Minggu, 17 Oktober 2021

Mulai Hari ini Objek Wisata Keraton Kasepuhan, Goa Sunyaragi, dan Makam Sunan Gunung Jati Dibuka Kembali

Populer

750 Tanaman Bonsai Nasional Dipamerkan di Cirebon

Cirebon,- Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Cirebon menggelar Pameran Bonsai Nasional dan Exibisi Adenium hingga 12 Oktober 2021....

Selama Pandemi COVID-19, Pecinta Bonsai di Tanah Air Meningkat 40 Persen

Cirebon,- Selama Pandemi COVID-19 banyak masyarakat memiliki waktu luang untuk beraktivitas dan menyalurkan hobi. Seperti halnya pecinta tanaman hias...

Kirab Merah Putih dari Balai Kota Cirebon Menuju Astana Gunung Jati

Cirebon,- Kirab Merah Putih dalam rangka HUT ke-76 TNI, membawa bendera pusaka dari Balai Kota Cirebon menuju Astana Gunung...

Tiga Atlet Asal Kota Cirebon Raih Medali di PON XX Papua

Cirebon,- Sebanyak 17 atlet asal Kota Cirebon memperkuat kontingen Jawa Barat dalam PON XX 2021 Papua. Dari 17 atlet...

Bangun Bisnis Industri Rumahan, Pasangan Suami Istri Ini Raup Omset Ratusan Juta Rupiah

Cirebon,- Pandemi COVID-19 sangat berpengaruh terhadap penjualan para pelaku bisnis hingga UMKM. Namun, pandemi ini tidak berpengaruh terhadap usaha...

Cirebon,- Setelah pusat perbelanjaan dan masjid diperbolehkan untuk ibadah Salat Jumat di Kota Cirebon, kini tempat wisata di Cirebon juga mulai buka.

Sudah hampir 3 bulan tutup total karena adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Keraton Kasepuhan Cirebon mulai hari ini, Sabtu (30/5/2020) dibuka kembali.

Objek wisata sejarah Kota Cirebon ini mulai beroperasi seperti biasanya, seperti Museum Pusaka Keraton Kasepuhan dan Taman Goa Sunyaragi, dan juga Makam Sunan Gunung Jati dibuka kembali untuk wisatawan baik pelajar maupun umum.

Loading...

Sultan Sepuh XIV, P.R.A. Arief Natadiningrat mengatakan hari ini tanggal 30 Mei 2020, objek wisata budaya yang ada di Cirebon yaitu Keraton Kasepuhan, Museum Pusaka, Dalem Agung Pakungwati, Taman Goa Sunyaragi, termasuk Astana Gunung Jati dibuka kembali untuk wisatawan.

BACA YUK:  Bupati - Ketua DPRD Kabupaten Cirebon Tekan kesepakatan KUA dan PPAS Perubahan APBD 2021

“Sudah hampir 3 bulan tutup total tidak menerima pengunjung dan wisatawan, hari ini sudah mulai dibuka kembali,” ujar Sultan Sepuh saat dihubungi About Cirebon, Sabtu (30/5/2020).

Baca yuk: Pemda Kabupaten Cirebon Menutup Sementara Makam Sunan Gunung Jati Untuk Penziarah

Lanjut Sultan, pihaknya akan mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dengan menyediakan hand sanitizer setiap pintu masuk dan tempat cuci tangan.

“Untuk tempat cuci tangan sedang kita persiapkan peralatannya untuk memenuhi standar kesehatan,” ungkapnya.

Untuk petugas di Keraton Kasepuhan, Taman Goa Sunyaragi, dan juga Astana Gunung Jati dilengkapi dengan alat pelindung diri seperti masker.

“Pengunjung yang ingin masuk ke lokasi objek wisata, diwajibkan juga mengenakan masker,” tegasnya.

Sultan Sepuh XIV, memprediksi kunjungan wisatawan masih di dominasi pengunjung lokal, karena hampir di semua daerah masih program PSBB. Sehingga, masih banyak masyarakat yang beraktivitas di rumah dan tidak berpergian.

BACA YUK:  Inilah Upaya Pemkab Cirebon Menuju PPKM Level 2

“Kemungkinan pengunjung masih wisatawan lokal dan masih sedikit, serta kita juga belum maksimal dalam penerimaan. Namun kita dititik beratkan untuk penataan dan bersih-bersih area Keraton,” jelasnya.

“Untuk wisatawan asing juga diprediksi sampai Desember 2020 belum ada, karena penerbangan Internasional belum beroperasional,” tambahnya.

Dalam menghadapi adaptasi kebiasaan baru (AKB) atau New Normal, kata Sultan, di tengah Pandemi Covid-19 pariwisata diharapkan bisa berjalan dengan baik.

“Dengan dibukanya kembali, mudah-mudah bisa mengangkat ekonomi masyarakat yang sudah lama tutup, seperti pengrajin, kuliner, hotel-hotel dan restoran,” pungkasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

2 Kota Sekaligus! FIFGroup Fest Beri Kejuatan Promo di Samarinda dan Balikpapan

Samarinda,- FIFGROUP FEST kembali hadirkan event promo pertamanya di bulan Oktober dengan menyambangi 2 kota sekaligus, yaitu Kota Samarinda...

Musyawarah Nasional IMA Tetapkan Suparno Djasmin Sebagai President IMA Periode 2021-2023

Jakarta,- Seiring dengan berakhirnya masa bakti kepengurusan Indonesia Marketing Association (IMA) periode 2019-2021, presidium IMA menggelar Musyawarah Nasional (Munas) 2021. Munas yang diselenggarakan tiap...

Sampaikan Aspirasi, Warga Cucimanah Kota Cirebon Dapat Bantuan Kursi Roda dan Tongkat

Cirebon,- Ketua DPRD Kota Cirebon, Affiati memberikan bantuan kursi roda dan tongkat kepada warga Cucimanah Kelurahan Jagasatru, Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon, Sabtu (16/10/2021). Bantuan...

Warga RW 04 Surapandan Keluhkan Infrastruktur ke Wakil Ketua DPRD

Cirebon,- Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon, M. Handarujati Kalamullah S.Sos melakukan kegiatan reses di RW 04 Surapandan, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Jumat (15/10/2021). Kegiatan reses...

More Articles Like This