Mulai 1 Juli 2019, Penerbangan dari Bandung di Alihkan di Kertajati, Ini Rutenya

0
1055
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum di BIJB Kertajati. (foto: IG @infobijb)

Majalengka,- Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka siap beroperasi dengan berbagai tujuan pada 1 Juli 2019. Karena, pada tanggal 30 Juni 2019 merupakan batas akhir peralihan dari Bandung ke Kertajati.

1. Mulai 1 Juli 2019

Aston Hotel

Kesepakatan peralihan rute penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke Kertajati Majalengka merujuk pada surat yang ditandatangani langsung oleh Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Udara pada 13 Juni 2019 lalu tentang penataan dua bandara yang ada di Jawa Barat.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi saat melakukan kunjungannya ke BIJB Kertajati Majalengka, Rabu (18/6/2019).

Foto: IG @infobijb

“Artinya, rute penerbangan yang dari Bandung ke Kertajati mulai beroperasi paling lambat tanggal 1 Juli 2019,” ujarnya.

Namun, Budi menjelaskan bahwa peralihan penerbangan dari Bandung ke Kertajati dilakukan secara bertahap, mulai tanghal 20 Juni, 23 Juni, dan paling lambat 1 Juli 2019 untuk maskapai.

2. Rute Penerbangan

Seluruh penerbangan pesawat untuk layanan domestik luar Jawa yang tadinya dari Bandung akan beralih ke Kertajati kecuali Bandar Lampung. Sedangkan popeller domestik (Jawa) tetap dilayani di Bandara Husein Sastranegara.

Budi memaparkan bahwa BIJB Kertajati Majalengka akan melayani sebanyak 28 lepas landas dan 28 pendarataan untuk sejumlah penerbangan domestik.

“Untuk rute yang dilayani di Kertajati yakni ke Denpasar, Pekanbaru, Banjarmasin, Kualanamu, Ujung Pandang, Palembang, Padang, Balikpapan, Lombok, Pontianak, dan Batam,” bebernya.

Foto: IG @infobijb

Sedangkan, lanjut Budi, untuk rute penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara melayani penerbangan ke Semarang, Surabaya, Solo, Malang, Halim Perdana Kusuma, Surabaya, dan Tanjung Karang.

“Dan Bandara Husein Sastranegara melayani rute penerbangan ke luar negeri,” jelasnya.

“Rute luar negeri di Bandara Husein Sastranegara ada 32 lepas landas dan 32 pendaratan,” tandasnya. (AC212)