Jumat, 5 Maret 2021

Mulai 1 Januari 2021, Pemesanan Tiket KA Dilakukan Melalui Aplikasi, Website dan Kanal Resmi Lainnya

Populer

Kapal Legendaris KRI Dewaruci Singgah di Pelabuhan Cirebon

Cirebon,- Kapal legendaris KRI Dewaruci bersandar di Pelabuhan Muara Jati Cirebon, sejak Minggu (28/02/2021). Kedatangan kapal tersebut dalam rangka...

Polres Cirebon Kota Berhasil Amankan Empat Pelaku Pengeroyokan Gerombolan Bermotor

Cirebon,- Video aksi gerombolan bermotor yang terjadi pada Minggu (28/2/2021) viral di media sosial (medsos). Dalam video tersebut, terekam...

Sensasi Makan Durian Montong Petik Langsung dari Pohon di Kopi Montong

Cirebon,- Berada di ketinggian 150 meter di atas permukaan laut (MDPL), agrowisata durian Kopi Montong yang berlokasi di Sindang...

Sukageuri View Cocok Jadi Destinasi untuk Berakhir Pekan⁣

Kuningan,- Sejak diresmikan Januari 2017, Sukageuri View menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Kuningan. Dengan suguhan panorama alam...

Menggali Potensi dan Bakat Siswa, SMAN 1 Susukan Gelar Fashion Carnaval

Cirebon,- SMA Negeri 1 Susukan (SMANSUS) menggelar Fashion Carnaval, Kamis (25/2/2021). Kegiatan yang berlangsung di halaman sekolah tersebut, digelar...

Cirebon,- Mulai 1 Januari 2021, pemesanan tiket kereta api dilakukan melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, contact center 121, dan kanal pemesanan resmi lainnya.

Penjualan tiket di stasiun besar dan stasiun keberangkatan penumpang yang terdapat petugas loket, hanya melayani penjualan langsung (Go Show) mulai 3 jam sebelum keberangkatan kereta api.

Manager Humas PT. KAI Daerah Operasional (Daop) 3 Cirebon, Luqman Arif menjelaskan layanan pembelian tiket KA langsung di Daop 3 Cirebon hanya bisa dilakukan pada 7 Stasiun, yaitu Stasiun Cirebon, Cirebon Prujakan, Jatibarang, Haurgeulis, Pegadenbaru, Babakan dan Brebes.

Loading...

“Tiket KA yang dijual secara langsung di 7 stasiun tersebut, hanya dapat dibeli 3 jam sebelum keberangkatan KA,” ujar Luqman, Kamis (31/12/2020).

BACA YUK:  Kembali Jabat Dirut Perumda Air Minum, Sofyan Satari Diminta Tekan Angka Kebocoran

Sebelumnya, lanjut Luqman, layanan tersebut tersedia di 13 stasiun, sedang untuk 6 stasiun lainnya, yaitu Stasiun Tanjung, Losari, Arjawinangun, Terisi, Ciledug dan Ketanggungan tidak melayani pembelian tiket secara langsung.

“Walau tidak melayani secara langsung, tetap melayani naik turun penumpang termasuk boarding secara mandiri. Pelanggan hanya memindai barcode tiket pada scaner yang disediakan, serta menunjukan kartu identitas kepada petugas boarding,” jelasnya.

Dengan ditiadakannya pelayanan penjualan tiket secara langsung di 6 stasiun wilayah Daop 3 Cirebon ini, menurut Luqman, pelanggan tidak perlu khawatir karena KAI telah menyediakan pelayanan melalui aplikasi KAI Access yang bisa digunakan untuk pembelian atau pemesanan tiket KA sampai dengan H–15 menit sebelum keberangkatan.

“Pelayanan tiket secara online menggunakan Aplikasi KAI Access wujud PT KAI mendukung program pemerintah dan mencegah penyebaran Covid-19,” terang Luqman.

Sehingga, tambah Luqman, tidak ada kontak fisik secara langsung antara pelanggan dengan petugas loket serta mengurangi kerumunan orang dan antrian loket stasiun, sehingga pysical distancing tetap terjaga.

BACA YUK:  CodeFirst Cirebon, Tawarkan Kursus Coding Offline dan Online Didampingi Mentor

Sementara itu, PT KAI tetap berkomitmen menjual tiket KA Jarak Jauh dan Lokal hanya 70 persen dari kapasitas tempat duduk yang disediakan, agar physical distancing di atas KA tetap terjaga.

Bagi pelanggan KA Jarak Jauh atau jarak dekat tetap diharuskan dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, demam), suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius, dan diimbau menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket.

Petugas Frontliner KAI yang berpotensi kontak jarak dekat dengan penumpang juga dibekali dengan APD berupa masker, sarung tangan, dan face shield untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Mulai 22 Desember 2020 sedangkan 8 Januari 2021, pelanggan KA Jarak Jauh di Pulau Jawa diharuskan untuk menunjukkan hasil Rapid Test Antigen yang negatif sebagai syarat untuk naik kereta api.

Surat keterangan hasil Rapid Test Antigen negatif Covid-19 yang berlaku selambat-lambatnya 3 hari sebelum tanggal keberangkatan (H-3).

“Adapun syarat-syarat tersebut tidak diwajibkan untuk pelanggan KA Jarak Jauh dengan usia di bawah 12 Tahun,” pungkas Luqman. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Pemkab Cirebon dan Baznas Bangun Rumah Tidak Layak Huni

Cirebon,- Bupati Cirebon, Drs. H. Imron bersama Baznas Kabupaten Cirebon meninjau sekaligus meresmikan rumah tidak layak huni di Desa...

Operasi Jaran 2021, Polresta Cirebon Ungkap Kasus Pencurian Kendaraan Bermotor

Cirebon,- Selama Operasi Jaran 2021, Satreskrim Polresta Cirebon berhasil mengungkap kasus pencurian kendaraan bermotor. Operasi Jaran berlangsung dari tanggal 22 Februari sampai 3 Maret...

Bersama Charly Setia Band, Bupati Cirebon Jalani Vaksinasi Covid-19⁣

Cirebon,- Bupati Cirebon Drs. H. Imron menerima vaksin Covid-19. Pemberian vaksin dilakukan di Pendopo Bupati Cirebon, Jalan RA Kartini, Kota Cirebon, Rabu (3/3/2021) malam.⁣ ⁣ Pemberian...

Hari Ketiga, 899 Personel Polresta Cirebon Sudah Divaksinasi Covid-19

Cirebon,- Ratusan personel Polresta Cirebon dan Polsek jajaran telah menjalani vaksinasi Covid-19. Pemberian vaksin kepada para personel tersebut dilaksanakan di Poliklinik Polresta Cirebon sejak...

More Articles Like This