4 Kecamatan⁣

Cirebon,- Di penghujung Ramadan 1442 H ini, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Cirebon mengadakan kegiatan berbagi. Berbeda dengan...

RedBox Barbershop Ramai Pengunjung, Hari Lebaran Tetap Buka

Cirebon,- Jelang hari raya Idulfitri, jasa potong rambut atau barbershop ramai pengunjung. Hal ini menjadi berkah tersendiri bari para...

Cirebon,- Setelah pusat perbelanjaan dan masjid diperbolehkan untuk ibadah Salat Jumat di Kota Cirebon, kini tempat wisata di Cirebon juga mulai buka.

Sudah hampir 3 bulan tutup total karena adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Keraton Kasepuhan Cirebon mulai hari ini, Sabtu (30/5/2020) dibuka kembali.

Objek wisata sejarah Kota Cirebon ini mulai beroperasi seperti biasanya, seperti Museum Pusaka Keraton Kasepuhan dan Taman Goa Sunyaragi, dan juga Makam Sunan Gunung Jati dibuka kembali untuk wisatawan baik pelajar maupun umum.

Loading...

Sultan Sepuh XIV, P.R.A. Arief Natadiningrat mengatakan hari ini tanggal 30 Mei 2020, objek wisata budaya yang ada di Cirebon yaitu Keraton Kasepuhan, Museum Pusaka, Dalem Agung Pakungwati, Taman Goa Sunyaragi, termasuk Astana Gunung Jati dibuka kembali untuk wisatawan.

BACA YUK:  Libur Lebaran, Pengunjung Goa Sunyaragi Meningkat Dibanding Tahun Lalu⁣

“Sudah hampir 3 bulan tutup total tidak menerima pengunjung dan wisatawan, hari ini sudah mulai dibuka kembali,” ujar Sultan Sepuh saat dihubungi About Cirebon, Sabtu (30/5/2020).

Baca yuk: Pemda Kabupaten Cirebon Menutup Sementara Makam Sunan Gunung Jati Untuk Penziarah

Lanjut Sultan, pihaknya akan mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dengan menyediakan hand sanitizer setiap pintu masuk dan tempat cuci tangan.

“Untuk tempat cuci tangan sedang kita persiapkan peralatannya untuk memenuhi standar kesehatan,” ungkapnya.

Untuk petugas di Keraton Kasepuhan, Taman Goa Sunyaragi, dan juga Astana Gunung Jati dilengkapi dengan alat pelindung diri seperti masker.

“Pengunjung yang ingin masuk ke lokasi objek wisata, diwajibkan juga mengenakan masker,” tegasnya.

Sultan Sepuh XIV, memprediksi kunjungan wisatawan masih di dominasi pengunjung lokal, karena hampir di semua daerah masih program PSBB. Sehingga, masih banyak masyarakat yang beraktivitas di rumah dan tidak berpergian.

BACA YUK:  Bank Indonesia Cirebon: Penemuan Uang Palsu Alami Penurunan

“Kemungkinan pengunjung masih wisatawan lokal dan masih sedikit, serta kita juga belum maksimal dalam penerimaan. Namun kita dititik beratkan untuk penataan dan bersih-bersih area Keraton,” jelasnya.

“Untuk wisatawan asing juga diprediksi sampai Desember 2020 belum ada, karena penerbangan Internasional belum beroperasional,” tambahnya.

Dalam menghadapi adaptasi kebiasaan baru (AKB) atau New Normal, kata Sultan, di tengah Pandemi Covid-19 pariwisata diharapkan bisa berjalan dengan baik.

“Dengan dibukanya kembali, mudah-mudah bisa mengangkat ekonomi masyarakat yang sudah lama tutup, seperti pengrajin, kuliner, hotel-hotel dan restoran,” pungkasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Layanan KA Khusus Non-Mudik di Daop 3 Cirebon Berangkatkan 3.564 Penumpang

Cirebon,- Selama masa larangan mudik lebaran tahun 2021, PT KAI Daop 3 Cirebon telah melayani orang-orang yang dikecualikan sesuai...

Pasca Lebaran, Kepala Daerah Diminta Lakukan Uji Sampling Covid-19

Cirebon,- Pasca hari raya idul Fitri 1442 Hijriah, Presiden Joko Widodo saat Rakor Virtual mengintruksikan kepada Kepala Daerah untuk berhati-hati didalam menyikapi pasca mudik...

Alun-alun Kejaksan Akan Diterapkan Jam Operasional, ini Alasannya

Cirebon,- Jumlah kunjungan wisatawan yang datang ke Alun-alun Kejaksan Kota Cirebon meningkat setelah resmi dibuka pada awal April 2021. Namun, masih banyak masyarakat yang...

Penyekatan Arus Balik di Kota Cirebon, Hasil Pemeriksaan Antigen Dinyatakan Negatif

Cirebon,- Petugas Polres Cirebon Kota bersama petugas gabungan melakukan penyekatan arus balik dan pemeriksaan tes cepat antigen di Pos PAM Kalijaga, Kota Cirebon, Senin...

More Articles Like This