Sabtu, 8 Mei 2021

Mulai 1 Januari 2021, Pemesanan Tiket KA Dilakukan Melalui Aplikasi, Website dan Kanal Resmi Lainnya

Populer

Penyekatan Mulai 6-17 Mei, Ini Kata Kasatlantas Polres Cirebon Kota⁣⁣

⁣⁣Cirebon,- Satuan lalu lintas (Satlantas) Polres Cirebon Kota akan melakukan penyekatan larangan mudik. Penyekatan akan berlangsung mulai tanggal 6...

Pra Pengetatan Mudik, Satlantas Polres Cirebon Kota Putar Balik Pemudik di Kedawung

Cirebon,- Pra mudik lebaran dari tanggal 22 April hingga 5 Mei 2021, Satlantas Polres Cirebon Kota melakukan operasi penyekatan...

Selama Ramadan, Citradream Hotel Hadirkan Paket Buka Puasa Rp. 60 ribu Makan Sepuasnya⁣

Cirebon,- Selama bulan Ramadan, Citradream Hotel Cirebon yang berlokasi di Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo, Kota Cirebon menghadirkan promo menarik....

Kepala Daerah di Ciayumajakuning Sepakati Fleksibilitas Perbatasan Selama Larangan Mudik

Cirebon,- Kebijakan larangan mudik yang saat ini tengah diterapkan, kini dibahas lima kepala daerah di Cirebon kota/kabupaten, Indramayu, Majalengka,...

Larangan Mudik Dimulai, Satlantas Polres Cirebon Kota Putar Balik Pemudik

Cirebon,- Satuan Lalulintas Polres Cirebon Kota mulai melakukan penyekatan kendaraan pemudik. Sebanyak kurang lebih 80 kendaraan pemudik diputarbalikan di...

Cirebon,- Mulai 1 Januari 2021, pemesanan tiket kereta api dilakukan melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, contact center 121, dan kanal pemesanan resmi lainnya.

Penjualan tiket di stasiun besar dan stasiun keberangkatan penumpang yang terdapat petugas loket, hanya melayani penjualan langsung (Go Show) mulai 3 jam sebelum keberangkatan kereta api.

Manager Humas PT. KAI Daerah Operasional (Daop) 3 Cirebon, Luqman Arif menjelaskan layanan pembelian tiket KA langsung di Daop 3 Cirebon hanya bisa dilakukan pada 7 Stasiun, yaitu Stasiun Cirebon, Cirebon Prujakan, Jatibarang, Haurgeulis, Pegadenbaru, Babakan dan Brebes.

Loading...

“Tiket KA yang dijual secara langsung di 7 stasiun tersebut, hanya dapat dibeli 3 jam sebelum keberangkatan KA,” ujar Luqman, Kamis (31/12/2020).

BACA YUK:  Humanity Food Truck ACT Distribusikan 1.900 Porsi Buka Puasa di Cirebon

Sebelumnya, lanjut Luqman, layanan tersebut tersedia di 13 stasiun, sedang untuk 6 stasiun lainnya, yaitu Stasiun Tanjung, Losari, Arjawinangun, Terisi, Ciledug dan Ketanggungan tidak melayani pembelian tiket secara langsung.

“Walau tidak melayani secara langsung, tetap melayani naik turun penumpang termasuk boarding secara mandiri. Pelanggan hanya memindai barcode tiket pada scaner yang disediakan, serta menunjukan kartu identitas kepada petugas boarding,” jelasnya.

Dengan ditiadakannya pelayanan penjualan tiket secara langsung di 6 stasiun wilayah Daop 3 Cirebon ini, menurut Luqman, pelanggan tidak perlu khawatir karena KAI telah menyediakan pelayanan melalui aplikasi KAI Access yang bisa digunakan untuk pembelian atau pemesanan tiket KA sampai dengan H–15 menit sebelum keberangkatan.

“Pelayanan tiket secara online menggunakan Aplikasi KAI Access wujud PT KAI mendukung program pemerintah dan mencegah penyebaran Covid-19,” terang Luqman.

Sehingga, tambah Luqman, tidak ada kontak fisik secara langsung antara pelanggan dengan petugas loket serta mengurangi kerumunan orang dan antrian loket stasiun, sehingga pysical distancing tetap terjaga.

BACA YUK:  Yogya Grand Cirebon Tawarkan Banyak Fasilitas Menarik dan Bertabur Diskon

Sementara itu, PT KAI tetap berkomitmen menjual tiket KA Jarak Jauh dan Lokal hanya 70 persen dari kapasitas tempat duduk yang disediakan, agar physical distancing di atas KA tetap terjaga.

Bagi pelanggan KA Jarak Jauh atau jarak dekat tetap diharuskan dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, demam), suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius, dan diimbau menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket.

Petugas Frontliner KAI yang berpotensi kontak jarak dekat dengan penumpang juga dibekali dengan APD berupa masker, sarung tangan, dan face shield untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Mulai 22 Desember 2020 sedangkan 8 Januari 2021, pelanggan KA Jarak Jauh di Pulau Jawa diharuskan untuk menunjukkan hasil Rapid Test Antigen yang negatif sebagai syarat untuk naik kereta api.

Surat keterangan hasil Rapid Test Antigen negatif Covid-19 yang berlaku selambat-lambatnya 3 hari sebelum tanggal keberangkatan (H-3).

“Adapun syarat-syarat tersebut tidak diwajibkan untuk pelanggan KA Jarak Jauh dengan usia di bawah 12 Tahun,” pungkas Luqman. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

The Cartel Katiasa Gym Kembali Salurkan Bantuan di Bulan Ramadan

Cirebon,- The Cartel, Komunitas Katiasa Gym Cirebon kembali menggelar bakti sosial (Baksos) di bulan Ramadan. Kali ini, anggota The...

Tenaga Ahli KSP RI: Situasi Mudik Tahun 2021 Berbeda Dengan Tahun Lalu

Cirebon,- Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden (KSP) Republik Indonesia melakukan kunjungan kerja di Kota Cirebon. Dalam kunjungan kali ini, KSP RI meninjau pelaksanaan penyekatan...

Yogya Grand Cirebon Tawarkan Banyak Fasilitas Menarik dan Bertabur Diskon

Cirebon,- Yogya Grand Cirebon terus berinovasi memberikan pelayanan dan fasilitas terbaiknya untuk para pelanggan. Terlebih, selama ramadan ini pihaknya menawarkan diskon gede-gedean hingga 50%. Seperti...

Tularkan Semangat Positif dalam Peringatan International Midwife Day⁣ ⁣

Cirebon,- International Midwife Day (IMD) yang diperingati setiap 5 Mei ini menjadi momentum yang bermakna bagi seluruh bidan di dunia. Peringatan ini secara formal...

More Articles Like This