Mudah Dibawa, Mesin PCR Portable Siap Periksa Tes Swab Hingga ke Pelosok Desa

Cirebon,- Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon mendapat bantuan mesin PCR (polymerase chain reaction) Portable Dari Provinsi Jawa Barat.

Mesin tersebut diterima langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Enny Suhaeni di Bandung, Selasa (18/8/2020) kemarin.

Dengan adanya mesin PCR Portable tersebut, menurut Enny, untuk mempermudah melakukan tracing atau pemeriksaan swab ke pelosok-pelosok.

“Mesin ini bisa dibawa kemana-mana, sehingga memudahkan untuk tracing ke pelosok-pelosok dan saat itu juga hasilnya bisa diketahui,” ujar Enny saat ditemui About Cirebon usai pelantikan Dekan FK UGJ di Jalan Pemuda, Kota Cirebon, Rabu (19/8/2020).

BACA YUK:  Sepanjang Tahun 2022, Layanan Kontak 157 OJK Telah Menerima 315.783 Layanan

Enny menjelaskan, mesin PCR Portable dalam sekali pemeriksaan bisa memeriksa 8 sample selama 45 menit ditambah persiapan bisa sampai satu jam.

“Persiapan dan running 8 sampel selama satu jam. Jadi kalo kita periksa di satu desa selama 5 jam, bisa memeriksa 45 sampe dan langsung hasilnya,” ungkap Enny.

Untuk petugas yang memeriksa, kata Enny, tetap petugas dari Dinas Kesehatan dan Puskesmas dari bagian analis. Kemarin juga, tambahnya, sudah dilakukan pelatihan penggunaan mesin PCR Portable.

“Bila nanti kurang jelas pelatihannya, akan dibantu oleh tim dari FK UGJ untuk memantapkan,” terang Enny.

BACA YUK:  Info Loker! Lowongan Kerja di Nobby Cirebon di Januari 2023

Untuk awal pemeriksaan menggunakan mesin PCR Portable, Enny mengatakan target akan dilakukan di wilayah yang banyak kasus terkonfirmasi positif.

“Target pertama di wilayah yang positifnya banyak seperti di Sedong dan Beber. Jadi untuk awal ada di 2 desa tersebut untuk tracingnya,” pungkas Enny. (AC212)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *